Ini Dia Tips Berhemat Untuk Masa Depan yang Cerah

0
387
Hidup Emat
Photo by Pexels.com

Membuat keuangan menjadi lebih stabil bisa diawali dengan menabung atau menerapkan gaya hidup hemat. Penghasilan yang besar sekalipun tidak akan membuat Anda menjadi kaya jika Anda tidak dapat menerapkan cara hidup yang hemat. Untuk itu, Anda harus selalu berhemat dalam segala hal terutama dalam mengendalikan keinginan dan gaya hidup.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menghemat uang atau penghasilan Anda setiap bulannya. Menghemat uang juga bisa menjaga keamanan finansial Anda di masa depan, sehingga Anda akan memiliki anggaran tambahan untuk berlibur misalnya atau untuk investasi yang menguntungkan. Anda juga bisa menghemat dengan menabungkan sebagian penghasilan Anda.

Tips Menghemat demi Masa Depan

Gaya hidup yang berlebih bisa membuat kondisi keuangan Anda menjadi tidak stabil, maka dari itu Anda harus melakukan penghematan sekarang juga dengan melakukan beberapa cara berikut ini :

1. Merancang Pembagian Biaya Hidup
Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam berhemat adalah melakukan rancangan pembagian biaya, yang tujuannya adalah untuk membuat keuangan menjadi lebih seimbang sehingga uang yang Anda dimiliki hanya dikeluarkan untuk kebutuhan pokok bulanan, keinginan pribadi dan tabungan saja.

Perbandingan biayanya yaitu kebutuhan utama sebanyak 50%, keinginan pribadi sebanyak 30% saja dan tabungan sebesar 20%

Baca Juga : Toxic Work Environment; Kenali dan Tanggapi dengan Positif Webinar#KitaJanganMenyerah Vol 01

2. Mengunduh Aplikasi Keuangan
Untuk lebih mudah mengatur keuangan Anda, maka Anda juga bisa mengunduh aplikasi khusus keuangan yang dapat mencatat pemasukan serta pengeluaran Anda dalam berbagai kategori yang ada. Ketika Anda mengeluarkan uang maka Anda akan mencatat pengeluaran tersebut pada aplikasi. Anda juga harus mengecek bagaimana pengeluaran setiap akhir bulan.

3. Membuat Prioritas Kebutuhan Utama Didahulukan
Ketika Anda memperoleh penghasilan, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memprioritaskan semua kebutuhan utama lebih dahulu. Contohnya seperti bahan makanan, tagihan setiap bulan, utang piutang dan sebagainya. Setelah itu Anda bisa mengambil sedikit untuk tabungan.

Baca Juga : “Stay Fit In the New Normal” Bersama Salsabila Avinandita! Webinar #KitaJanganMenyerah Vol.02

4. Bersabar Dahulu Sebelum Bisa Membeli apa yang Diinginkan
Ketika akan membeli sesuatu yang diinginkan sebaiknya tahan dahulu sampai Anda yakin bahwa Anda memang sangat membutuhkannya. Pertimbangkan juga apa saja poin plus dan minusnya, ketika Anda membeli barang tersebut. Barang yang Anda inginkan ini mungkin saja tidak mahal, tetapi kebiasaan impulsif itulah yang akan menjadi sumber pengeluaran paling besar.

5. Membuat Rekening Bank Khusus untuk Menyimpan Uang
Anda juga harus memiliki dua rekening bank, yang satu untuk transaksi keluar masuk sehari-hari sedangkan yang lainnya untuk menabung atau menyimpan uang secara khusus. Mencampurkan uang untuk kebutuhan dengan uang simpanan tentu akan membuat Anda menjadi lebih boros.

Ketika Anda memutuskan untuk lebih berhemat dan menyisihkan sebagian penghasilan uang untuk menabung, tentu akan ada banyak godaan untuk membeli ini dan itu. Namun #kitajanganmenyerah dan tetap teguh menabung dan menghemat demi masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here