Intip 4 Cara Berjualan di Facebook. Hindari Hal-Hal Ini!

0
82

Facebook menjadi salah satu platform digital yang cocok sekali dipakai untuk berjualan. Cara berjualan di Facebook juga sangat mudah, bahkan para pemula sekalipun bisa cepat menguasainya. 

Facebook juga punya begitu banyak pengguna jadi jangkauan pasar yang diberikan cukup luas dan pastinya hal ini sangatlah menguntungkan bagi pebisnis. 

Cara Berjualan di Facebook

Berjualan lewat Facebook sebenarnya bukanlah hal yang baru. Sudah banyak pelaku bisnis yang menjual barang-barang mereka di platform ini. Prosesnya mudah dan hasilnya juga cukup efektif. Berikut adalah beberapa tips jualan di Facebook:

1. Siapkan Akun

Pertama-tama, kamu harus punya akun dulu supaya bisa mengunggah konten jualan di Facebook. 

Sepertinya hampir semua orang sudah punya akun Facebook, tapi kalau kamu ingin membuat akun khusus untuk toko atau berjualan maka tidak masalah. Pastikan untuk memilih jenis akun bisnis, ya!

2. Gunakan Foto dan Video yang Menarik

Siapkan foto dan video yang menarik sebagai konten jualanmu. Ini juga penting karena akan menjadi daya tarik bagi para target audiens. 

Kalau kamu punya foto dan video produk yang jelas pasti akan lebih mudah untuk menarik pembeli. Pelajari juga cara posting jualan di Facebook baik dalam bentuk foto dan video. 

3. Tuliskan Caption yang Efektif

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah menulis caption yang efektif. Foto dan video jualan tadi harus dilengkapi dengan caption atau tulisan yang menarik.

Pastikan tulisan tersebut cukup jelas dan menunjukkan informasi produk dengan baik. 

4. Manfaatkan Fitur Facebook Ads

Facebook sendiri sangat mendukung para penggunanya untuk berbisnis. Ada banyak fitur iklan dan marketing yang disediakan oleh Facebook. 

Salah satu cara berjualan di Facebook dengan efektif adalah manfaatkan semua fitur Facebook Ads yang ada.

Baca Juga: Strategi Jualan di Facebook untuk UMKM

Hal-Hal yang Perlu Dihindari

Saat berjualan di Facebook, ternyata ada beberapa poin penting yang sebaiknya tidak kamu lakukan. Berikut ini hal-hal yang harus dihindari saat berjualan di Facebook:

1. Melakukan Spamming

Sebenarnya ini tidak hanya berlaku di Facebook tapi juga platform lain. Jangan pernah melakukan spamming

Posting saja sesuai kebutuhan dan tidak perlu melakukan spam di kolom komentar milik orang lain. Ini hanya akan membuat bisnismu jadi terlihat buruk. 

2. Memakai Terlalu Banyak Tag

Sebaiknya jangan memakai tag terlalu banyak saat berjualan di Facebook. Sebenarnya tag ini memang membantu pebisnis untuk mendapatkan jangkauan pasar lebih luas. Tapi lebih disarankan untuk memakai tag yang sesuai dan efektif saja. 

3. Mengunggah Terlalu Banyak Iklan

Banyak sekali penjual yang tidak tahu diri di Facebook. Biasanya mereka akan mengunggah terlalu banyak iklan. Jika iklan yang diunggah terlalu banyak maka orang-orang yang sudah follow akun Facebook tersebut pasti akan merasa malas. 

4. Mengirim Pesan Inbox secara Massal

Ada juga penjual di Facebook yang mengirimkan pesan inbox secara massal ke akun-akun random. Ini juga menjadi salah satu kesalahan yang tidak seharusnya dilakukan. 

Tindakan semacam ini hanya akan membuat orang yang menerima pesan tersebut merasa terganggu dan memberi citra buruk bagi bisnismu. 

5. Mengirim Link Promosi Hard Selling secara Random

Jangan pula mengirimkan link promosi hard selling secara random. Ini menjadi salah satu kesalahan yang sering dilakukan penjual pemula dan sebaiknya dihindari. 

Sama halnya seperti poin sebelumnya, tindakan ini hanya akan mengganggu pengguna Facebook. 

Terapkan cara berjualan di Facebook yang baik dan benar. Jika kamu sudah mendapatkan cuan dari hasil bisnismu maka langsung saja investasikan di platform yang tepat. Kamu bisa ikut mendanai di microfinance marketplace Amartha dan dapatkan peluang imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here