Home Lifestyle Jangan Panik! Ini Cara Melunasi Hutang Pinjol Tepat Waktu

Jangan Panik! Ini Cara Melunasi Hutang Pinjol Tepat Waktu

0
695
Ilustrasi cara membayar hutang pinjol. sumber: www.freepik.com
Ilustrasi cara membayar hutang pinjol. sumber: www.freepik.com

Salah satu cara melunasi hutang pinjol ialah harus melakukan pembayaran tepat waktu. Apabila kamu tidak menginginkan bunga pinjaman membengkak yang membuat jumlah angsuran semakin membesar. Mengajukan pinjaman online seringkali dijadikan sebagai solusi oleh masyarakat ketika sedang dalam kondisi terdesak secara finansial. 

Namun yang penting untuk diketahui, adalah tidak semua produk pinjaman online bersifat aman dan terpercaya. Bahkan tidak sedikit dari produk pinjaman di luaran patut dijadikan sebagai solusi dan alih-alih membantu peminjamnya menyelesaikan masalah finansial. Namun malah menjerat orang ke dalam kerugian akibat bunga pinjaman yang terlalu besar.

Artikel ini akan membahas tentang cara-cara yang bisa dilakukan saat terjerat hutang pinjol. Simak tips-tips cara melunasinya pada poin pembahasan berikut!

Cara Melunasi Hutang Pinjol Tepat Waktu

Produk pinjol atau pinjaman online kini semakin berkembang di masyarakat. Dengan iming-iming pengajuan yang mudah hingga limit pinjaman yang besar, hal ini membuat banyak masyarakat tergiur.

Mudahnya persyaratan serta langkah pengajuan pinjaman yang harus dilakukan membuat masyarakat tertarik mencoba produk pinjaman tersebut tanpa melakukan riset mendalam terlebih dahulu terhadap produk pinjol. 

Ketika kamu setuju mengajukan pinjaman online, ada baiknya kamu juga mengetahui bagaimana cara melunasinya. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar dapat melunasi hutang pinjol dengan tepat waktu:

1. Melakukan Analisis Keuangan Milikmu

Langkah pertama dalam cara melunasi hutang pinjol legal yang bisa kamu lakukan yaitu membuat analisis terhadap seluruh pendapatan dan pengeluaran.

Dalam proses menganalisis keuangan bulanan, kamu bisa mengetahui mana hal yang prioritas dan bisa meminimalisir pengeluaran untuk hal yang bukan prioritas. Hal ini dilakukan agar uang tersebut dapat dialokasikan untuk segera melunasi hutang pinjol.

2. Membayar Lebih dari Angsuran Minimum

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membayar angsuran lebih dari angsuran minimum yang sudah ditetapkan. Ketika terjerat dalam hutang pinjol, kamu sebaiknya segera melunasi hutang-hutang tersebut.

Dengan strategi membayar angsuran pinjaman lebih besar dari nominal minimal angsuran tiap bulannya, kamu bisa melunasi hutang kepada pihak pinjol dengan sedikit lebih cepat.

3. Manfaatkan Uang Darurat Bila Perlu

Apabila sudah mendesak, agar dapat melunasi hutang pinjol dengan tepat waktu, kamu bisa memanfaatkan uang darurat yang kamu miliki. 

Melunasi hutang pinjol perlu dijadikan prioritas utama apabila kamu ingin segera terlepas dari salah satu beban berat secara finansial.

Baca Juga: Awas Bahaya Pinjol ! Ini Tips Menghindari Pinjol Ilegal

4. Menghindari Mengajukan Pinjol di Tempat Lain

Dalam proses melunasi hutang pihak pinjol, kamu bisa menggunakan bantuan pelunasan hutang online. Dengan menggunakan bantuan tersebut kamu bisa melakukan konsultasi hingga mendapatkan solusi yang tepat terkait bagaimana cara menyelesaikan hutang pinjol dengan baik.

Selain itu, kamu tidak disarankan untuk mengajukan pinjaman online di pihak lain demi melunasi hutang di tempat sebelumnya karena hanya akan membuat bebanmu menumpuk.

5. Menjual Aset

Cara terlepas dari pinjol legal yang tentunya bisa kamu lakukan yaitu menjual aset. Alih-alih menunda pembayaran hutang kepada pihak pinjol yang bisa saja menyebabkan kerugian, ada baiknya kamu memilih opsi menjual aset agar hutang segera terlunasi.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melunasi hutang kepada pihak yang menyediakan pinjaman online. 

Terdapat banyak cara melunasi hutang pinjol yang pastinya bisa kamu lakukan selama kamu tidak panik. Namun sebagai langkah preventif, ada baiknya kamu tidak mengajukan pinjaman di tempat sembarang yang bisa saja menimbulkan petaka.

Dibandingkan dengan mengajukan pinjaman online yang belum tentu aman, kamu bisa mengelola keuanganmu dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara berinvestasi. Sebagai pemula, berinvestasi di microfinance marketplace seperti Amartha sangat tepat dijadikan pilihan. 

Dengan mendanai CEO UMKM di Amartha, kamu turut serta mendukung bisnis dengan memberikan akses permodalan untuk mereka. Selain itu, kamu juga akan memperoleh keuntungan imbal hasil mencapai 15% flat per tahunnya dengan modalin mulai Rp 100.000 aja!

Yuk, langsung download aplikasinya di handphone kamu dan mulai mendanai di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here