Ini Tips Keuangan Agar Kamu Bisa Kurban

Sebentar lagi Hari Raya Idul Adha akan dirayakan umat Islam di seluruh dunia. Sejumlah negara di dunia sedang bersiap merayakan hari raya itu dengan menyiapkan hewan kurban seperti sapi, kerbau, atau kambing. 

Seperti diketahui, kebutuhan akan hewan kurban bertambah hingga 1,5 juta ekor di Indonesia pada 2018. Hewan tersebut dibeli oleh umat muslim yang sudah mampu berkurban dan diserahkan ke masjid terdekat untuk disembelih yang dibagikan kepada masyarakat sekitar. 

Biasanya, hewan untuk sapi atau kerbau dapat ditanggung oleh sekitar tujuh orang. Sementara itu, per satu kambing hanya bisa ditanggung per orang. Namun, harga hewan kurban terus mengalami kenaikan harga setiap tahunnya. Karena itu, ada sebagian masyarakat yang batal melakukan kurban akibat harga hewan kurban yang semakin mahal.

Namun, jangan sedih. Ada tips bagi kamu yang ingin berkurban tiap tahun. Tapi, jangan lupa persiapkan komitmen dan niat yang kuat untuk menjalakannya. Nah, agar bisa kurban tiap tahun kamu bisa pertimbangkan beberapa tips berikut:

Hitung Biaya Membeli Hewan Kurban

Jenis hewan yang biasa digunakan untuk kurban adalah sapi, kerbau, dan kambing. Namun, kamu harus hitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk membeli hewan tersebut? Misalnya, harga satu ekor kambing seharga Rp3,5 juta diihitung bersama dengan kenaikan harga yang mungkin terjadi. Sementara untuk sapi atau kerbau misalnya satu ekor seharga Rp 15 juta yang dibagi kepada tujuh orang, sehingga per orang  menyiapkan dana sekitar Rp 2,5 juta.

Siapkan Tabungan

Agar uang tabungan untuk kurban tidak terpakai oleh keperluan lainnya, kamu bisa siapkan rekening tabungan yang baru dan khusus untuk berkurban saja. Agar tidak berat dan terus konsisten, isi tabungan tersebut setiap bulan setelah gajian. Hal tersebut dilakukan agar tidak terasa berat dan juga melatih konsistensimu, loh.

Ikut Arisan Kurban

Walaupun terdengar aneh tetapi beberapa orang melakukan arisan sebagai alternatif tabungan untuk berkurban. Kamu bisa memulai dengan ikut arisan keluarga atau tetangga. Namun, yang perlu diperhatikan dari tips ini adalah membuat kesepakatan mengenai cara pembayaran, jumlah peserta, jangka waktu, dan jumlah arisannya.

Investasi

Cara lainnya untuk siapkan dana membeli hewan kurban adalah dengan investasi. Pelajari dan teliti mengenai perusahaan yang ingin kamu investasikan uang kamu. Selain keuntungan, cari tahu juga bagaimana perusahaan tersebut mengatur mengenai risiko. Bicara keduanya, perusahaan peer to peer lending adalah alternatif investasi yang bisa kamu coba. Apalagi bila kamu masih mahasiswa atau freelance. Dengan melakukan investasi, kamu bisa mendapatkan uang tambahan setiap bulan. Kamu juga dapat mencari alternatif investasi lainnya. Nah, salah satu perusahaan peer to peer lending tersebut adalah Amartha. Informasi mengenai Amartha dapat diakses di www.amartha.com 

Dengan melakukan beberapa tips di atas, kamu bisa berkurban setiap tahunnya tapi jangan lupakan juga tabungan untuk masa depan juga, ya!

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/ini-tips-keuangan-agar-kamu-bisa-kurban">
LINKEDIN
%d bloggers like this: