Home Lifestyle Ini Pelajaran Finansial di Film Confession of a Shopaholic

Ini Pelajaran Finansial di Film Confession of a Shopaholic

|

|

|

Pernahkah Anda menonton film atau membaca novel Confession of a Shopaholic karya Sophie Kinsella? Film ini menceritakan tentang seorang perempuan yang bernama Rebecca Bloomwood. Dia mengalami kecanduan untuk berbelanja. Meskipun film itu dikemas dengan genre romantis-komedi, ternyata ada banyak pelajaran mengenai finansial yang dapat kita pelajari. Apa saja?

Hindari Impulsif Buying

Impulsif buying adalah salah satu kelemahan dari Rebecca Bloomwood. Dia mengorbankan seluruh rekening banknya untuk membeli pakaian. Padahal, lemari pakaiannya sudah penuh. Bahkan, sebagaian besar pakaiannya tidak terpakai. Dari hal itu, kita dapat mempelajari bahwa ada baiknya Anda berpikir terlebih dahulu sebelum membeli pakaian atau barang. Bisa saja, barang itu tidak berguna.

Tanyakan beberapa pertanyaan pada Anda seperti, Apakah saya akan menggunakan barang tersebut lebih dari sekali? Apakah pembelian ini akan cocok dengan saya? Atau, Apakah barang ini cocok dipadukan dengan barang lainnya?

Lalu bagaimana dengan pembelian online yang saat ini sedang tren? Cara termudahnya adalah dengan berhenti berlangganan dari email mereka. Selain itu, sediakan uang tunai, dan periksa juga suasana hati sebelum berbelanja.

Ubah Tempat Berbelanja

Mencari lokasi berbelanja sesungguhnya bisa menghemat keuangan Anda. Anda dapat membeli barang bekas yang masih layak pakai. Bahkan barang-barang milik pribadi yang tidak terpakai bisa dijual di pasar atau situs jual-beli barang bekas lho. 

Ada keuntungan dengan membeli barang bekas seperti mendapatkan barang dari desainer terkenal atau barang langka dengan harga yang sangat murah. Menguntungkan, bukan?

Mencari Kerja Sampingan

Manfaatkan waktu luang Anda dengan mencari pekerjaan sampingan. Keuntungan mencari pekerjaan sampingan selain menghasilkan uang adalah dapat mengasah keterampilan dan mendapatkan pengalaman untuk peluang karir di masa depan. 

Mari ingat  enggak cita-cita Rebecca di film ini yang ingin bekerja di majalah fashion Alette? Dia sempat ditolak majalah itu, tetapi diterima di majalah Successful Savings yang fokus membahas seputar keuangan. Jadi jangan pernah menyerah untuk menggapai cita-cita ya?

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Eri Tri Angginihttp://museumberjalan.id
Lulusan Ilmu Sejarah yang nyasar ke financial services. Kindly check museumberjalan.id untuk dapatkan informasi seputar sejarah & sosial budaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...