Investasi Saham: Melihat Potensi Untung Ruginya dan Alternatif Investasi Lainnya

|

|

|

Semua investor yang ingin menanamkan uang mereka pada sebuah jenis investasi dituntut untuk memahami untung ruginya.

Investasi saham memang bukanlah barang baru bagi investor yang ingin memutarkan uangnya pada sebuah ranah bisnis demi menghasilkan keuntungan.

Pengertian investasi saham adalah kepemilikan atau pembelian saham-saham perusahaan oleh suatu perusahaan lain atau individual dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dikemudian hari.

Meski demikian sebelum mengambil sebuah keputusan berinvestasi sebaiknya dipikirkan dan mempelajari dengan baik potensi untung ruginya.

Baca Juga:

Memang akan ada keuntungan yang bisa didapatkan investor bila perusahaan yang kepemilikan sahamnya telah dibeli oleh investor memiliki kinerja dan profit yang baik.

Berikut kita coba telaah potensi keuntungan jika Anda memilih investasi saham. Keuntungan dari bursa saham yang akan didapat oleh investor:

  1. Deviden, yaitu pembagian keuntungan dari perusahaan yang mengeluarkan saham. Deviden akan dikeluarkan setelah melalui proses Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

    Ada dua jenis deviden yang diberikan bagi pemegang saham: deviden tunai dan deviden saham.

    Deviden tunai merupakan keuntungan yang diberikan langsung dengan uang tunai, sedangkan deviden saham (saham bonus) ada bentuk keuntungan yang diberikan namun berupa saham.

  1. Capital Gain, yaitu selisih penjualan harga saham yang dijual nilainya lebih besar dari harga beli.

    Namun dari untung yang menggiur bermain di bursa saham, tentu resiko kerugian juga teramat besar, seperti capital loss (penurunan harga saham), tidak mendapat deviden, dan resiko likuidasi (perusahaan penjual saham mengalami kebangkrutan).

Alternatif Investasi Selain Saham

Bila mengetahui resiko besar dari investasi saham tentu para investor akan mencari alternatif lain bila ingin menginvestasikan uang mereka.

Salah satunya investor bisa berinvestasi dengan menggunakan platform digital yang belakangan ini menjadi trend baru di dunia investasi. Lantas perusahaan investasi digital apa yang menguntungkan?

Bila melihat dari track recordnya, salah satu perusahaan penyedia layanan investasi digital yang memiliki integritas dalam sistemnya adalah Amartha.

Amartha

Amartha adalah perusahaan investasi dengan menerapkan sistem peer-to-peer (P2P) Lending yang menghubungkan investor kepada peminjam yang semuanya adalah perempuan pengusaha mikro di pedesaan secara online melalui website atau aplikasi.

Di website atau aplikasi Amartha, setiap investor dapat mempelajari mitra usaha yang ingin didanai. Setiap mitra yang bergabung dengan Amartha sudah diseleksi menggunakan teknologi kredit skoring yang dibuat. Selain itu, investor juga dapat melihat perkembangan usaha dan pembayaran pinjaman mitra usaha melalui dashboard secara realtime setiap minggunya.

Bicara soal keuntungan, setiap mitra yang didanai, investor bisa mendapatkan keuntungan sampai 15% flat per tahun. Sementara itu, untuk menjaga keamanan investor dalam bertransaksi, Amartha telah memiliki izin usaha dari OJK sehingga Amartha bukanlah perusahaan investasi ilegal.

Inilah yang membuat berinvestasi di Amartha relatif lebih aman dan menguntungkan dibandingkan dengan investasi saham.

Jangan lagi membuang waktu, mulailah berinvestasi di Amartha!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.