Investor Wajib Punya Single Investor Identification (SID). Apakah Itu?

|

|

|

Ketika ingin berinvestasi di saham, obligasi, atau reksadana, setiap investor diwajibkan untuk memiliki Single Investor Identification (SID).

Secara sederhana, SID sendiri merupakan identitas bagi para investor. Perlu diketahui, SID adalah kode identitas tunggal yang diterbitkan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) untuk nasabah, pemodal, dan partisipan.

Pada dasarnya, proses pembuatan SID sama seperti pembukaan rekening bank. Calon investor harus mengisi formulir serta membawa KTP dan NPWP.

Ketika proses pendaftaran telah selesai dan akun telah terverifikasi, maka calon investor akan menjadi investor dan memperoleh nomor SID. Saat ini, PT KSEI memberikan investor kartu yang bertuliskan nama dan nomor investor plus secarik surat.

Surat tersebut berisi tentang tata cara investor masuk ke akun fasilitas AKSes.KSEI.co.id, melalui laman atau aplikasi (Play Store dan App Store).

Di sana, investor bisa mengecek beragam layanan (saldo investasi, mutasi, aksi korporasi, dan laporan) dari berbagai jenis instrumen investasi yang dimiliki seperti saham, obligasi, dan reksa dana, serta kas dan lainnya.

Manfaat Single Investor Identification (SID)

SID mempunyai 5 manfaat utama bagi investor, di antaranya adalah:

1. Identitas Sebagai Investor

SID merupakan identitas wajib yang dimiliki oleh seorang investor. Kode SID bersifat unik dan tidak ada kepemilikan ganda oleh seorang investor.

2. Transparansi Aktivitas Investasi

Keberadaan SID mampu mendorong proses transparansi aktivitas investor di pasar modal. Lewat pemakaian SID, investor memiliki akses untuk memeriksa portofolio yang dipunyai secara menyeluruh. Hal tersebut tetap bisa dilakukan meski kamu memiliki beragam jenis investasi atau sekuritas.

3. Kemudahan Akses Kegiatan Perdagangan Modal

Fungsi SID selanjutnya adalah untuk memudahkan seorang investor dalam memantau aktivitas pasar modal. Proses pemantauan dapat kamu lakukan cukup dengan mengakses portal online yang disediakan oleh PT KSEI.

4. Memudahkan Aktivitas Transaksi Saham

Kepemilikan SID merupakan kewajiban bagi seorang investor atau trader saham. Kalau tak memiliki SID, investor atau trader tidak akan bisa melakukan transaksi. Alasannya, karena order transaksi tersebut tidak akan tercatat dalam sistem perdagangan saham.

5. Sarana Pengecekan Kekayaan

SID merupakan sistem yang terintegrasi pada perbankan. Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk mengecek kekayaan. Kamu bisa melakukan hal ini lewat pemanfaatan layanan Rekening Dana Investor (RDI) di bank.

Cara Mendapatkan Single Investor Identification (SID)

Perlu kamu tahu, proses pengurusan SID sendiri terbagi menjadi 3, yaitu:

1. SID untuk Nasabah

Cara pembuatan SID untuk nasabah dapat dilakukan dengan mengajukan permohonan melalui partisipan. Dalam hal ini, pihak yang menjadi partisipan adalah bank kustodian atau perusahaan efek yang memiliki rekening efek utama di KSEI.

Proses pengurusannya sederhana. Nasabah tinggal menyampaikan data secara lengkap. Selanjutnya, KSEI akan membuat SID sesuai dengan data tersebut. Setelah itu, SID nasabah akan terhubung dengan Sub Rekening Efek atas nama nasabah.

2. SID untuk Pemodal

Pemodal dapat mengurus SID dengan mengajukan permohonan kepada biro administrasi efek, emiten, atau perusahaan publik yang menyediakan fasilitas administrasi efek sendiri.

Selanjutnya, KSEI memproses pembuatan SID dan akan disampaikan kepada pemodal oleh pihak biro administrasi efek, emiten, atau perusahaan publik tempat pemodal mengajukan permohonan.

3. SID untuk Pihak Lain

Ada pula pilihan mendapatkan SID untuk pihak lain yang tidak lain adalah partisipan. Proses pengajuan pembuatan SID dapat secara langsung dilakukan oleh partisipan kepada KSEI. Permohonan tersebut harus disertai berkas untuk pembuatan Rekening Efek Utama di KSEI.

Itulah pembahasan seputar Single Investor Identification (SID) serta manfaat dan cara mendapatkannya. Semoga informasi ini bermanfaat buatmu ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...