Jadi Orang Terkaya, Warren Buffett Pilih Gaya Hidup Sederhana

0
527
Warren Buffet
Warren Buffet. Sumber Foto: CNBC

Bagi masyarakat kelas menengah, menjalani hidup jadi orang terkaya adalah bisa melakukan gaya hidup yang mewah. Namun hal ini tidak berlaku bagi Warren Buffett.

Warren Buffett merupakan investor, pengusaha, dan filantropis asal Amerika Serikat. Menurut Forbes, ia masuk dalam peringkat ke enam sebagai orang terkaya di dunia dengan total kekayaan US$96 Miliar.

Meskipun demikian, CEO dari Berkshire Hathaway ini justru menerapkan gaya hidup yang sederhana. Ia sama sekali tidak merasa gengsi untuk berbaur tanpa ada celah sosial dan hidup layaknya orang biasa.

11 Gaya Hidup Sederhana Warren Buffett

Mengutip Go Banking Rates, Warren Buffett menerapkan gaya hidup yang sederhana. Hal tersebut dapat dilihat dari daftar berikut ini:

1. Rumah

Warren Buffett tinggal di kediaman yang sama di Omaha, Nebraska, yang dibeli pada tahun 1958 seharga US$ 31.500. Kepada CNBC, ia mengatakan tidak berniat menjual atau menukarnya dengan apapun.

Bisakah Membeli Rumah Setelah Pensiun?

2. Makanan

Memiliki banyak harta tidak lekas membuat Warren selalu makan makanan bintang lima atau menyewa jasa koki terkenal. Ia malahh memilih makanan cepat saji seperti McDonald’s.

Jika ia sedang merasa kaya, ia akan berbelanja secara royal dengan menghabiskan US$ 3,89 (Rp 55 ribu) untuk sandwich biskuit bacon, telur, dan keju. Jika pasar sedang lesu, dia mungkin menghabiskan US$ 3,19 (Rp 45 ribu) untuk membeli sandwich sosis, telur, dan keju. Pada hari yang sangat buruk, dia membeli dua roti sosis seharga US$ 2,38 (Rp 34 ribu).

Buffett menjelaskan pola makannya dalam wawancara tahun 2015 dengan Fortune. “Saya memeriksa tabel aktuaria, dan tingkat kematian terendah adalah di antara anak usia 6 tahun. Jadi saya memutuskan untuk makan seperti anak berusia 6 tahun.”

3. Membeli Mobil Berharga Rendah

Kepada Forbes (2014) , Buffett juga memberi tahu tentang kebiasaannya membeli mobil. “Sebenarnya, saya hanya berkendara sekitar 3.500 mil setahun jadi saya akan sangat jarang membeli mobil baru,” katanya.

Ia merasa mobil cenderung terdepresiasi dengan cepat, jadi akan lebih baik untuk keuangan jika mencoba mempertahankan mobil yang berfungsi baik selama mungkin, atau setidaknya memilih untuk membeli mobil bekas, bukan baru.

4. Mempunyai Hobi Yang Murah

Warren Buffett gemar bermain bridge. Dalam wawancara Washington Post pada tahun 2017, ia mendeklarasikan dirinya sebagai pecandu bridge. Dalam satu minggu, ia bermain game selama 8 jam.

5. Memperlakukan Teman Melalui Tindakan Sederhana

Warren Buffet berteman baik dengan pendiri Microsoft, Bill Gates. Pada hari ulang tahunnya di tahun 2016, Gates menjelaskan mengenai persahabatan mereka.

Gates memberikan contoh bagaimana Buffett adalah teman yang baik dan bijaksana, seperti mengemudi secara pribadi ke bandara untuk menjemput Gates setiap kali ia bertandang ke kota kelahiran Buffett, sering menelpon dan mengirim kliping berita melalui surat.

6. Warren Buffett Menggunakan Ponsel Flip

Dalam wawancara CNBC Squawk Box Februari 2020, Warren Buffett telah diberi beberapa iPhone, termasuk oleh Tim Cook. Namun ia tidak menggunakannya. Ia baru menggunakan iPhone 11 setelah ponsel flip Nokia yang ia pegang selama bertahun-tahun telah hilang secara permanen.

7. Tidak Menggunakan Pakaian Desainer

Buffett menghindari setelan desainer kelas atas. Sebagai gantinya, ia secara eksklusif mengenakan setelan jas yang dibuat oleh seorang penjahit asal China bernama Madam Li, yang ia temui pada tahun 2007.

“Produknya sangat cocok,” katanya tentang setelan itu dalam wawancara CNBC 2017.

8. Memanfaatkan Kupon

Dalam surat tahunan Bill dan Melinda Gates tahun 2017, Bill mengingat perjalanan yang dia lakukan dengan investor, di mana Buffett membayar makan siang cepat saji mereka menggunakan kupon. Dia bahkan memberikan bukti fotografis tentang ini.

9. Bekerja di Kantor Yang Sama Lebih Dari 50 Tahun

Buffett tetap berada di gedung perkantoran yang sama sejak ia bergabung dengan Berkshire Hathaway pada 1960-an.

“Ini adalah tempat yang berbeda,” kata Buffett tentang kantor pusat perusahaan Omaha dalam film dokumenter HBO 2017 “Becoming Warren Buffett,” lapor CNBC.

10. Berpikir Out Of The Box untuk Hemat Uang

Dalam biografi Roger Lowenstein dalam buku yang berjudul “Buffett: The Making of an American Capitalist,” penulis mengatakan bahwa setelah anak pertama Buffett lahir, ia mengubah laci lemari menjadi tempat tidur bayi alih-alih menghabiskan uang untuk keranjang bayi.

Ketika menyangkut anak kedua keluarga, ia meminjam tempat tidur bayi daripada membelinya.

11. Menghargai persahabatan Dibanding Hal Yang Bersifat Materi

Buffett menjelaskan pilihannya untuk hidup hemat selama sesi Tanya Jawab 2009 yang dia lakukan dengan sekelompok siswa sekolah bisnis.

“Saya adalah anggota dari setiap klub golf yang saya inginkan menjadi anggota. Saya lebih suka bermain golf di sini dengan orang-orang yang saya sukai daripada di lapangan golf termewah di dunia.”

Itulah 11 gaya hidup sederhana dari Warrenn Buffett, orang terkaya di dunia. Dengan penjelasan di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa Warrenn Buffett cenderung pandai dalam mengalokasikan pendapatannya. Ia memilih untuk melakukan investasi dan memilih untuk hidup seperti manusia biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here