Intip Daftar E-wallet Populer di Indonesia dan Pengertiannya

0
128
Ilustrasi penggunaan dompet digital atau e-wallet. sumber: www.freepik.com
Ilustrasi penggunaan dompet digital atau e-wallet. sumber: www.freepik.com

E-wallet semakin sering digunakan saat ini. Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah mengubah cara konsumen untuk melakukan transaksi keuangan. Terlebih lagi sejak merebaknya Covid-19 beberapa tahun lalu yang membuat transaksi digital terus meningkat. 

Selain uang fisik, konsumen kini lebih memilih menggunakan dompet digital atau e-wallet sebagai alat transaksi sehari-hari. Sehingga tak bisa dipungkiri jika, dompet digital atau e-wallet kini semakin populer di kalangan masyarakat karena kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan. 

Pengertian E-wallet

E-wallet merupakan perangkat elektronik, atau layanan jasa dan berfungsi untuk menyimpan data serta instrumen dari pembayaran. So, dengan e-wallet, pengguna dapat menyimpan uangnya untuk melakukan transaksi keuangan, baik online maupun offline. 

Pada dasarnya, e-wallet berfungsi tak berbeda dengan dompet fisik yang dapat digunakan untuk melakukan metode pembayaran yang aman. Jika menggunakan e-wallet, seseorang dapat melakukan pembayaran secara cashless. Misalnya untuk membayar makanan, tiket pesawat, tiket bioskop, layanan jasa maupun belanja online asalkan tempat tersebut menerima metode pembayaran menggunakan ewallet ini.

E-wallet Ada Apa Saja?

Saat ini, ada beberapa jenis e-wallet yang sudah terdaftar dan populer di masyarakat Indonesia. Simak beberapa daftarnya!

1. Gopay

2. Dana

3. Ovo

4. ShopeePay

5. LinkAja

6. Jenius

7. iSaku

8. Octo Mobile

9. Doku

10. Sakuku

11. JakOne Mobile

Kepopuleran penggunaan ewallet terbukti dengan riset yang dilakukan oleh Lembaga riset pasar dan perilaku konsumen (consumer insight) Populix, merilis laporan terbarunya seputar penggunaan layanan aplikasi keuangan alias finansial di Indonesia. 

Laporan yang berjudul “Consumer Preference Towards Banking and E-Wallet Apps” tersebut melibatkan sekitar 1.000 responden yang tinggal di Indonesia, yang memberikan pendapatnya pada periode 20-25 Mei 2022. Berdasarkan laporan tersebut, aplikasi bank, finansial, dan sejenisnya ternyata dipakai oleh 64 persen dari total responden. Dari angka tersebut, 84 persen di antaranya sering menggunakan aplikasi dompet elektronik alias e-wallet. 

Baca Juga: Ini Deretan Bank Digital Indonesia, Kamu Pakai yang Mana?

Di mana sebagian besar responden mengatakan bahwa mereka memakai aplikasi semacam ini sebagai metode pembayaran di platform e-commerce, membayar ojek online, serta pembayaran pulsa atau paket internet. 

Beberapa alasan responden yang memiliki e-wallet, mengatakan bahwa mereka menggunakan aplikasi ini karena tidak ingin repot bertransaksi, sudah terintegrasi dengan e-commerce, dan juga mudah untuk digunakan.

Apakah artikel ini membantu? Yuk, download aplikasi Amartha dan cari tahu info terkini lainnya!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here