Home Work Smart Invest in Yourself Untuk Jenjang Karir Yang Lebih Baik. Begini Caranya!

Invest in Yourself Untuk Jenjang Karir Yang Lebih Baik. Begini Caranya!

|

|

|

Jika berbicara mengenai investasi maka sebagian besar orang tentu akan berpikir mengenai investasi finansial. Padahal, investasi tidak harus selalu mengenai finansial atau keuangan. Investasi personal development atau pengembangan diri tidak kalah penting ketimbang finansial. Namun, untuk menjalani pengembangan diri atau personal development diperlukan dana yang tentunya tidak sedikit. 

Kamu Karyawan Kontrak? Ini Investasi Yang Tepat Buat Kamu

Sebelum Anda memutuskan bidang apa yang ingin Anda tekuni untuk meningkatkan pengembangan diri, maka pertama–tama ketahui terlebih dahulu apa kelemahan yang ingin Anda perbaiki. Selanjutnya siapkan dana untuk kebutuhan pengembangan diri. Berikut adalah strategi penting menyiapkan dana untuk pengembangan diri.

1. Tentukan Jenis Pengembangan Diri

Memang benar tidak semua personal development akan membutuhkan dana yang besar. Beberapa jenis pelatihan pengembangan diri bahkan bisa Anda peroleh secara gratis. Oleh sebab itu, sebaiknya sejak awal kenali jenis pelatihan pengembangan diri yang ingin Anda kuasai. 

Misalnya Anda ingin mendapatkan pengetahuan di bidang tertentu, maka cari tahu bagaimana memperolehnya apakah harus membayar atau tidak. Jika membayar, maka cari tahu berapa besaran biayanya sehingga Anda bisa menentukan berapa besar dana yang harus disiapkan.

2. Buat Target Perencanaan Keuangan

Setelah Anda mengetahui berapa besar dana yang harus Anda siapkan, maka Anda sudah bisa memperkirakan berapa uang yang harus disisihkan setiap bulannya. Dari sekian banyak uang yang harus Anda sisihkan, maka Anda bisa membagi pengeluaran bulanan berdasarkan skala prioritas yakni kebutuhan utama tak bisa ditunda, kebutuhan bisa ditunda, dan dana tidak terduga.

Kebutuhan utama tidak bisa ditunda misalnya adalah makanan, tagihan, biaya transportasi dan sebagainya. Kebutuhan bisa ditunda misalnya kebutuhan sekunder yang masih ada barang penggantinya seperti pakaian. Dana tidak terduga dibutuhkan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dan Anda harus mengeluarkan biaya tambahan.

Ketahui 3 Tips Ini Agar Kamu Naik Gaji

3. Kendalikan Diri

Pengendalian diri adalah kunci kesuksesan untuk mengatur keuangan. Banyak orang gagal menyisihkan dana untuk personal development karena tergiur melihat penawaran-penawaran menarik di marketplace, toko hingga kartu kredit. Kegagalan ini juga disebabkan oleh pemahaman dalam diri bahwa personal development belum terlalu mendesak sehingga mendahulukan hal tidak penting lainnya.

4. Buat Daftar Pengeluaran

Untuk membantu Anda mengevaluasi pengeluaran dan kemampuan mencapai target menabung rutin bulanan, sebaiknya buat daftar pengeluaran harian. Misalnya saja Anda menetapkan bahwa pengeluaran maksimal sehari adalah Rp100 ribu. Maka tuliskan list pengeluaran apa saja yang Anda lakukan seharian penuh. 

Selanjutnya lakukan evaluasi terhadap pengeluaran tersebut apakah melebihi batas yang sudah Anda tetapkan atau ternyata di bawah Rp100 ribu. Lakukan hal ini secara rutin agar pengeluaran Anda lebih tertata.

Investasi pada personal development sama pentingnya dengan investasi finansial. Rutin melakukan pengembangan diri akan membuat kualitas diri Anda semakin meningkat dan dapat bersaing di dunia kerja.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...