Ini Warisan dan Sumber Kekayaan Ratu Elizabeth II

0
84

Ratu Elizabeth II baru saja meninggal dunia pada Kamis 9 September pada usia 96 tahun di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Ratu Elizabeth menjadi pemimpin terlama kerajaan Inggris, yakni selama 70 tahun. Kepergiannya ini membuat teka-teki terkait harta dan warisan yang dimilikinya, karena Kerajaan Inggris dikenal sebagai salah satu Kerajaan yang berpengaruh di dunia.

Ratu diperkirakan meninggalkan harta kekayaan sebanyak lebih dari US$500 juta atau sekitar Rp7.42 triliun yang ia dapat selama dirinya berkuasa.

Kira-kira hasil kekayaannya dapat dari mana ya?

Pendapatan Ratu

Ratu menerima pendapatan dari dana pajak masyarakat yang masuk dalam dana Sovereign Grant, yang dibayarkan setiap tahunnya ke keluarga kerajaan Inggris dan mencapai 85,9 juta poundsterling atau sekitar Rp1,47 triliun pada 2021 dan 2022.

Dana itu biasanya juga digunakan keluarga kerajaan untuk perjalanan resmi, pemeliharaan properti dan pemeliharaan Istana Buckingham yang dilaporkan melalui situs resmi keuangan Keluarga Kerajaan setiap tahunnya.

Kekayaan Dari The Queen Privy Purse

Dompet rahasia Ratu atau The Queen Privy Purse adalah kekayaan mandiri yang tidak didanai oleh pembayar pajak. Pada dasarnya Queen Privy Purse adalah portfolio aset tanah, properti dan aset lainnya yang telah dipercayakan kepada kerajaan sejak 1399. Aset-aset ini memberikan keuntungan bagi Ratu dari pendapatan Duchy of Lancester.

Pada akhir Maret 2021, Lancaster memiliki 577,3 juta poundsterling aset bersih di bawah kendali Ratu, dengan surplus bersih sebesar 22,3 juta poundsterling yang diambil dari situs Duchy of Lancaster.

Aset Pribadi Ratu Elizabeth II

Selama 70 tahun menjabat, Ratu juga memiliki pendapatan pribadinya sendiri dan mencatatkan harta kekayaan sebanyak US$500 juta.Ini termasuk dari hasil investasi berupa koleksi seni, perhiasan dan Rumah Sandringham dan Kastil Balmoral yang diwarisi dari ayahnya.

Ada juga harta 10 juta poundsterling, koleksi lukisan karya Edward Seago dan 3.000 buku milik Pangeran Philip, yakni mendiang suami yang diserahkan pada Ratu setelah kematiannya pada April tahun lalu.

Ratu Juga mewarisi US$70 juta dari ibunya yang meninggal pada 2002, termasuk koleksi perangko, porselen, perhiasan, kuda dan lukisan karya Monet, Nash dan Carl Faberge.

Lingkaran Bisnis Keluarga Kerajaan Inggris

Selain mendapatkan pendapatan tahunan dari uang pajak masyarakat Inggris dan negara persemakmurannya, keluarga kerajaan Inggris juga memiliki bisnis keluarga dengan nama Monarchy PLC.

Di mana Monarchy PLC, terdiri dari Ratu dan anggota kerajaan lain, seperti Pangeran Charles (Saat ini Raja Charles III) dan istrinya Camilla, Duchess of Cornwall, Pangeran William dan istrinya Kate, Duchess of Cambridge, Putri Anne, serta Pangeran Edward dan istrinya Sophie, Countess of Wessex.

Monarchy PLC

Bisnis ini saat ini mempunyai portfolio bisnis properti yang terdiri dari 6 aset yang bernilai lebih dari US$28 miliar, dengan rincian:

The Crown Estate : US$19,5 miliar
The Istana Buckingham : US$4,9 miliar
The Ducy of Cornwall : The Crown Estate : US$1,3 miliar
The Ducy of Lancaster : US$748 juta
Istana Kensington : US$630 juta
The Crown Estate Of Scotland : US$592 juta

Walaupun tidak memberikan keuntungan langsung terhadap keluarga kerajaan, aset-aset ini tentu membantu meningkatkan nilai ekonomi keluarga kerajaan.

Taman dan Perkebunan Kerajaan

Ratu juga memiliki koleksi tanah dan perkebunan yang bernama The Crown Estate. Pada Juni tahun 2022, Crown Estate bahkan mencatatkan pendapatan bersih senilai US$312,7 juta. Jumlah ini lebih besar 15% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Namun, The Crown Estate bukan hanya dimiliki Rati tapi juga oleh dewan publik semi-independen.

Dilansir dari Bloomberg, Pangeran Charles atau Raja Charles III akan mewarisi harta kekayaan Ratu Elizabeth II sekaligus mewarisi tahtanya.

Namun, Pangeran Charles tidak akan langsung mewarisi seluruh harta dan aset kerajaan tersebut. Ia hanya akan menerima aset pribadi yang secara khusus dipilih untuknya oleh Ratu Elizabeth II.

Nah, inilah beberapa informasi terkait wafatnya, harta kekayaan dan warisan dari Ratu Elizabeth II. Cari tahu informasi menarik lainnya di blog Money+ dengan mendownload aplikasi Amartha di handphone-mu ya!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here