Hindari 4 Hal Ini Supaya Kamu Bisa Merdeka Finansial

0
29

Merdeka secara finansial (financial freedom) memang erat kaitannya dengan keuangan, namun hal ini bukan berarti kamu harus menjadi kaya raya. Memiliki tujuan keuangan yang spesifik dan lepas dari kecemasan finansial karena adanya perencanaan yang matang merupakan makna dari kemerdekaan finansial.

Karena itu, merdeka secara finansial dapat dicapai dengan perjuangan ekstra keras. Meski begitu, bukanlah hal mustahil untuk meraih merdeka secara finansial. Nah, biar perjuanganmu untuk meraih merdeka finansial tidak berakhir jadi kegagalan, jauhi 4 hal berikut ini ya!

1. Kredit Menumpuk

Sudah menjadi rahasia umum, gaya hidup yang konsumtif akan menimbulkan kredit yang menumpuk dan hutang di mana-mana. Akibat mengikuti gaya hidup yang konsumtif, akhirnya tergoda untuk menggunakan kartu kredit. Gampang sih, tinggal gesek. Akhirnya, pusing tujuh keliling ketika tagihan datang dari berbagai penjuru dan akhirnya harus berhutang sana-sini.

2. Foya-Foya dalam Hidup  

Jika ingin merdeka secara finansial, mulai sekarang hindari untuk berfoya-foya dalam hidup. Kecenderungan kesenangan sesaat misalnya dengan membeli tas, sepatu, atau bahkan gadget keluaran terbaru sebaiknya dihentikan. Padahal, kemampuan finansialmu belum tentu mampu untuk selalu membeli barang-barang tersebut.

3. Tidak Pernah Membuat Laporan Keuangan   

Laporan keuangan yang dimaksud di sini adalah catatan tentang pemasukan dan pengeluaranmu setiap bulannya. Tidak perlu rumus yang rumit, dalam laporan ini kamu cukup memastikan antara pemasukan dan pengeluaran tidak timpang. Laporan ini bisa dibuat tiap bulan atau bahkan mingguan jika kamu memang memerlukannya.

Meski sederhana, masih banyak loh yang sering mengabaikan laporan keuangan mandiri seperti ini. Padahal jika dilakukan secara rutin, kamu bisa memonitor keluar-masuknya uang.Kamu juga bisa segera mengetahui apabila pengeluaran bulananmu terlalu boros dan dapat segera melakukan perubahan.

4. Cepat Puas dan Terlalu Mengandalkan Gaji Sebagai Sumber Pemasukan   

Gaji umumnya memang menjadi sumber pemasukan utama bagi kebanyakan orang. Namun, kenyataannya gaji juga bisa menjadi alasan mengapa kamu gagal merdeka finansial. Pasalnya, terlalu mengandalkan gaji sebagai sumber pemasukan ternyata juga tidak baik. Terlebih jika jumlah gajimu stagnan dan tidak mengalami kenaikan dalam jangka waktu yang panjang.

Supaya kamu tidak mengalami kegagalan merdeka finansial karena gaji, cobalah untuk mencari sumber pemasukan lainnya. Di era teknologi saat ini, kamu punya banyak kesempatan untuk membangun usaha sehingga mendapatkan tambahan penghasilan. Yuk, mulai berpikir out of the box dan mencari peluang usaha yang bisa menambah penghasilan agar sejahtera di masa depan.

Nah, selain menghindari 4 hal berikut yang bisa bikin gagal merdeka finansial, kamu juga setidaknya harus berinvestasi. Selain instrumen investasi konvensional, saat ini skema pendanaan di Amartha juga layak dicoba.

Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kalian bisa mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya juga dapat diambil kapan saja.

Keamanannya? Aman dan terpercaya pastinya, karena Amartha merupakan Peer to Peer (P2P) Lending yang telah berizin usaha dan diawasi oleh OJK. Amartha juga menggunakan sistem pengelolaan risiko terintegrasi di lapangan, teknologi, dan jaminan pendanaan dengan asuransi.

Manfaat lainnya? Dana milikmu akan punya dampak dan manfaat sosial karena Amartha bertekad menciptakan kesejahteraan yang merata di Indonesia. Dana milikmu pun akan disalurkan kepada para Perempuan Tangguh, pengusaha mikro mitra Amartha di pelosok pedesaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here