Home Money+ Investasi di Masa "New Normal". Bagaimana Mengaturnya?

Investasi di Masa “New Normal”. Bagaimana Mengaturnya?

|

|

|

Pandemi COVID-19 di Indonesia telah memasuki babak baru. Beberapa daerah di Tanah Air sudah menerapkan New Normal untuk menghidupkan kembali denyut nadi perekonomian nasional. Salah satu tantangan di masa New Normal ini adalah mengelola aset investasi ataupun pendanaan di tengah ketidakpastian ekonomi. 

Jika tak memahami financial planning dengan benar, bisa jadi seseorang bisa salah langkah saat mengambil keputusan yang justru membuatnya mengalami kerugian dalam investasi

Berikut ini beberapa cara mengelola aset investasi agar tetap menguntungkan di masa New Normal. Apa saja itu?

Emas

Investasi emas juga disebut sebagai safe haven, yang mana emas memiliki kelebihan yakni dinilai kebal terhadap inflasi dan memiliki kecenderungan untuk selalu mengalami kenaikan harga setiap tahunnya. Jika kamu berinvestasi emas dalam kurun waktu hingga 10 tahun, kamu bisa memperoleh keuntungan hingga lebih dari 100%.

Ini terjadi pada bulan 25 Juni 2009 – 26 Juni 2019, yang mencatatkan pengembalian investasi emas hingga 110%. Namun, hal ini juga terjadi karena nilai mata uang Rupiah melemah terhadap dolar USD.

Kenaikan rata-rata harga emas setiap tahunnya juga perlu diperhatikan. Pada periode 2008-2009 sebesar sebesar 20%, sedangkan 2010-2013 adalah 10%. Rata-rata harga emas mengalami kenaikan dan penurunan yang tipis hingga saat ini.

Saham

Salah satu alasan mengapa saat ini banyak sekali orang-orang yang berlomba-lomba untuk berinvestasi saham disebabkan oleh tingkat pengembalian yang sangat tinggi, yakni mencapai 20-30% setiap tahunnya.

Namun, kamu perlu mewaspadai tingkat risiko kerugian yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Kamu bisa memulai investasi sahammu dengan membeli 1 lot saham (100 lembar) perusahaan yang memiliki likuiditas yang baik seperti saham-saham pada indeks saham blue chip.

Diversifikasi Risiko Investasi Menjadi Kuncinya

Walaupun banyak pilihan dan tawaran investasi yang menjanjikan keuntungan untuk hari tua kamu nanti, hal yang perlu kamu ingat adalah pandemi COVID-19 ini belum berakhir. Artinya kondisi saat ini masih belum menentu. Oleh karena itu, memiliki beragam portofolio investasi sangat disarankan untuk minimalisasi risiko kerugian tetap lakukan diversifikasi aset.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...