//

Investasi Online di Platform Peer to Peer Lending, Apa Keuntungannya?

Amartha

Kini Investasi Lebih Mudah Secara Online dengan Platform Peer to Peer Lending

Kegiatan investasi kini tengah banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena investasi merupakan salah satu jalan untuk memperoleh penghasilan tambahan dan sarana yang baik untuk menyiapkan tabungan masa depan.

Namun, masih banyak dari kita yang merasa bingung dan ragu untuk memilih produk investasi yang tepat. Selain pertimbangan profit, kita juga perlu mencermati jenis-jenis investasi agar sesuai dengan profil risiko kita. Sehingga dana kita tetap aman, tumbuh, dan tidak terbuang sia – sia.

Salah satu pilihan produk investasi yang sedang hangat dibicarakan adalah investasi dengan konsep Peer-To-Peer Lending.

Investasi dengan konsep ini merupakan praktek membiayaan kepada individu atau bisnis, dari perseorangan. Konsep ini banyak dilakukan melalui platform online, sehingga pemberi dana dan penerima pembiayaan dapat terkoneksi dengan mudah.

Dengan pendekatan teknologi, investasi berkonsep Peer-To-Peer Lending ini dapat berjalan dengan overhead yang lebih rendah dan memberikan pelayanan yang lebih murah daripada lembaga keuangan tradisional. Akibatnya, pemberi pinjaman akan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk investasi konvensional perbankan, dan penerima dana dapat menerima suntikan modal dengan bunga yang lebih rendah.

Ada banyak alasan mengapa Peer-To-Peer Lending patut Anda pertimbangkan sebagai salah satu pilihan investasi. Misalnya return of investment yang menarik. Pada Amartha.com misalnya, profit Anda dapat mencapai angka 19% per tahun.

Namun apa hal-hal lain yang melatarbelakangi pilihan investor pemula maupun mapan dalam Peer-To-Peer Lending sebagai pilihan investasi mereka? Mari kita simak bersama.

Imbal hasil yang menarik
Berinvestasi pada P2P lending dapat memberikan imbal hasil yang fair bagi para investornya. Beberapa platform bahkan menyediakan layanan dimana investor dapat menarik dana yang mereka miliki setiap minggunya, dengan akses yang mudah seperti pada platform Amartha .

Resiko Investasi yang terukur
Sistem credit scoring yang diberlakukan dalam berbagai investasi peer to peer lending memungkinkan investor untuk mengukur besarnya risiko dan memprediksi imbal hasil yang akan didapatkan. Sehingga investor bebas memilih menerima dana yang paling sesuai dengan profil risiko mereka.

Segmen Pasar di Sektor Rill yang menguntungkan
Meski saat ini tersedia platform peer to peer lending yang memiliki segmen atau pasar yang berbeda-beda, hampir semuanya berfokus pada sektor riil. Anda bisa memilih sektor yang paling sesuai dengan selera Anda. Mulai dari pinjaman kepada individu, sampai sektor UMKM yang selain menguntungkan, juga memberikan impact sosial.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih sektor pembiayaan adalah, hindari pembiayaan yang dimanfaatkan untuk keperluan konsumtif seperti modal pembelian benda sekunder. Dengan memilih sektor pembiayaan produktif seperti modal kerja atau membuka dan mengembangkan usaha, Anda dapat mengurangi risiko gagal bayar dari peminjam .

Jadi, sudah sedikit terbayang bukan apa saja manfaat investasi Peer to peer lending dan berbagai keuntungannya? Ketahui lebih banyak mengenai  Peer to peer lending melalui salah satu contoh investasi Peer to peer terbaik di Indonesia di sini.

Amartha telah berhasil menekan risiko gagal bayar (NPLs) hingga 0% selama 7 tahun terakhir, dengan total dana tersalurkan lebih dari 180 Miliar kepada lebih dari 60.000 mitra perempuan di pedesaan. Risiko terukur, investasi dengan impact sosial yang menguntungkan.


#smartinvestment #amartha

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/investasi-peer-to-peer-lending-amartha">
LINKEDIN
%d bloggers like this: