Jangan Abaikan! Ini 10 Efek Insomnia bagi Wanita

0
59
Ilustrasi insomnia. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi insomnia. sumber: www.pexels.com

Kekurangan tidur sampai mengalami insomnia akan membawa pengaruh buruk pada kesehatan fisik dan mental. Terlebih pada kaum hawa. Efek insomnia bagi wanita cukup banyak, karena wanita lebih rentan terkena insomnia. 

Penyebabnya adalah perubahan hormone dan kebiasaan wanita yang melakukan pekerjaan multitasking hingga membuat wanita kekurangan waktu tidur. Dampak insomnia bagi kesehatan bisa macam-macam, bisa menyerang kesehatan tubuh dan mempengaruhi kondisi psikologis.

10 Efek Insomnia Bagi Wanita yang Wajib Kamu Ketahui

1. Gangguan Kesuburan

Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kualitas sel telur, sehingga menimbulkan gangguan kesuburan pada wanita. Selain itu insomnia bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak  teratur. Jadi sulit bagi wanita untuk mengetahui kapan masa suburnya. Hal ini semakin mempersulit wanita untuk hamil. 

2. Penuaan

Tubuh kamu melakukan perbaikan jaringan kulit dan memproduksi kolagen selama tidur. Apabila waktu tidurmu berkurang, maka tubuh tidak bisa memproduksi kolagen yang cukup untuk kesehatan kulit. Insomnia bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan muncul di kulitmu. Tanda seperti, kerutan kulit, keriput, kulit menjadi kering dan kusam. 

3. Obesitas

Waktu tidur yang baik untuk orang dewasa yaitu 7 sampai 9 jam. Jika kamu tidur kurang dari 7 jam setiap malam, kamu berisiko mengalami penambahan berat badan. Sebab kekurangan tidur akan mempengaruhi hormon yang mengontrol rasa lapar dan kenyang. Sehingga kamu akan kesulitan mengendalikan nafsu makan dan akhirnya mengalami obesitas.  

4. Menurunnya Daya Ingat 

Saat kamu bisa tidur malam dengan nyenyak, keesokan paginya kamu akan bangun dalam kondisi segar. Kamu akan lebih siap untuk beraktivitas. Sebaliknya jika kamu kurang tidur bisa mempengaruhi kinerja otak. Efek insomnia bagi wanita bisa menyebabkan kemampuan otak untuk mengingat dan berkonsentrasi menurun. 

5. Merasa Cemas

Orang yang mudah cemas sampai mengalami stress kemungkinan besar salah satu pengaruhnya adalah gangguan tidur. Atau sebaliknya, kecemasan yang tidak bisa diatasi dengan baik membuat seseorang sulit untuk tidur. 

Baca Juga: 7 Penyebab Insomnia pada Wanita dan Cara Mengatasinya!

6. Kelelahan

Melakukan aktivitas fisik atau bekerja seharian tentu membuat kamu lelah. Namun kelelahan karena insomnia berbeda. Dampak buruk insomnia yaitu kamu merasa lelah padahal belum memulai kegiatan apapun. Rasa lelah ini diikuti dengan pusing atau sakit kepala, nyeri pada otot, dan merasa letih.  

7. Mudah Marah

Wanita adalah makhluk yang sensitif, kurangnya waktu tidur akan membuat wanita jauh lebih sensitif. Kamu pun bisa jadi pernah merasa demikian. Efek insomnia bagi wanita sangat terasa ketika tanpa alasan yang jelas kamu jadi moody, mudah marah akan hal sepele, dan suasana hati terasa tidak enak. 

8. Mempengaruhi Gairah Seks

Insomnia ternyata bisa berpengaruh pada menurunnya gairah seks. Karena waktu tidur yang kurang akan mengganggu produksi hormon yang mengontrol dorongan seksual. 

9. Daya Tahan Tubuh Menurun

Tidur adalah kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat. Sehingga tubuh kamu bisa lebih bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Karena sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Namun jika kamu mengalami insomnia, imun tubuhmu akan melemah dan akhirnya kamu lebih mudah terserang penyakit 

10. Risiko Terkena Penyakit Kronis

Efek insomnia berkepanjangan nantinya bisa membuat kamu terkena penyakit kronis Seperti, diabetes, penyakit jantung, serangan jantung, tekanan darah tinggi, stroke, bahkan kanker. 

Tahukah kamu salah satu penyebab insomnia adalah tekanan pikiran atau stress. Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang mengalami stress. Rasa khawatir akan ketidak pastian masa depan juga termasuk hal yang membuat orang bisa stress. 

Hindari stress dengan mulai menyusun rencana masa depan. Kamu bisa mulai investasi di Amartha dengan imbal hasil 15% flat per tahun. Di samping mendapat keuntungan, kamu juga ikut serta membantu pelaku usaha mikro di hampir 35.000 desa di Indonesia. Yuk, modalin mulai dari Rp 100.000 aja!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here