Home Lifestyle Mau Resesi, Simak Alasan Kenapa Kita Harus Mulai Menggunakan Produk Lokal!

Mau Resesi, Simak Alasan Kenapa Kita Harus Mulai Menggunakan Produk Lokal!

0
266

Pandemi Covid-19 hingga kini masih menyerang berbagai negara di Dunia, termasuk Indonesia. Pandemi Covid-19 juga diketahui berimbas ke banyak sektor, salah satunya ekonomi. Dikutip dari Antara, Ekonom Universitas Negeri Medan yang bernama Armin Rahmansyah Nasution mempercayai bahwa Indonesia kini tidak dapat lagi  mengandalkan impor di tengah berlangsungnya pandemic Covid-19.

Menurut Armin, hal ini terjadi karena neraca perdagangan Indonesia saat ini telah mengalami defisit sehingga secara langsung juga meningkatkan tekanan anggaran pemerintah. Defisit neraca perdagangan Indonesia ini sendiri, kata Armin terjadi karena dampak pandemi Covid-10 terhadap perekonomian Indonesia.

Armin menyebutkan pandemi Covid-19 ini juga menimbulkan aspek lain yang harus diperhitungkan yaitu lebih mengandalkan produk dalam negeri daripada melakukan impor. Oleh karena itu, sejak sekarang sudah sepatutnya semua orang Indonesia lebih bangga dengan produk dalam negeri. Apalagi, kualitas dari banyak produk dalam negeri saat ini jauh lebih baik dari negara-negara lain di Dunia.

Sejalan dengan pendapat tersebut, Presiden Joko Widodo nyatanya telah meluncurkan kampanye nasional dengan tagar #BanggaBuatanIndonesia (Bangga dengan Produk Indonesia). Kampanye nasional yang diadakan pada tanggal 14 Mei 2020 ini merupakan upaya pemerintah untuk mempromosikan produk-produk buatan Indonesia.

“Kita harus melihat lagi pada apa kekuatan kita. Sekali lagi, kita perlu menggali lebih dalam tentang apa kekuatan dan kelemahan kita. Apa yang kurang, kekurangannya. Tentu saja, kita harus segera meningkatkan, dan kekuatan kita harus dimanfaatkan,” terang Presiden Joko Widodo kala itu.

Selain dua hal tersebut, sebenarnya ada sejumlah alasan lain kenapa orang Indonesia harus mulai menggunakan produk dalam negeri seperti sebagai berikut:

1. Lebih Ekslusif

Produk dalam negeri biasanya dibuat tidak seragam dan cenderung unik, contohnya produk berupa karya seni. Biasanya seniman hanya akan membuat karya seninya dalam satu versi dan tidak memproduksinya secara massal. Selain itu, tiap bagian yang dikerjakan selalu dibuat dengan hati-hati sehingga karya seni yang tercipta sangatlah detail dan artistik.

2. Pengalaman Berbelanja Terasa Menyenangkan

Berbelanja produk dalam negeri selalu membuat perasaan terasa lebih senang. Pasalnya, tempat untuk menemukan produk-produk tersebu biasanya ada di pasar petani tradisional, toko-toko souvenir, butik-butik unik, dan tempat-tempat unik lainya.

Tempat-tempat semacam ini biasanya ada di bagian pinggiran kota atau desa  dengan suasana artistik dan bersejarah. Tentu saja hal seperti ini akan membuat pengalaman berbelanja terasa lebih berkesan.

3. Memperkuat Ekonomi Masyarakat Sekitar

Perlu kamu ketahui, semakin banyak kita membeli produk dalam negeri, maka ekonomi masyarakat lokal akan semakin berkembang. Dengan merangsang perkembangan ekonomi melalui kebiasaan membeli produk lokal, maka masa depan yang stabil bagi generasi penerus akan lebih cerah.

Membeli satu produk dalam negeri mampu menarik kita untuk membeli produk lokal lainnya. Mulai dari sayuran, buah-buahan di pasar, hingga pakaian dari butik-butik lokal.

4. Menyediakan Lapangan Pekerjaan untuk Generasi Mendatang

Sejak masa sekarang, ketersediaan lapangan pekerjaan untuk generasi mendatang sangatlah penting. Salah satu faktor bagi Industri bagi produk dalam negeri yang berkembang adalah kesadaran masyarakat dalam membeli barang produksi lokal. Semakin banyak produk dalam negeri yang laku di pasaran, pada akhirnya akan berdampak pada ketersediaan lapangan kerja untuk generasi mendatang.

Itulah 4 alasan kenapa orang Indonesia harus mulai menggunakan produk dalam negeri. Perlu diketahui, salah satu perusahaan yang sampai saat ini terus mendukung agar semakin banyaknya usaha mikro untuk tumbuh di Indonesia adalah Amartha.

Sebagai informasi, Amartha adalah perusahaan layanan fintech peer to peer lending (P2P) yang menghubungkan pendana urban dengan pengusaha mikro di pedesaan. Hingga saat ini tercatat sudah ada lebih dari 500.000 perempuan di seluruh penjuru Indonesia telah menjadi mitra Amartha untuk diberdayakan.

Yuk, mulai sekarang biasakan membeli produk dalam negeri, salah satunya dengan mendukung usaha dari para mitra Amartha ini ya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

money plus amartha

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Money Plus will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.