Ini Peraturan dan Persiapan Pensiun Dini Karyawan Swasta!

0
619

Sekarang, kamu mungkin sedang sangat semangat untuk bekerja. Tapi, apakah kamu pernah berpikir jika ada waktunya untuk pensiun dini karena usia yang sudah tidak produktif lagi? Agar bisa menghadapi moment tersebut, kamu harus melakukan sejumlah persiapan. Sebenarnya, persiapan pensiun dini karyawan swasta tidak berbeda jauh dengan profesi lain. 

Meskipun sering mendengar kata ini, apakah kamu tahu definisi dari pensiun dini? Pensiun dini merupakan karyawan yang memutuskan untuk melakukan percepatan pensiun. Pensiun dini umumnya dilakukan 10 tahun lebih awal bila dibandingkan dengan usia pensiun yang umum. 

Nantinya, karyawan yang melakukan pensiun dini juga akan memperoleh sejumlah haknya. Hak pensiun dini ini adalah uang pesangon atau uang penghargaan masa kerja.

Syarat Pensiun Dini Karyawan Swasta

Jangan salah, tidak semua karyawan bisa memperoleh pesangon pensiun dini. Pihak perusahaan swasta sudah tentu akan menetapkan sejumlah syarat yang harus dipenuhi karyawan ketika memutuskan pensiun dini. 

Berikut aturan pensiun dini karyawan swasta, antara lain:

  1. Berusia minimal 45 tahun hingga 50 tahun
  2. Minimal masa kerja 10 tahun, hingga 20 tahun, tergantung kebijakan perusahaan
  3. Menyerahkan permohonan pensiun dini
  4. Surat keterangan status perkawinan
  5. Kartu keluarga
  6. Surat nikah
  7. Surat keterangan daftar keluarga
  8. Pas foto 3×4 cm. 

Persiapan Pensiun Dini Karyawan Swasta

Selain melakukan perhitungan pensiun dini, kamu juga harus mempertimbangkan berbagai hal sebelum pensiun dini ini. Mengapa hal ini penting? Karena pensiun dini erat kaitannya dengan kelangsungan hidupmu berikutnya. 

Oleh sebab itu, kamu tidak boleh mengambil keputusan pensiun dini dengan mudah tanpa sejumlah persiapan. Lebih-lebih jika kamu memiliki sejumlah tanggungan. Berikut persiapan yang harus dilakukan saat ingin pensiun dini, antara lain:

Kondisi Finansial

Salah satu pertimbangan utama yang harus dilakukan ketika memutuskan pensiun dini adalah kondisi finansial sekarang ini serta kondisi finansial di masa mendatang. Bila kamu menganggap pesangon pensiun dini karyawan swasta tersebut cukup untuk menopang kehidupanmu, lebih baik kamu menghilangkan anggapan tersebut. 

Ketika pensiun dini, kamu harus benar-benar siap secara finansial, sehingga kamu harus memiliki sejumlah tabungan dan bisnis lain ketika masih bekerja. Persiapan finansial menjadi hal penting karena sesudah pensiun, kamu tidak memperoleh gaji bulanan seperti biasa. 

Baca Juga: Ini Dia Syarat Pensiun Dini, Yuk Persiapkan dari Sekarang!

Aktivitas Sesudah Pensiun

Ketika bekerja, kamu tentu sudah mempunyai rutinitas setiap hari. Bagaimana saat pensiun nanti? Semua tentu akan berubah. Lantas, apa yang akan kamu lakukan sesudah pensiun? Apakah kamu akan beristirahat atau melakukan hal lain?

Pastikan kamu telah merencanakan kegiatan ketika sudah pensiun, sehingga kamu tidak akan merasa bosan, apalagi jika ketika bekerja, kegiatanmu akan sangat padat, jangan sampai kamu kesepian karena sudah pensiun. 

Sumber Penghasilan Sesudah Pensiun

Pertimbangan lain saat akan pensiun dini karyawan swasta yang harus dilakukan adalah sumber penghasilan sesudah pensiun. Mungkin kamu ingin segera pensiun dini karena menganggap jika sudah mempunyai tabungan yang banyak. 

Namun, bagaimana jika tabungan yang kamu anggap “banyak” tersebut belum cukup? Apalagi jika kamu masih harus membayar sejumlah tagihan dan berbagai tanggungan yang lain.

Solusinya adalah kamu bisa menggunakan tabungan tersebut untuk berinvestasi sehingga bisa memperoleh passive income. Ada berbagai contoh investasi yang bisa dijadikan pilihan seperti saham, emas, properti, atau melakukan pendanaan di Microfinance Marketplace Amartha. Selain menambah passive income, berinvestasi di Amartha turut serta dalam membantu UMKM di seluruh pelosok Indonesia dan kamu sebagai lender dapat memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun. So, yuk segera bergabung dengan Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here