Investasi Jangka Pendek Modal Kecil Bagi Investor Pemula

0
490

Pemahaman masyarakat belakangan ini terkait investasi terus meningkat pesat. Selain karena faktor perkembangan teknologi, hal tersebut juga menjadi salah satu imbas dari Pandemi Covid-19 yang membuat banyak orang-orang berinvestasi untuk menambah pemasukannya.

Sebagai informasi, investasi sendiri dapat dibedakan jadi dua yaitu investasi jangka pendek dan jangka panjang. Adapun, investasi jangka pendek sering dipilih oleh banyak orang karena dapat melipatgandakan keuntungan dari uang yang dimiliki dalam waktu singkat.

Perbedaan Investasi Jangka Pendek dan Panjang

Apalagi, dengan kemajuan teknologi, investasi baik jangka panjang maupun pendek bisa dilakukan dengan modal yang kecil. Kamu bisa memilihnya melalui berbagai pilihan aplikasi investasi yang ada saat ini.

4 Jenis Investasi Jangka Pendek Modal Kecil

Nah, berikut ini adalah beberapa investasi jangka pendek modal kecil bagi pemula yang perlu diketahui!

1. Peer-to-Peer (P2P) Lending

Amartha

Jenis investasi pemula yang terakhir adalah Peer-to-Peer (P2P) Lending. Jenis investasi ini bisa memberikan pengembalian yang besar. P2P merupakan skema pembiayaan yang mempertemukan pihak investor yang memiliki modal dengan pihak yang peminjam yang membutuhkan modal.

Praktik kegiatan juga difasilitasi oleh lembaga yang mendapatkan persetujuan oleh OJK sehingga sangat aman dan terjamin. Setiap investor sangat sulit menemukan instrumen investasi yang memberikan untung tinggi, di sisi lain banyak calon peminjam yang sulit mendapatkan dana.

P2P Lending akan mempertemukan kedua pihak yang memiliki kesulitan masing-masing dan mencapai kesepakatan untuk tujuannya masing-masing. Rata-rata pengembalian dari jenis investasi ini adalah 14 hingga 20 persen setiap tahunnya.

2. Reksadana

Jenis investasi yang pertama adalah reksadana. Perlu kamu tahu, reksadana juga merupakan salah satu jenis investasi yang sedang ramai dilirik oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kesempatan yang disediakan oleh reksadana sangat terbuka lebar.

Sebab,kamu benar-benar bisa memberikan modal yang sangat kecil saat berinvestasi. Kelebihan lainnya, dalam investasi reksadana terdapat manajer investasi yang sangat ahli dan profesional di bidangnya, yang akan mengelola serta mengalokasikan dana milikmu sebaik mungkin.

3. Equity Crowdfunding

Equity crowdfunding adalah jenis investasi dimana kamu akan berinvestasi pada proyek atau bisnis pihak lain. Sistemnya, dana diberikan dengan meneliti terlebih dahulu kemungkinan proyek tersebut berjalan lancar atau tidak.

Kemudian, setelah proyek selesai dana modal milikmu akan dikembalikan berikut keuntungan yang dibagi sesuai persentase modal. Semakin sukses proyek tersebut maka kemungkinan untung besar juga siap menanti, begitu juga sebaliknya.

4. Emas

Dari dulu hingga saat ini, emas masih menjadi instrumen investasi yang menjanjikan keuntungan bagi pemula dengan modal kecil. Dulu investasi emas dilakukan dengan membeli emas perhiasan atau batangan, kemudian disimpan dan dijual ketika harga emas sudah naik drastis atau dijual ketika kamu membutuhkan uang.

Sekarang, sudah banyak jenis emas yang bisa dijadikan instrumen investasi. Ukuran dan beratnya juga bervariasi, sehingga pembelian bisa disesuaikan dengan modal yang tersedia.

Itulah 4 investasi jangka pendek modal kecil bagi pemula yang perlu diketahui. Kira-kira kamu tertarik pada instrumen investasi yang mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here