Ini Daftar Kebiasaan yang Bikin Kamu Merdeka Finansial

0
51

Jika ditanya, tentu hampir semua orang pasti menginginkan merdeka secara finansial. Jelas, siapa sih yang tidak menginginkannya? Merdeka finansial sendiri adalah kondisi saat kamu bebas dari segala macam cicilan dan hutang sekaligus tercukupi segala jenis kebutuhan.

Ketika kamu telah merdeka secara finansial, bekerja sudah tidak lagi dilakukan sebagai sarana untuk memenuhi pengeluaran setiap bulan dengan menerima gaji. Bahkan, bekerja hanya menjadi sekadar ajang aktualisasi diri semata.

Nah, untuk mencapai kondisi merdeka secara finansial, kamu tentunya harus mempunyai berbagai kebiasaan finansial yang baik. Berikut ini daftar kebiasaan yang bisa bikin kamu merdeka finansial!

1. Rutin Membuat Rencana Anggaran Setiap Bulan

Salah satu kebiasaan yang bisa membuat kamu merdeka finansial adalah cermat dalam menyusun rencana pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Kamu bisa menyusunnya dengan membuat rencana anggaran setiap bulan. Setiap kali menjelang penerimaan penghasilan rutin, biasakan untuk menyusun rencana anggaran pemasukan maupun pengeluaran.

Caranya mudah kok, kamu hanya perlu menulis beberapa poin penting, yaitu rencana pemasukan dan rencana pengeluaran. Di kolom rencana pemasukan, tuliskan apa saja yang menjadi sumber pendapatan kamu setiap bulan. Lalu, di kolom rencana pengeluaran, tuliskan apa saja rencana-rencana pengeluaran pada bulan depan.

2. Batasi Hutang Konsumtif

Kebiasaan kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan membatasi untuk melakukan hutang konsumtif. Pengertian hutang konsumtif di sini adalah segala jenis pinjaman yang tujuannya untuk barang konsumsi dan tidak punya nilai tambah.

Jenis-jenis hutang konsumtif antara lain yaitu pinjaman kartu kredit, pinjaman tanpa agunan, pinjaman belanja tanpa kartu kredit, dan lain sebagainya. Bila kamu memang bersungguh-sungguh ingin meraih kemerdekaan finansial, mulai sekarang biasakanlah untuk lebih selektif ketika berhutang.

Mulai batasi hutang konsumtif setiap bulannya sehingga keuangan kamu tidak terbebani terlalu lama. Cara lain yang bisa mudah kamu terapkan adalah dengan membiasakan diri membayar lunas seluruh tagihan kartu kredit sehingga bisa terbebas dari beban bunga.

3. Rencanakan Tujuan Keuangan Secara Spesifik  

Memiliki tujuan keuangan secara spesifik akan membantu kamu mengetahui prioritas keuangan apa saja yang perlu dikejar. Dengan begitu, kamu dapat mengelola keuangan pribadi lebih cermat. Namun, perlu diingat, tujuan keuangan yang spesifik mengharuskan kamu menyebutkan secara detail berapa target dana yang ingin dicapai, kapan target pemakaian dana, dan bagaimana cara  meraihnya.

4. Selalu Menyisihkan Pendapatan untuk Dana Darurat

Kebiasaan terakhir yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah menyisihkan pendapatan untuk dana darurat. Hal ini penting sekali untuk kamu siapkan karena bisa  membantu saat menghadapi kondisi mendesak yang membutuhkan dana tunai secepatnya. Dengan membangun dana darurat dalam jumlah yang memadai, kamu bisa terhindar dari berhutang ketika terdesak.

Dana darurat jelas penting dipersiapkan karena tidak ada yang bisa memprediksi masa depannya sendiri. Salah satu alternatif dana darurat yang bisa kamu coba yaitu dengan bergabung menjadi pendana di Amartha.

Mengapa harus Amartha? Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya bisa diambil kapan saja.

Jadi, kamu sudah tertarik untuk bergabung jadi pendana di Amartha?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here