Intip Rahasia Sukses dalam Berdagang Ala Nabi Muhammad

0
20520

Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir di agama Islam. Ia adalah sosok yang memiliki banyak keteladanan, salah satunya dalam berdagang.

Sejak berusia delapan tahun, Nabi Muhammad diasuh oleh pamannya, Abu Thalib. Selama diasuh oleh pamannya, Nabi Muhammad membantu dalam bidang perdagangan. Keadaan tersebut berlangsung hingga ia berusia 25 tahun.

Ingein Menjadi #PerempuanTangguh dalam Bisnis Seperti Khadijah? Begini Tipsnya!

Bahkan Nabi Mujammad juga menikahi seorang wanita yang bergerak dibidang perdagangan, yaitu Khadijah. Nabi Muhammad memberikan mahar berupa 20 ekor unta muda yang didapatkan dari hasil berdagang. Wah, kita pasti berpikir kalau Nabi Muhammad adalah sosok yang terbilang sukses juga, bukan?

Rahasia Sukses Berdagang Ala Nabi Muhammad

Nah, apa saja ya rahasia sukses Nabi Muhammad dalam berbisnis? Melansir buku Marketing Muhammad, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila ingin menjadi wirausaha yang sukses.

1. Melakukan segmentasi dan menetapkan target pasar

Sebelum menjual suatu barang, Nabi Muhammad memiliki pemahaman yang dalam mengenai kebiasaan, cara hidup, cara makan dan minum, serta kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat sekitar. Dengan demikian ia bisa melakukan targeting dan memasuki semua segmen masyarakat yang ada di semenanjung Arab mulai dari budak hingga kalangan elit kerajaan.

Business Plan dan Manfaatnya Bagi Bisnis Kamu

2. Melakukan diferensiasi, pemasaran, dan prinsip dalam usaha

Nabi Muhammad adalah sosok yang berpikiran out of the box. Ia berdagang dengan cara-cara yang berbeda seperti menjalin hubungan baik dengan pelanggannya dan melakukan ekspansi ke wilayah lain tapi tidak merugikan penjual lainnya.

“Janganlah kamu menjual menyaingi penjualan saudaramu.” kata Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadist riwayat Bukhari.

UMKM, Pakai Strategi Pemasaran Ini Agar Bisnis Kamu Banyak Pesanan

3. Melakukan branding dan pelayanan yang baik

Salah satu julukan Nabi Muhammad adalah Al-Amin yang berarti jujur dan bisa dipercaya. Personal branding yang dimiliki Nabi Muhammad ini tidak hanya sekadar diberikan oleh Allah semata saja, melainkan sudah dilakukannya sejak lama. Dengan sikap ini Nabi Muhammad mendapat kepercayaan dari banyak orang sehingga ia bisa berdagang dari modal investasi para investor.

Selain itu, Nabi Muhammad juga memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggannya. Ia adalah sosok yang ramah dan dihormati pelanggannya karena kerap kali mendahulukan kepentingan pelanggan dibanding dirinya sendiri.

4. Jujur, ikhlas, dan profesional

Dalam berdagang, Nabi Muhammad sangat mengedepankan sikap jujur, ikhlas, dan profesional. Ia tidak pernah membohongi pembeli mengenai kondisi barang dagangan yang dijualnya. Sisi profesionalitasnya ditunjukkan dengan mencari cara yang berbeda dan baru dalam menjual barang dagangannya.

Deretan Tips Jadi Pengusaha Sukses Ala Sandiaga Uno

Nah itulah rahasia sukses Nabi Muhammad dalam berdagang. Mari kita ikuti agar semakin untung dan berkah ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here