Intip Cuan Dari Peluang Bisnis Amplop Lebaran

    0
    85
    peluang usaha amplop lebaran
    Ilustrasi amplop lebaran. Photos by istockphoto

    Tradisi membagi rezeki lewat amplop sudah lazim terjadi di Indonesia saat Idul Fitri. Maka dari itu, banyak masyarakat muslim yang berburu amplop lebaran menjelang tibanya hari tersebut. 

    Mengetahui hal ini, kamu sebaiknya peka pada momen dan menjadikannya peluang untuk mencari keuntungan menjelang hari raya dengan membuka bisnis amplop hari lebaran. 

    Peluang Usaha Amplop Lebaran

    Berikut ini merupakan penjelasan ringkas mengenai usaha amplop hari lebaran.

    1. Permintaan tinggi

    Karena membagi rezeki lewat amplop merupakan tradisi perayaaan Idul Fitri di Indonesia. Dengan demikian, sudah pasti permintaannya tinggi dan kamu akan kebanjiran pesanan amplop jika produk itu unik.

    Produk yang unik contohnya adalah amplop lebaran custom, dimana pembeli dapat mengatur bentuk dan desain amplopnya sendiri.

    2. Harga terjangkau

    Harga amplop hari lebaran begitu terjangkau sehingga, lapisan masyarakat apapun akan bisa membeli produkmu dalam jumlah banyak, sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

    3. Mudah dilakukan

    Membuat amplop merupakan hal yang mudah dan cepat untuk dipelajari. Tidak dibutuhkan latar belakang pendidikan tertentu untuk membuka bisnis amplop hari lebaran.

    Nah, jadi itulah peluang membuka bisnis amplop hari lebaran. Untuk memulainya, kamu bisa mencoba membuat amplop hari lebaran terlebih dahulu.

    Baca Juga:
    Untung Menggiurkan, Ini Peluang Jasa Tukar Uang Menjelang Lebaran

    Cara Membuat Amplop Lebaran 

    Beginilah cara mudah membuat amplop hari lebaran.

    Alat dan bahan

    Kamu bisa menyiapkan sejumlah benda-benda di bawah ini.

    • Kertas yang telah tercetak desain amplop
    • Gunting
    • Cutter
    • Lem
    • Double tape

    Untuk menyiapkan desain, kamu dapat mengambilnya di Internet. Jika kamu menginginkan produk orisinil atau amplop lebaran unik, kamu bisa membuat desainnya sendiri melalui software seperti Corel Draw atau Adobe Photoshop. 

    Langkah pembuatan

    Kamu bisa membuat amplop hari lebaran dengan cara berikut ini.

    • Siapkan kertas yang telah tercetak desain amplop. Lalu, gunting atau cutter sesuai pola dengan hati-hati dan rapi. Sebaiknya gunakan gunting yang tajam agar hasil guntingannya halus.
    • Setelah itu, oleskan lem secukupnya pada bagian pinggir amplop yang perlu direkatkan satu sama lain.
    • Tambahkan double tape pada bagian penutup amplop.

    Nah, bagaimana? Mudah bukan, untuk membuat amplop tersebut? Selanjutnya, jika kamu telah berhasil melakukannya dengan baik, maka kamu bisa memulai bisnismu dengan tips di bawah ini.

    Tips Menjalankan Bisnis Amplop Lebaran

    Berikut ini merupakan sejumlah tips untuk berbisnis amplop hari lebaran.

    1. Melakukan Promosi 

    Supaya bisnismu menarik perhatian calon pembeli, kamu dapat berpromosi secara online dan offline. Selain itu, sebaiknya melakukan promosi jauh-jauh hari.

    2. Buat Desain Amplop Lebaran Yang Kreatif

    Agar produk dikenal masyarakat luas, buatlah desain amplop lebaran sekreatif mungkin. Biasanya amplop lebaran banyak dicari yang bertemakan dengan nuansa ramadan.

    Kamu juga bisa gunakan tokoh-tokoh kartun karena amplop lebaran biasanya diberikan kepada keponakan yang masih kecil.

    3. Jual Secara Grosir Dan Eceran

    Kamu bisa menjual secara grosir maupun eceran. Tentunya, jika konsumen membeli grosiran, jangan lupa untuk memberi diskonan agar mereka tertarik untuk memborong lagi.

    Jadi itulah tips membuka bisnis amplop hari lebaran. Agar kamu semakin mantap akan bisnis ini, sebaiknya kamu mengetahui keuntungannya.

    Baca Juga: Pasti Cuan Dengan 3 Investasi di Bulan Ramadan Ini!

    Keuntungan Bisnis Amplop Lebaran

    1. Tidak mempunyai tanggal kadaluarsa

    Tidak seperti makanan, amplop hari lebaran tidak mempunyai masa kadaluarsa. Dengan demikian, jika ada sisa stok, kamu dapat menjualnya di lain kesempatan.

    2. Tidak membutuhkan modal besar

    Bisnis ini membutuhkan modal yang relatif kecil. Jadi, kamu bisa untung berlebih jika desain amplop unik dan meningkatkan penjualan.

    3. Berpotensi dijual pada hari raya lainnya

    Hari raya keagamaan di Indonesia bukan hanya Idul Fitri saja yang identik dengan amplop. Masih ada kesempatan lainnya untuk menjual amplop seperti imlek, natal, dan masih banyak lagi.

    Nah, itulah peluang bisnis amplop lebaran yang sebaiknya kamu manfaatkan untuk mencari pendanaan menjelang hari raya. Apabila kamu menginginkan tambahan dana, kamu bisa berinvestasi PLP Lending dan mendapat imbal hasil sampai 15% flat per tahun di Amartha. 

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here