Home Lifestyle Ini Makanan Khas Jawa Timur yang Patut Dicoba

Ini Makanan Khas Jawa Timur yang Patut Dicoba

|

|

|

Indonesia memiliki pelbagai kuliner enak di nusantara. Dari Sabang sampai Merauke, pelbagai kuliner terenak seperti Rendang (Sumatera Barat), Ayam Rica (Sulawesi Utara), Gudeg (Yogyakarta) dan Rawon (Jawa Timur) tersajikan di Indonesia.

Bahkan, usaha kuliner menjadi salah satu usaha yang paling dicari oleh generasi milenial atau anak muda. Rendang menjadi salah satu makanan terenak sedunia versi CNN. Tapi, tahukah anda makanan terenak juga ada di Jawa Timur? Ya, ada pelbagai makanan khas Jawa Timur yang patut anda coba.

Pecel

Pecel merupakan makanan khas Jawa Timur yang terdiri dari kangkung, kacang panjang, kol, irisan timun, dan tauge. Kemudian, sayur itu dicampur dengan sambal kacang. Terkadang, pecel dimakan.

Rawon

Rawon biasa menggunakan daging sapi dengan bagian sandung lamur.  Dengan resep bumbu sup yakni bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, kemiri, serai, kunir, cabai, kluwek, garam, serta minyak nabati. Biasanya, Rawon  disajikan dengan nasi, tauge kecil, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal.

Rujak Cingur

Cingur diambil dari bahasa Jawa yang berarti mulut. Ini karena, Rujak Cingur memakai moncong sapi yang direbus dihidanganya. Makanan ini terdiri dari irisan buah seperti timun, kerahi , bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong serta ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo, cingur. Kemudian, dengan tambahan sayuran seperti taoge, kangkung, dan kacang panjang.

Tahu Tek

 Tahu tek terdiri dari tahu goreng dan lontong yang dipotong kecil-kecil dengan tambahan kentang goreng, taoge, ketimun dipotong kecil-panjang (seperti acar), lalu setelah disiram dengan bumbu di atasnya, ditaburkan kerupuk udang yang bentuknya kecil dengan diameter sekitar 3 cm.

Beberapa pelaku usaha mikro perempuan di Amartha mempunyai usaha di bidang kuliner. Ada pelbagai kisah sukses mitra usaha Amartha  yang berhasil membangun bisnisnya seperti Ibu Ade (usaha bubur ayam), Ibu Marnah (usaha catering) dan Ibu Sri (warung makan). Mereka merupakan perempuan tangguh yang sukses berkat usaha kuliner. Anda pun bisa memberikan pendanaan kepada ibu-ibu yang bergerak di usaha kuliner di amartha.com.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...