Inilah 5 Alasan Bisnis Harus Dimulai Sejak Usia Muda

0
1556

Ada yang bilang, masa muda adalah masa yang menggebu-gebu. Tak salah memang, karena anak muda cenderung kreatif dalam berbagai hal. Uniknya, ketika ingin memulai berinvestasi malah ragu

Impact investment adalah sebuah bisnis yang tidak hanya mencari keuntungan secara finansial semata, namun juga social value atau dampaknya secara sosial. Uniknya, Sunday Times menunjukan fakta bahwa sebanyak 53% impact investor adalah milenial, atau yang berusia 25-34 tahun. Hal ini menunjukan bahwa pada usia muda seseorang lebih cekatan dalam menangkap peluang.

Namun tidak jarang anak muda masih takut memulai bisnis dengan alasan tidak punya modal, atau belum punya pengalaman. Jika kamu salah satu orang yang takut memulai bisnis, berikut 5 alasan mengapa kita sebagai anak muda harus segera memulai berinvestasi.

Waktu Lebih Luas Dibandingkan Aaat Tua

Sebelum usia 30 tahun, kita masih cenderung berfikir bahwa hidup ini tidak ada habisnya. Kita punya banyak waktu untuk mencoba, gagal, lalu mencoba lagi, hingga mencapai kesuksesan. Momen keluasan waktu ini harus kamu tangkap dengan baik, agar tidak menyesal di hari tua.

Membangun usaha di usia muda berarti memiliki lebih banyak waktu untuk mencoba. Kamu bisa mencoba usaha dengan modal yang dimiliki, seperti impact investment.

Milenial Tidak Takut Kehilangan Apapun

Mayoritas orang belum memiliki tanggungan di masa mudanya. Tanggungan bisa berupa kewajiban menyekolahkan anak, atau hal-hal yang berkaitan dengan finansial keluarga  lainnya. Ini adalah keuntungan untuk memulai sebuah usaha.

Rasa takut bisa jadi penghalang nomor satu untuk menuju kesuksesan kita. Namun bukan berarti mengambil tindakan tanpa adanya perhitungan sebelumnya, ya. Tak logis rasanya sebuah kesuksesan diraih tanpa adanya persiapan yang baik.

Jika kamu memiliki ide, tekad dan kemauan untuk bekerja keras maka rencana bisnis, analisis pasar, dan strategi keuangan adalah hal-hal yang mudah untuk dipelajari dengan meminta bantuan dari mentor yang baik.

Memiliki Lebih Banyak Energi

Mencoba segala hal dalam hidup ini membutuhkan energi secara fisik untuk menjalankannya. Nah, inilah mengapa masa muda adalah saat yang tepat untuk memulai segala sesuatu termasuk berbisnis. Pada masa muda, kamu memiliki kekuatan fisik pada puncaknya.

Lelah pada masa muda akan selesai jika digunakan untuk tidur, namun hal tersebut tidak berlaku saat bertambah umur. Usia emas ini harus dimanfaatkan secara maksimal sebagai sebuah peluang bisnis, ya.

Anak Muda Cenderung Lebih Kreatif

Ketika kamu masih muda, otakmu akan cenderung lebih kreatif dalam menciptakan ide-ide baru. Dari trend bisnis yang ada saat ini, kamu bisa memanfaatkan untuk menciptakan ide-ide baru yang kreatif dan unik. Tujuannya agar bisnis yang akan dijalani berbeda dari banyak pesaingmu, bahkan belum pernah ada yang mencobanya, sehingga banyak orang tertarik. Manfaatkan kreativitas semaksimal mungkin untuk segera memulai sebuah usaha.

Dari banyaknya kesempatan dan kelebihan yang kita miliki, tentu tidak ada alasan lagi untuk segera memulai sebuah usaha di usia muda. Intinya jangan pernah takut untuk memulai.

Anak Muda Mudah Beradaptasi

CNBC menyebutkan anak muda cenderung mudah beradaptasi dibandingkan orang dengan usia tua. Anak muda memiliki sifat yang dinamis dan lebih cepat untuk belajar perubahan teknologi terkini.

Tren, selera dan juga kebutuhan yang bergerak sangat cepat dari waktu ke waktu mengharuskan seorang pebisnis untuk melihat hal tersebut sebagai peluang. Sifat adaptif memiliki dampak besar dalam tantangan ini untuk membuat bisnismu terus berjalan dan tidak ketinggalan jaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here