Ini Dia 10 CMO yang Membawa Pengaruh Besar di Dunia

0
33
Ilustrasi CMO berpengaruh. sumber: www.istockphoto.com

Peran seorang marketing sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan perusahaan. Apalagi sekelas Chief Marketing Officer (CMO) atau bisa disebut kepala pemasaran. Jelas keberadaanya sangat penting untuk bisnis perusahaan.

Tak hanya untuk perusahaan, seorang kepala pemasaran juga bisa lho mempengaruhi perekonomian dunia. Tentu, untuk kepala pemasaran yang memiliki posisi di perusahaan besar. 

Siapa saja ya?

Deretan CMO Inspiratif di Dunia

CMO adalah sebuah kedudukan eksekutif yang memiliki tanggung jawab untuk mengawasi jalannya divisi pemasaran dan periklanan dalam sebuah perusahaan. Biasanya, jabatan ini hanya ada pada perusahaan rintisan seperti start-up.

Sedikitnya ada 10 kepala pemasaran yang menjadi perhatian dunia. Tindak tanduknya bisa jadi contoh dan juga didengarkan oleh pebisnis. 

1. Greg Joswiak

Greg “Jos” Joswiak adalah seorang Senior Vice President, Worldwide Marketing di Apple Inc. Ia telah bergabung dengan perusahaan teknologi ini sejak Juni 1986. Sementara itu, posisi marketing telah diduduki selama 30 tahun. 

2. Alex Schultz 

Berikutnya ada seorang kepala pemasaran yang juga Vice President of Analytics for Facebook (Meta). Alex Schultz telah menjadi seorang marketing selama 20 tahun. 

Saat ini, Ia bertanggung jawab untuk mempromosikan Facebook. Baik dalam bentuk produk maupun pelayanan.

3. Dara Treseder

CMO di dunia yang ketiga adalah Dere Treseder. Seorang Senior Vice President, head of global marketing and communications di Peloton Interactive. Sebuah perusahaan yang menjual produk kebugaran asal New York.

Treseder sendiri merupakan mantan eksekutif dari Apple. Ia baru bergabung dengan Peloton pada 2020 lalu.

4. William White

CMO yang satu ini berasal dari Walmart, perusahaan toserba dari Amerika Serikat. White telah menjadi Direktur Pemasaran sejak 2013 lalu. Ia telah bekerja di beberapa perusahaan besar seperti Target hingga Coca Cola, sebelum akhirnya di Walmart.

5. Fernando Machado

Kepala pemasaran yang satu ini tergabung dalam perusahaan game Activision Blizzard. Machado dipercaya untuk memperbaiki brand pada bisnis game ini. Untuk mendapatkan pengguna baru dan menambah pemasukan perusahaan.

Baca Juga: Mengenal Jabatan CEO Mulai dari Tugas dan Tanggung Jawabnya

6. Manuel Arroyo

Peran CMO yang satu ini cukup besar di perusahaan Coca Cola. Apalagi, Ia dihadapkan pada krisis karena wabah Covid-19 saat pertama kali menjabat. Tapi hal itu tidak jadi masalah, karena ketangkasan Arroyo saat menjabat.

7. Morgan Flatley

Siapa yang tidak tahu McDonald’s? Perkenalkan Morgan Flatley sebagai kepala pemasaran globalnya.

Perempuan inilah yang menggawangi penjualan Happy Meals dengan target 1 miliar per tahun. Konsep yang diusung pun sangat bagus, karena mengemasnya dengan teknik family marketing.

8. Bettina Fetzer

Siapa sangka jika kepala marketing dari Mercedes Benz adalah perempuan? Ya, Ia bahkan telah bekerja di industri otomotif sejak 2004 silam. Dengan perusahaan ini, Fetzer pun meluncurkan konsep kendaraan garda terdepan.

9. Sarah Franklin

Franklin merupakan seorang Presiden dan Kepala Pemasaran Salesforce. Sebuah perusahaan software asal Amerika Serikat. Sarah fokus untuk memimpin pengembangan Salesforce, meski kerap menjadi satu-satunya wanita.

10. Harish Bhat

Berikutnya ada Harish Bath dari Tata Group India. Ia telah bergabung selama 30 tahun di berbagai jabatan. Sampai akhirnya menjadi kepala pemasaran. 

Selama menjabat, Bhat telah banyak memberikan kemajuan bagi perusahaan. Termasuk dalam bisnis perhiasan dan produk Tata Group lainnya.

Itu dia 10 kepala pemasaran inspiratif di seluruh dunia. Seluruh kepala pemasaran ini tentu saja memahami mengenai investasi. Tentu bisa kamu contoh untuk mengembangkan diri dan meraih merdeka finansial. Salah satu caranya dengan ikut mendanai di microfinance marketplace Amartha.

Tanpa menjadi CMO pun, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Karena, di Amartha kamu bisa mendapatkan imbal hasil sampai 15% flat per tahun.

Kamu juga tak perlu khawatir, karena Amartha sudah terdaftar di OJK dan tentunya berdampak positif dengan modalin UMKM di Indonesia agar lebih maju!

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here