Ini Pentingnya Manajemen Waktu dan Tips Mengelolanya

0
104
Ilustrasi pentingnya manajemen waktu. sumber: www.freepik.com
Ilustrasi pentingnya manajemen waktu. sumber: www.freepik.com

Dalam dunia kerja yang profesional, manajemen waktu merupakan sebuah skill yang harus dimiliki setiap pekerja. Sebenarnya, apa pentingnya manajemen waktu? Keahlian manajemen waktu ini bisa menjadi cara agar kamu dapat mengembangkan karir dengan cepat. 

Bukan hanya mengelola waktu dengan maksimal, manajemen waktu juga akan membantumu menyelesaikan semua pekerjaan dengan tepat waktu. Bahkan, kualitas serta produktivitas kerja juga dapat meningkat, dan kamu akan terlihat sebagai karyawan yang handal di kantor. 

Pentingnya Manajemen Waktu

Manajemen waktu merupakan keterampilan yang penting dimiliki dalam dunia kerja. Tujuan manajemen waktu, untuk karyawan adalah menuntaskan pekerjaannya dengan cepat. 

Bukan hanya hal tersebut, berikut sejumlah manfaat dari manajemen waktu yang harus kamu tahu, yaitu:

  • Pekerjaan menjadi jauh lebih teratur
  • Cita-cita akan menjadi lebih jelas
  • Dapat meningkatkan kualitas produktivitas
  • Waktu luang dapat digunakan untuk meningkatkan softskill lain
  • Mengurangi stress
  • Fokus kerja dapat meningkat. 

Fungsi Manajemen Waktu

Selain sejumlah manfaat, berikut fungsi dari manajemen waktu, antara lain:

1. Tugas Menjadi Tertata dengan Rapi

Saat kamu dapat mengelola waktu dengan baik, tugas bisa tertata dengan rapi, karena kamu melakukannya secara bertahap, dan tidak tergesa-gesa sehingga bisa menghasilkan hal yang sempurna. 

2. Mempercepat Urusan

Dengan mengelola waktu secara maksimal, manfaat manajemen waktu yang kamu dapatkan juga membuat tugas menjadi lekas selesai. 

3. Melatih Kedisiplinan

Ketika kamu mengatur waktu dengan baik, hal tersebut bisa digunakan sebagai patokan agar tidak menunda pekerjaan. Sehingga kamu bisa menjadi orang yang disiplin. 

Baca Juga: 5 Tips Manajemen Waktu agar Kerja Lebih Efektif

Tips Manajemen Waktu yang Baik

Setelah mengetahui pentingnya manajemen waktu, kamu ingin mencobanya bukan? Walaupun manajemen waktu merupakan hal yang terkesan mudah, tetapi manajemen waktu bukan hal yang ringan. 

Keterampilan ini memerlukan komitmen serta mendorong seseorang agar lebih teratur. Berikut langkah melakukan manajemen waktu, yaitu:

1. Sesuaikan Ritme Kerjamu

Agar bisa memiliki manajemen waktu yang baik, kamu harus menyesuaikan ritme kerja. Tidak sedikit orang yang bekerja lebih baik ketika tertekan. Umumnya, akan timbul kreativitas ketika mulai terdesak. 

Tetapi, ada pula yang hanya dapat bekerja dengan baik ketika memiliki waktu lebih banyak. Setiap individu mempunyai pola kerja masing-masing, kamu bissa menyemimbangkan praktik manajemen waktu dengan ritme kerjamu. 

2. Gunakan Teknik Manajemen Waktu

Salah satu cara yang tepat untuk melakukan manajemen waktu ialah menggunakan teknik manajemen waktu yang tersedia. Menggunakan teknik ini bisa membuatmu lebih mudah mengatur waktu serta jadwal sehari-hari. 

Bukan hanya itu, pilihan tekniknya juga tidak sulit dilakukan, khususnya di lingkungan kerja. Contohnya, kamu dapat menggunakan teknik podomoro. Saat menggunakan teknik ini, kamu hanya harus menentukan waktu kemudian focus dalam waktu tersebut. 

Caranya, kamu hanya perlu memasang waktu selama 25 menit,l sesudah waktu habis, kamu bisa mencatat hal yang bisa kamu kerjakan. Kemudian, kamu bisa beristirahat selama 5 menit. Sesudah 4 ronde, waktu istirahat bisa ditambah menjadi 15 hingga 30 menit. 

3. Bagi Aktivitas Sesuai Durasi

Membagi waktu sesuai dengan durasi juga bisa dilakukan untuk membuat manajemen waktu yang efektif. Dengan menggunakan metode ini, kamu tidak perlu pusing memikirkan jadwal yang padat serta memakan waktu. Metode ini juga bisa mengurangi stress serta meningkatkan produktivitas. Setelah mengetahui pentingnya manajemen waktu dan berhasil mengelolanya dengan baik, berikutnya adalah mengelola keuangan.

Kamu bisa mulai mengelola keuangan dengan melakukan investasi yang mudah. Salah satunya adalah dengan investasi di microfinance marketplace Amartha. Di sini, kamu bisa menjadi lender hanya dengan modalin mulai dari Rp 100.000 aja sekaligus bisa membantu UMKM di seluruh Indonesia. Kamu bahkan bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here