Jangan Panik! Begini Cara Mengubah TV Analog ke Digital

0
95
Ilustrasi TV digital. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi TV digital. sumber: www.pexels.com

Sejak 2 November 2022 lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menghentikan siaran televisi analog atau yang disebut dengan Analog Switch Off (ASO) di wilayah Jabodetabek. Penghentian ini dilakukan agar masyarakat bisa beralih ke siaran televisi digital yang kualitasnya lebih baik. 

Bagi kamu yang belum memiliki televisi digital tidak perlu khawatir, sebab kamu bisa mengubah televisi analog yang sudah ada ke siaran televisi digital. Untuk mengetahui cara mengubah TV analog ke digital, simak penjelasan berikut ini, ya!

Apa Itu Siaran Televisi Digital?

Sebelum mengetahui cara mengubah televisi analog ke digital, apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan siaran TV digital? Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs Kominfo, siaran televisi digital adalah siaran televisi yang menggunakan sinyal digital dengan sistem kompresi. 

Dengan sistem ini nantinya kualitas gambar televisi yang dihasilkan akan lebih bersih dengan suara yang jernih. Kelebihan berupa kualitas gambar yang bersih dan kejernihan suara tersebut bisa kamu dapatkan melalui siaran televisi digital.

Cara Mengubah TV Analog ke Digital

Nah, bagi kamu yang ingin menyaksikan siaran televisi digital tanpa perlu membeli televisi baru, ada beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Hal terpenting dalam cara setting televisi digital adalah pastikan kamu sudah memiliki Set Top Box atau STB yang merupakan perangkat tambahan decoder.

STB ini diperlukan agar televisi lama kamu bisa mendapatkan sinyal digital. Fungsi dari STB sendiri ialah alat pengkonversi sinyal digital yang bisa menjadi gambar serta suara untuk ditampilkan pada televisi analog atau televisi tabung.

Untuk mendapatkan STB, kamu bisa membelinya di toko elektronik maupun secara online melalui e-commerce kepercayaan kamu. Selain itu, bagi masyarakat tertentu yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial milik Kementerian Sosial juga bisa mendapatkan STB secara gratis dari pemerintah.

Baca Juga: TV Analog atau Digital? Ketahui Cara Ceknya Yuk 

Jika kamu sudah mempunyai STB, berikut ini cara mengubah TV analog ke digital yang bisa jadi panduan:

  1. Pertama, siapkan STB DVB-T2 dan televisi analog.
  2. Berikutnya pastikan STB yang kamu punya mendukung sambungan antena pada televisi analog.
  3. Selanjutnya kamu bisa mematikan televisi dan pastikan televisi dalam keadaan mati.
  4. Kemudian cabut kabel antena yang terpasang di televisi analog kamu.
  5. Setelah tercabut, pasang kabel antena tersebut ke port yang tersedia di bagian belakang STB.
  6. Lalu pasang kabel HDMI dari port di STB ke TV analog.
  7. Jika televisi analog kamu belum mendukung kabel HDMI, bisa gunakan kabel AV yaitu kabel yang memiliki konektor berwarna merah, kuning, dan putih di bagian ujung.
  8. Setelah terpasang, pastikan STB sudah terhubung dengan daya listrik.
  9. Menyalakan STB dan televisi analog secara bersamaan.
  10. Selanjutnya pilih menu pengaturan televisi analog saat televisi sudah menyala dan pilih mode tampilan AV.
  11. Di layar televisi akan muncul menu STB dan pilih pencarian saluran.
  12. Setelah itu saluran digital akan muncul satu persatu.
  13. Proses mengubah televisi analog ke digital telah selesai, kamu sudah bisa menikmati siaran televisi digital melalui televisi analog.

Setelah mengetahui cara pengaturan televisi digital, kini kamu sudah bisa menonton televisi dengan kualitas gambar bersih dan suara yang jernih. Demikianlah cara mengubah TV analog ke digital yang bisa kamu coba. 

Selain mencoba mengubah televisi analog ke digital, kamu juga bisa mencoba untuk memulai investasi bersama Amartha. Kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun dengan modal Rp100.000 saja!

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here