Jangan Sampai Salah! Ini Cara Memulai Bisnis dari Nol

0
53
cara memulai bisnis dari nol
Photos by Geralt (Pixabay)

7 Cara Memulai Bisnis dari Nol yang Sukses Tebalkan Isi Dompet

Bercita-cita memiliki usaha sendiri bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan. Baik itu sebagai usaha sampingan maupun mata pencaharian utama, semua ada caranya. Buat kamu yang ingin isi dompet tidak pernah kosong, bisa menerapkan 7 cara memulai bisnis dari nol berikut ini. 

1. Tentukan Produk

Langkah awal untuk memulai bisnis adalah dengan menentukan produk terlebih dahulu. Untuk menentukan produk atau jasa yang akan dijual, sebaiknya lakukan riset untuk mengetahui item apa yang paling diminati saat ini. Agar lebih maksimal, kamu bisa menjual produk yang unik atau yang memiliki banyak manfaat bagi pengguna. 

Satu hal lagi, pilihlah bisnis yang paling disukai dan sesuai dengan passion. Dengan demikian, kamu jadi lebih semangat dan siap dalam menghadapi berbagai rintangan sehingga lebih cepat meraih kesuksesan. 

2. Targetkan Pasar 

Cara kedua untuk memulai suatu bisnis adalah dengan menentukan target pasar. Misalnya, kamu berencana berjualan baju anak muslim. Maka, yang jadi target market adalah untuk anak perempuan atau anak laki-laki. Setelah itu, tentukan poin-poin yang lebih spesifik lagi seperti, rentang usia anak, jenis baju muslim yang dijual, dan sebagainya.  

3. Fokus pada Satu Bisnis

Cara memulai bisnis dari nol yang datangkan keuntungan adalah tetap fokus di satu bidang bisnis. Memang, peluang mendapatkan keuntungan akan semakin besar jika memiliki banyak usaha. Namun, di sisi lain kamu justru tidak akan bisa fokus sehingga berakibat pada kerugian. 

Selain fokus hanya di satu bidang usaha, pastikan pula bahwa bisnis yang telah dirintis tersebut benar-benar stabil baik dari segi modal, sumber daya manusia, bahan baku, dan kebutuhan lainnya. Jika sudah stabil, kamu bisa membuat rencana bisnis selanjutnya, misalnya saja ingin memperluas usaha dengan membuka cabang atau membuka bisnis di bidang yang baru.  

Baca Juga: 5 Produk yang Prospek untuk Bisnis Ekspor

4. Susun Rencana

Cara memulai bisnis dari nol hingga sukses berikutnya adalah dengan menyusun rencana, visi, dan misi secara matang. Dengan ketiga hal tersebut kamu akan memiliki gambaran dan tujuan yang ingin diwujudkan di masa depan. Misalnya, apakah menggunakan modal usaha dari tabungan, mencari investor, atau melakukan pinjaman. 

5. Jangan Takut Gagal

Langkah berikutnya yang juga harus diperhatikan adalah tidak takut jika mengalami kegagalan. Seperti diketahui, memulai suatu bisnis memang memiliki risiko yang cukup besar. Namun, jika dari awal sudah merasa ragu atau bahkan takut gagal, maka bisnis yang dijalankan tidak akan bisa maju. 

Untuk itu, yakinkan pada diri sendiri dan buang jauh-jauh perasaan takut gagal tersebut. Peluang untuk gagal memang bisa saja terjadi, namun bagi pebisnis yang sejati hal tersebut justru dijadikan pembelajaran dan lebih semangat lagi dalam menata bisnisnya. 

6. Disiplin Waktu

Tips memulai bisnis dari nol yang tidak boleh diabaikan begitu saja adalah menghargai dan disiplin dalam hal waktu. Sekecil apapun bisnis yang dijalankan kamu harus selalu disiplin baik dalam hal jam operasional, pembayaran gaji karyawan, pembayaran hutang dagang, dan lain sebagainya. 

7. Kelola Keuangan 

Langkah terakhir yang harus dilakukan ketika akan memulai suatu bisnis adalah dengan mengelola keuangan sebaik mungkin. Pasalnya, dengan melakukan pengelolaan keuangan sejak awal akan memudahkan kamu untuk lebih mengembangkan bisnis. Contohnya, mencatat setiap transaksi penjualan, pembelian, dan sebagainya. 

Itulah ketujuh cara memulai bisnis dari nol yang bisa membuat dompet semakin tebal. Jika sudah sukses mendulang untung, jangan lupa menyisihkan sebagian dana untuk investasi di situs investasi Amartha yang sudah terdaftar dan diawasi OJK serta menawarkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Tunggu apalagi, yuk segera bergabung dengan Amartha.   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here