Inilah 3 Alasan Pentingnya Mencatat Keuangan Bagi UMKM

0
155

Ketika mendirikan UMKM, tentu setiap orang bertujuan mendapatkan keuntungan yang tergambarkan dengan tingginya angka penjualan produk. Meski begitu, ketika telah mencapai angka penjualan yang tinggi, terkadang banyak pelaku UMKM yang sering mengabaikan satu aspek yang penting, yaitu pencatatan keuangan.

Pasalnya, angka penjualan yang tinggi tidak berarti keuntungan yang akan didapatkan akan sejalan. Hal ini karena setiap keuntungan yang didapat akan terpotong dengan jumlah pengeluaran dan modal. Nah, karena itu pencatatan keuangan sangatlah penting dilakukan buat para pelaku UMKM. Berikut ini adalah 3 alasan pentingnya mencatat keuangan bagi UMKM:

1. Mengetahui Posisi Keuangan Usaha Milikmu

Pencatatan keuangan bagi UMKM dapat memberikan informasi mengenai posisi finansial dari bisnis yang kamu jalankan. Pengusaha UMKM juga bisa melihat daftar tranksi penjualan maupun pembelian yang terjadi dalam bisnis yang kamu kelola. Dengan melakukan pencatatan keuangan, pengusaha UMKM dapat mengetahui jumlah modal pada saat itu, termasuk jumlah utang, piutang, hingga aset yang kamu punya dalam bisnis. Apabila kamu melakukannya, semua arus keuanganmu dari bulan pertama sampai setahun akan terlihat sehingga lebih mudah melakukan perencaaan selanjutnya.

2. Menentukan Kelayakan Usaha untuk Kemudahan Kredit

Perlu kamu tahu, semua bisnis besar yang saat ini berjalan tidak melakukan pendanaan sendiri. Biasanya, mereka menggunakan dana pinjaman ataupun investor untuk pengembangan bisnis. Nah, dengan melakukan perencanaan yang matang, UKM yang kamu rintis pun akan punya peluang untuk mendapat tambahan modal dari pihak lain seperti pinjaman bank.

Adapun, saat melakukan uji kelayakan untuk mendapatkan pinjaman bank, pencatatan keuangan yang baik akan menentukan tingkat keberhasilannya. Pencatatan keuangan akan menunjukkan sehat atau tidaknya kondisi UMKM.

3. Memberikan Kemudahan dalam Pelaporan Pajak

Perlu diketahui, setiap pengusaha UMKM termasuk pelaku wajib pajak yang perlu melaporkan dan membayarkan pajak usahanya. Pelaporan pajak akan menjadi tidak lancar ketika pengusaha UMKM tidak memiliki catatan keuangan yang rapi. Jika hal ini terjadi, pengusaha UMKM pun tidak tahu besaran pajak yang perlu dibayarkan karena tidak adanya catatan keuangan yang benar. Akibatnya pelaporan hasil pajak pasti tidak dapat dilakukan dengan tepat waktu.

For your info, saat ini kamu juga bisa berinvestasi sekaligus membantu UMKM loh dengan bergabung menjadi pendana di Amartha. Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja loh!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here