Inspirasi Mengelola Bisnis Ala Sultan Andara

0
32

Lahir dengan nama Raffi Faridz Ahmad, orang-orang biasa menyapanya dengan Raffi Ahmad sudah debut di dunia entertainment sejak 2001. Dimulai dari berprofesi sebagai penyanyi, aktor, pelawak, presenter, produser, dan ayah dari Rafathar dan Rayyanza ini sekarang sudah mengelola bisnis sebagai pengusaha di usianya yang terhitung masih muda.

Semenjak makin sukses, gaya hidup Raffi terlihat mewah dan extravaganza. Hingga seringkali mendapat julukan Sultan Andara, yakni kawasan rumah yang ia tinggali. Yuk, simak sepak terjang bisnis ‘Sultan Andara” yang dikelola Raffi Ahmad yang bisa buat kamu terinspirasi!

Seorang Raffi Ahmad di Gaji Rp50.000?

Pernah di sebut-sebut sebagai seleb terkaya se-Indonesia hingga disebut sebagai sultan dari Andara, hunian mewah, mobil miliaran serta beberapa apartemen menteng pun sudah dikantongi seorang Raffi.

Namun, sebelum menjadi sekaya sekarang tentunya ia harus menghadapi roller coaster of life yang cukup menyedihkan. Pernah dibayar dengan hanya Rp50.000 sekarang roda sudah berputar hingga Raffi mampu memegang uang lebih dari Rp50 juta perbulannya dengan sangat mudah.

Cara Mengelola Bisnis Ala Sultan Andara Raffi Ahmad

Seperti yang sudah tersinggung diatas bahwa artis multitalenta ini sekarang sudah merambah di beberapa bisnis. Beberapa orang mungkin sering bertanya-tanya bagaimana cara mengelola bisnis sultan Andara

1. Kreatif dan Pantang Menyerah

Tahap pertama dan yang paling penting dalam mengelola bisnis adalah memulainya dari bawah. Raffi memulai titik terendahnya di industri kreatif, melalui seni peran ia mulai membangun bata demi bata. 

Mantan member BBB ini sempat berkata “Saya pernah dibayar 300rb untuk main salah satu sinetron. Perannya juga tidak begitu penting. Tapi saya tidak mudah menyerah dan berkecil hati. Menikmati proses itu bisa jadi pembelajaran untuk kedepan”

2. Merintis Banyak Bisnis Usaha 

Kesuksesan menurut Raffi tidak bisa di ambil dari satu sumber saja. Maka sebab itu Raffi mulai menjajaki banyak hal. Bagi Raffi, penting untuk memanfaatkan potensi diri dalam membangun karir yang bisa menolongmu saat hari tua.

Kita harus mempunyai banyak keran usaha, jadi saat satu keran tersebut tidak mengalir, maka kita tinggal buka keran yang lainnya. Sama seperti halnya ketika saya sepi di dunia seni peran film yang romantis, saya masih bisa mengambil peran di genre komedi. Maka dari itu kita harus memanfaatkan potensi dan menangkap peluang dengan baik,” Tuturnya.

Baca Juga: Yuk, Kenali Apa Itu Crazy Rich yang Hits di Dunia Maya!

3. Kolaborasi dan Membangun Banyak Relasi

Mengelola bisnis yang baik tentu akan datang dari berbagai sudut pandang. Menurut Raffi, membangun relasi dan berkolaborasi dengan beberapa UMKM dan label terkenal menjadi awal yang baik. Bisnis yang ia bangun saat ini sudah memiliki tempat di masyarakat dan tidak dipungkiri bahwa bisnisnya bisa menjadi lahan pekerjaan bagi orang-orang.

Kolaborasi dengan berbagai brand, menawarkan usaha-usahanya di berbagai sektor sudah ia lakukan. Dengan begitu, seiring berjalannya waktu, semakin banyak brand-brand ternama yang mengajaknya kerja sama.

4. Selalu Semangat

Suami dari Nagita Slavina ini menutup tips mengelola usahanya dengan “Harus selalu semangat, sebab jika suatu hari kita jatuh dan tidak ada orang yang dapat memberi pertolongan. Maka, hanya Anda sendiri yang dapat menolong diri sendiri.” 

Kreatifitas akan selalu muncul dengan ide-ide baru bila kamu terus menanamkan kepositifan dan semangat pada diri sendiri. Dalam mengelola usaha ada kalanya kamu berada di roda paling bawah, namun dengan selalu menanamkan semangat bahwa kamu bisa, tidak akan ada mengkhianati usahamu.

Kelola Keuangan dengan Baik

Kalau kamu mau jadi sesukses Raffi, kamu juga bisa ikuti caranya yang pantang menyerah dan terus melanjutkan hidup meskipun halang rintangan menghadang.

Raffi juga tak ragu mengelola uang yang ia hasilkan dapat lebih bermanfaat dan menguntungkan. Caranya yakni dengan mencoba mengembangkan sayap dan talentanya dalam berbagai berbisnis yang ia tekuni. Serta, mempersiapkan hari tua dengan berinvestasi.

Salah satu caranya dengan berinvestasi di microfinance marketplace Amartha, yang menyediakan wadah bagi para investor. Di Amartha, kamu tidak hanya memperoleh imbal hasil keuntungan hingga 15% flat per tahun, tapi kamu juga bisa membantu para pengusaha mikro pedesaan meraih mimpi mereka. Yuk, bantu mereka mengelola bisnis dengan amanah bersama Amartha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here