Intip 7 Kunci Sukses Berbisnis Orang Jawa yang Patut Ditiru

0
891
Ilustrasi kunci sukses berbisnis orang Jawa. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi kunci sukses berbisnis orang Jawa. sumber: www.istockphoto.com

Masyarakat Jawa terkenal dengan kegigihan dan keuletannya termasuk di bidang bisnis. Tidak heran jika ada banyak orang Jawa yang sukses menjadi pebisnis andal.  Mereka juga memegang kunci sukses penting dalam menjalankan bisnisnya. Kunci inilah yang bisa dijadikan inspirasi sekaligus dicontoh oleh para pebisnis lainnya. Kira-kira apa saja ya kunci sukses tersebut?

Kunci Sukses Berbisnis Orang Jawa

Karakter yang dimiliki oleh orang Jawa memang sangat kuat. Banyak karakter mereka yang membawa kesuksesan tersendiri dalam berbisnis. Berikut ini adalah 7 kunci sukses berbisnis yang bisa ditiru dari orang Jawa:

1.Mengutamakan Sikap Sopan

Orang Jawa terkenal akan sikapnya yang sangat sopan. Jika bermasyarakat dengan orang-orang dari wilayah lain, maka orang Jawa sangat populer dengan kesopanannya. Terutama dengan orang yang lebih tua, sudah pasti orang jawa akan bersikap sangat sopan. Ini menjadi salah satu kunci penting bagi mereka dalam berbisnis, sopan terutama kepada klien dan relasi bisnisnya. 

2. Tidak Banyak Menuntut

Ada satu prinsip penting yang dipegang oleh masyarakat Jawa secara umum yaitu tidak banyak menuntut atau istilahnya ‘nrimo’. Jadi bisa dikatakan bahwa orang Jawa cenderung selalu menerima apa yang sudah didapatkan dan tidak terlalu menuntut hal-hal yang belum bisa diraih. Ini menjadi salah satu kunci sukses mereka di dunia bisnis, dijalani saja apa yang sudah didapatkan dan tidak terlalu memaksa. 

3. Orang Jawa Bersikap Sederhana

Masyarakat Jawa juga cenderung bersikap sederhana. Mereka tidak mudah tergoda untuk hidup mewah meskipun bisnis yang dijalankan sudah menghasilkan banyak keuntungan. Ini menjadi sebuah hal penting untuk dilakukan oleh para pebisnis. jangan mudah terbuai dengan keuntungan yang sudah diperoleh sampai akhirnya berfoya-foya menghabiskan uang tersebut tanpa perhitungan. 

4. Senang Membantu orang Lain

Salah satu prinsip dagang orang Jawa adalah tidak menjatuhkan orang lain. Sebaliknya, mereka akan dengan senang hati membantu orang lain yang membutuhkan. Kepada sesama pebisnis, orang Jawa akan selalu saling tolong-menolong. Begitu juga dengan konsumen, banyak yang tidak memandang keuntungan tapi lebih fokus untuk membantu orang lain dan memberi manfaat. 

Baca Juga: Kunci Sukses Berbisnis Bagi Orang Medan. Patut Ditiru!

5. Selalu Kalem

Sikap lain yang dimiliki oleh orang Jawa adalah selalu kalem. Mereka cenderung selalu tenang menghadapi berbagai situasi. Ini sangat penting untuk dimiliki oleh para pebisnis karena dalam situasi yang tenang dan kalem, pengambilan keputusan jauh lebih mudah untuk dilakukan. Tidak terburu-buru dan terbawa emosi dalam mengambil keputusan bisnis apapun. 

6. Memiliki Sifat Pekerja Keras

Pebisnis yang berasal dari masyarakat Jawa juga memiliki sifat selalu bekerja keras. Sebagai pekerja keras, bukan hal yang aneh jika mereka bisa meraih kesuksesan sebagai pebisnis. Sifat orang Jawa pekerja keras ini jelas harus dijadikan sebagai contoh dan inspirasi bagi banyak orang. Jangan mudah menyerah dan selalu hadapi tantangan bisnis dengan strategi yang tepat. 

7. Pandai Mengatur Uang

Perlu diketahui bahwa orang Jawa itu sangat pandai dan teliti dalam mengatur uang. Sebagai pebisnis, ini menjadi keterampilan yang wajib untuk dimiliki. Jika uang yang diperoleh bisa dikelola dengan baik dan cermat maka hasilnya juga pasti akan memuaskan. Setelah mengetahui 7 kunci sukses berbisnis yang dimiliki oleh orang Jawa ini. Kamu pasti bisa merasakan indahnya berbisnis dan meraih kesuksesan yang kamu inginkan.

Dari artikel ini, kita bisa mendapat rahasia sukses dari karakter orang Jawa yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Di microfinance marketplace Amartha, kamu juga bisa membantu CEO UMKM Jawa Timur untuk mengembangkan usahanya dengan cara melakukan pendanaan di aplikasi Amartha, lho! Selain membantu perempuan tangguh di area Jawa dan di area Indonesia lainnya, kamu juga bisa mendapatkan imbal hasil sampai dengan 15% flat per tahun!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here