Ini Dia Cara Menjual dan Membeli NFT di OpenSea

0
692
opensea nft
Ilustrasi Opensea. Photos by Freepik

Tips untuk Bertransaksi NFT di OpenSea

Sebelum menyelami dan menunjukkan cara membeli NFT di OpenSea, mari kita mundur sejenak dan mengingat secara singkat apa sebenarnya token yang tidak dapat dipertukarkan itu.

Non-Fungible Token (NFT) adalah file digital terenkripsi yang disimpan di blockchain. Mereka adalah versi tokenisasi dari item digital, seperti gambar, video, karya seni, dll. Tokenisasi pada dasarnya berarti mengubah aset menjadi token digital yang dapat dipindahkan dan disimpan di blockchain, seperti Ethereum atau Solana.

Meski sudah ada sejak beberapa tahun lalu, tetapi NFT mulai dikenal dan digemari sejak tahun 2020 ketika pandemi Corona mulai menyebar. Saat itu, orang mulai mencari cara agar tetap produktif dengan melakukan transaksi jual beli secara digital. Salah satunya, memanfaatkan NFT yang memberi keuntungan para pelaku seni, sebab keaslian karya mereka akan tetap terlindungi. 

Sedangkan OpenSea adalah platform marketplace NFT yang pertama dan terbesar di dunia yang mempunyai lebih dari 3000 pengguna dengan lebih dari 34 juta NFT yang bisa diperjualbelikan.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Dipelajari dari Ghozali Everyday

Nah, buat kamu yang ingin bisa melakukan transaksi di OpenSea NFT, bisa mengikuti langkah-langkah ini: 

1. Buat Akun di Platform Opensea

Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah membuat akun di OpenSea Indonesia. Kunjungi situsnya memakai MetaMask yang berupa extension di browser. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah ini: 

  • Buat wallet baru dan set kata sandi agar dapat mengamankan crypt wallet tersebut. 
  • Pahami ketentuan yang diberikan sebelum mencentang kotak I Have Read. Dilanjutkan dengan menekan tombol Create
  • Kamu akan diarahkan ke halaman awal MetaMask dan muncul tampilan Secret Recovery Phase. Simpan baik-baik data tersebut. Kemudian masukkan urutan yang sesuai dengan tepat dan benar. 
  • Kemudian klik tombol Confirm, dan akun kamu sudah berhasil dibuat. 
  • Begitu akun sudah aktif, kamu bisa membuka kembali situs OpenSea dengan MetaMask. Cek informasi dengan teliti sebelum klik Next. 
  • Notifikasi kedua akan muncul yang memberikan informasi lanjutan. Klik Next untuk melanjutkan kamu ke halaman ilustrasi situs tersebut yang telah tersambung dengan MetaMask. 
  • Saat itulah, kamu telah berhasil masuk ke marketplace tersebut dan berhasil membuat akun di sana. 

2. Verifikasi Akun

Selesai membuat akun, bukan berarti kamu akan langsung bisa melakukan jual beli NFT di sana. Kamu perlu memverifikasi akun terlebih dahulu. Caranya: 

  • Masuk ke halaman profil dan tekan ikon gerigi. 
  • Pemberitahun untuk Signature Request dari MetaMask akan muncul. Langsung klik Sign. 
  • Masukkan username dan email yang akan digunakan kemudian simpan data tersebut. 
  • Cek email kamu untuk melakukan verifikasi akun, membuktikan jika email tersebut valid. Ketika link verifikasi di email sudah diklik, akunmu sudah berhasil terverifikasi. 

3. Lakukan transaksi

Begitu akun sudah terverifikasi, kamu sudah bisa bertransaksi jual beli NFT di Opensea. Langkahnya: 

  • Pada halaman profil, klik Create dan pilih NFT pada menu dropdown
  • Klik Create New Collection untuk memasukkan NFT yang akan diperjualbelikan. Jangan lupa untuk melengkapi informasi nama dan deskripsinya. Kemudian simpan dan tunggu notifikasi konfirmasi. 
  • Selanjutnya, klik Add New Item untuk mengunggah produk NFT seperti karya seni, musik, gim, atau foto. 
  • Kemudian jenis transaksi menggunakan MetaMask dan tunggu sampai situs marketplace tersebut menyetujui NFT kamu. 
  • Begitu sudah disetujui, NFT kamu akan masuk ke dalam halaman daftar produk jual beli. Klik item kamu dan pilih jual. Masukkan harga dari produk tersebut. 
  • Bila semua tahapan sudah diikuti, produk kamu sudah bisa dibeli oleh publik. 

Itulah cara jual beli NFT di OpenSea. Kamu pun bisa dengan mudah melakukan transaksi investasi di P2P Lending Amartha dengan membuat akun, verifikasi, dan memilih mitra terpercaya yang menjadi tempat berinvestasi. Imbal hasil yang diperoleh akan masuk ke akun dengan sendirinya. Cash flow dapat terpantau dengan mudah melalui aplikasi mobile. Jadi, yuk gabung sekarang juga. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here