Instagram – WhatsApp Down, Berapa Kerugian Mark Zuckerberg?

0
190
Sumber Foto: Pexels

Kerugian Mark Zuckerberg akibat WhatsApp Down – Pada tanggal 4 Oktober malam lalu, aplikasi WhatsApp yang digunakan oleh masyarakat seluruh dunia tiba-tiba mengalami down.

Tak hanya WhatsApp, Facebook dan Instagram juga sempat down dan tidak bisa diakses oleh para pengguna.

Lalu, berapa kira-kira besarnya kerugian yang harus ditanggung oleh Mark Zuckerberg akibat peristiwa down-nya beberapa aplikasi tersebut?

Tak Bisa Diakses

Berita Instagram, WhatsApp, dan Facebook down mulai muncul ke publik pada senin malam tanggal 4 Oktober 2021 mulai pukul 22.00 WIB.

Banyak sekali pengguna yang melaporkan bahwa semua aplikasi tersebut mengalami error dan tidak bisa diakses.

Jumlah laporan mencapai ratusan ribu dari berbagai pengguna di seluruh wilayah dunia. Laporan tersebut terus berdatangan hingga berjam-jam. 

Tentu saja hal ini menjadi sebuah berita besar bagi masyarakat dunia. Seperti diketahui bahwa Whatsapp, Instagram, dan Facebook merupakan tiga jenis aplikasi yang paling banyak digunakan saat ini.

Baca Juga: Affiliate Marketing: Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Sambil Rebahan

Ketiganya merupakan media sosial yang digunakan oleh berbagai generasi dari berbagai negara di seluruh dunia. Sulitnya mengakses tiga aplikasi ini jelas berdampak besar bagi masyarakat.

Laporan WhatsApp down terus bermunculan hingga tengah malam dan berlanjut sampai pagi. Begitu juga dengan laporan bahwa Instagram dan Facebook down. Kurang lebih kondisi down tersebut berlangsung selama 8 jam dan tentunya durasi ini begitu lama sehingga membuat para pelanggan semakin banyak mengeluh. 

Kondisi down yang dialami oleh Instagram, Facebook, juga WhatsApp tidak hanya terjadi di Indonesia. Beberapa negara juga mengeluhkan kondisi yang sama seperti negara-negara di Eropa, Amerika Serikat, dan Asia Tenggara.

Tentunya begitu banyak jumlah pengguna yang kecewa dengan kondisi tersebut, terutama bagi mereka yang membutuhkan media sosial untuk kepentingan bisnis.

Kerugian yang Ditanggung

Peristiwa Facebook, WhatsApp, dan Instagram down ini ternyata membawa kerugian besar tidak hanya bagi pengguna melainkan juga bagi sang bos Mark Zuckerberg.

Kabarnya, Mark mengalami kerugian sebesar US$7 miliar atau setara dengan Rp99,8 triliun. Nilai kerugian ini jelas begitu besar mengingat kondisi down ketiga aplikasi tersebut cukup lama dan terjadi di beberapa wilayah negara.

Berdasarkan informasi dari perusahaan Standard Media Index, diperkirakan Facebook telah kehilangan uang sebanyak US$545 ribu atau Rp7,7 miliar setiap jam selama kondisi down terjadi. Tentunya kondisi tersebut telah mengurangi nilai kekayaan Mark Zuckerberg dengan cukup signifikan. 

Dari kejadian tersebut diketahui juga bahwa nilai saham Facebook anjlok cukup banyak yaitu 5%. Anjloknya nilai saham ini juga cukup memengaruhi stabilitas Facebook sebagai salah satu perusahaan besar di dunia.

Bahkan posisi Mark sebagai orang terkaya kelima menurut Bloomberg Billionaires Index juga menurun. Ia kini menempati posisi keenam dengan nilai kekayaan sejumlah US$120,9 miliar. 

Meskipun memberikan pengaruh kerugian yang sangat besar, namun kini Facebook telah kembali pulih. Sejak tanggal 5 Oktober 2021 kemarin Facebook, Instagram, dan WhatsApp sudah bisa diakses dengan lancar seperti biasa.

Pihak Facebook pun telah membuat permohonan maaf kepada para pengguna layanan mereka dan berusaha untuk terus memberikan pelayanan terbaik.

Nilai kekayaan milik Mark Zuckerberg mungkin mengalami banyak penurunan namun hal tersebut bisa saja tidak menimbulkan dampak apapun baginya. Kunci pentingnya terletak pada investasi yang dijalankan oleh Mark selama mendapatkan kekayaan dari Facebook.

Jadi, Teman Martha juga harus sadar bahwa investasi begitu penting untuk dilakukan. Mari lakukan investasi di Amartha yang terbukti mudah, aman, dan menguntungkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here