Ini Perjalanan Indomie Jadi Mie Terenak di Dunia

0
148
indomie goreng rendang
Ilustrasi indomie goreng rendang. Photos by Indomie

Simak Perjalanan Luar Biasa Indomie Tembus Pasar Internasional

Selain sate dan nasi goreng, Indomie menjadi salah satu makanan yang dikenal oleh masyarakat dunia sebagai khas Indonesia. Bahkan, mie satu ini bukan hanya sudah berhasil menembus pasar internasional tetapi juga dikategorikan sebagai mie terenak yang dapat mengungguli produk-produk dari negara lain. 

LA Times Instant Ramen Power Rankings dari Los Angeles Times menyebutkan jika rasa Mi Goreng Original dan Barbeque Chicken berhasil menempati urutan pertama dan ke-10 dari 31 mie terenak lainnya.

Bukti lain Indomie mendunia dapat dilihat dari iklan yang dibuat, banyaknya konten youtube luar negeri yang membahas tentang mie buatan Indofood ini. 

Sejarah Produk Indomie Mendunia

Awalnya, mie instan yang pertama di Indonesia ini dibuat oleh PT Sanmaru. Namun, karena adanya akuisisi yang dilakukan, nama perusahaan pun berganti dan lebih dikenal bahwa produk ini dibuat oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. 

Perjalanan Indomie menembus pasar dunia dimulai dari tahun 1988, yang mana PT Indofood mulai melakukan ekspor ke Nigeria. Kemudian di tahun 1995, pabrik pertamanya yang memproduksi mie instan khas ini berdiri di Nigeria, bekerjasama dengan Dufil Prima Foods. 

Baca Juga: Nunuk Nuraini, Peracik Bumbu Indomie Meninggal Dunia

Dengan adanya pabrik di Nigeria, Indofood telah berhasil menjalankan global production network (GPN) yang mana memberi banyak keuntungan. Seperti, mengurangi biaya produksi, meningkatkan nilai produk, serta dapat dengan mudah masuk ke pasar internasional melalui relasi-relasi yang ada. 

Dari sanalah, awal mula perjalanan produk mie instan Indonesia ini yang berhasil dikenal di 80 negara di dunia. Bahkan, sudah 20 tahun lebih Indofood memasuki pasar internasional untuk mengenalkan mie instan ini. 

Alasan Di Balik Ketenaran Indomie

warmindo
Sumber Foto: istockphoto

Alasan Indomie mendunia dan dapat disandingkan dengan produk-produk mie instan buatan Korea, Jepang, Singapura, hingga China karena bumbu khas cita rasa nusantara yang digunakannya. Alasan lainnya ialah: 

1. Kelezatan rasanya yang tiada tanding

Dengan memiliki kelezatan rasa yang berbeda daripada mie instan lainnya, mie ini menjadi yang paling diminati. Rasa gurih yang diperoleh dari bumbu dan pelengkapnya, tidak mudah dilupakan ketika sudah dimakan. Maka, tidak heran jika banyak orang asing yang mudah menerima rasa dari bumbu mie instan buatan Indofood ini. 

2. Banyak varian rasanya

Mie instan yang sudah ada sejak tahun 1972 ini memiliki banyak varian rasa yang memanjakan lidah. Mulai dari rasa original yang dinobatkan sebagai mie terenak di dunia hingga rasa ayam bawang, soto, mie goreng rendang, dan banyak lagi. 

3. Harga yang murah

Dibanding produk mie instan lainnya, produk Indofood ini tergolong lebih murah harganya. Di Amazon sendiri, per pack yang berisi 30 bungkus dapat dibeli dengan harga $35 untuk rasa original dan $22 untuk rasa hot & spicy

4. Cocok diolah dengan apa saja

Mie instan yang mendunia ini bisa diolah dengan berbagai cara dan ditambahkan toping apa saja. Mulai dari telur, sosis, hingga sayur dan daging. 

Baru-baru ini, viral ada warmindo yang dibuka di Amerika. Menu andalan yang disajikan pun merk ini yang menjadi ciri khas. Nyatanya, itu bisa diterima dengan mudah oleh masyarakat Amerika lantaran cita rasanya yang sudah khas dan dikenal publik. 

Selain Indomie yang berhasil menembus pasar internasional, kamu tentunya juga ingin bisa jalan-jalan keliling dunia dengan mudah tanpa harus pusing memikirkan dana masa tua, kan? 

Langsung saja jadi pendana di Amartha dan modalin CEO UMKM yang memiliki usaha Warmindo di pedesaan. Dengan modal investasi mulai 100 ribu aja kamu sudah bisa mendapatkan peluang keuntungan sampai 15% flat per tahun lho.

Jadi, jangan tunggu nanti-nanti. Mulai berinvestasi dari sekarang dan manfaatkan promonya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here