Ini Cara Traveling Tanpa Bikin Dompet Kering

Traveling bagi sebagian orang khususnya generasi millennial bukan hanya sekedar kebutuhan tapi sudah menjadi gaya hidup, bahkan muncul istilah “experience buying”, dimana generasi millennial kelas menengah memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi produk yang sifatnya memberikan sensasi emosional (user experience), seperti diantaranya traveling.

Aktivitas traveling ini tentunya membutuhkan biaya yang tidak kecil, dengan demikian jika kita melakukannya tanpa disertai perencanaan keuangan yang baik tentunya akan berdampak pada kondisi keuangan kalian sendiri, nggak mau dong pastinya traveling tapi keuangan kita kering, bahkan menyisakan hutang?

Nah jangan khawatir, bagi kalian para travelers sejati berikut 6 tips untuk bisa tetap jalan-jalan asik tanpa bikin isi dompet kita kering :

1. Tentukan Destinasi Traveling Sesuai Dengan Budget

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih destinasi traveling yang sekiranya masih sesuai dengan kemampuan finansial kita, ada banyak pilihan destinasi lokal yang tentunya menawarkan pengalaman yang sama namun dengan biaya yang relatif lebih bersahabat.

Anete Lusina, Unsplash

Anete Lusina, Unsplash

2. Buat Anggaran Biaya Traveling

Traveling membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dengan demikian penting bagi kita untuk merencanakannya jauh-jauh hari seperti menentukan tanggal hingga mempersiapkan biayanya. Kalian perlu membuat anggaran biaya supaya memiliki gambaran berapa biaya yang perlu disiapkan, seperti biaya transportasi, penginapan, biaya makan, tiket, tour guide, hingga oleh-oleh. Manfaatnya pertama kita bisa merencanakan traveling sesuai dengan kemampuan finansial kita, kedua hal tersebut bisa membantu kita disiplin mengeluarkan uang sesuai dengan alokasi yang sudah ditentukan.

3. Persiapkan Budget Jauh-Jauh Hari

Setelah kita mengetahui berapa anggaran biaya yang dibutuhkan ada baiknya jika kita mempersiapkan budget traveling sejak jauh-jauh hari, umumnya minimal 6 bulan sebelumnya. Tentunya biaya traveling yang cukup besar akan terasa ringan jika kita mencicilnya dengan menabung secara rutin setiap bulan, dibandingkan harus langsung mengeluarkan budget besar secara langsung.

4. Rajin Cari Program Promo

Dengan adanya kemudahan akses internet dan berbagai aplikasi OTA (online travel agencies) yang menawarkan berbagai program promo transportasi, penginapan, tiket wisata, hingga diskon makan selama liburan tentunya perlu kita manfaatkan, tujuannya untuk menekan biaya liburan kita, kan asik tuh kalo bisa saving lewat memanfaatkan program promosi.

Steven Lewis, Unsplash

Steven Lewis, Unsplash

5. Bergabung Dengan Komunitas Traveler

Coba deh gabung dengan komunitas traveler, selain kamu bisa dapet kenalan yang bisa kamu tanyain seputar destinasi travelingmu. Sebagai sesama traveler tentunya bisa saling memahami bagaimana kondisi selama traveling, siapa tahu ada tawaran dari kenalan untuk menginap dirumahnya yang kebetulan berada di tempat tujuanmu, tak jarang saat menginap diberi jamuan juga, belum lagi kalau dikasih fasilitas transportasi. Bisa sangat hemat bukan? Tidak hanya itu bergabung dengan komunitas traveler biasanya kalian bisa mendapatkan informasi paket traveling secara berkelompok (group) yang menawarkan budget murah, tentunya ini juga bisa menjadi solusi bagi kalian yang ingin traveling tanpa bikin dompet kering.

6. Tawarkan Jasa Titip

Masih ingat pepatah sambil menyelam minum air? nah ini pun bisa kamu lakukan saat traveling, cari tahu barang-barang apa saja yang unik dan menjadi daya tarik di destinasi wisata yang kamu tuju, lalu googling juga dimana kamu bisa mendapatkan barang-barang itu dengan harga yang murah, selanjutnya kita tawarkan jasa titip ke teman atau keluarga dekat. Kamu bisa kamu manfaatkan Instastory untuk melakukan hal ini bahkan saat berbelanja nanti, karena semakin banyak yang tertarik, semakin banyak uang tambahan yang bisa kamu tarik, lumayan kan traveling kamu jadi produktif dan menghasilkan. Selain itu bagi kalian yang suka traveling ke luar negeri juga bisa memanfaatkan aplikasi jasa titip barang dari luar negeri lewat traveler seperti airprov, dimana kamu tinggal daftar sebagai traveler yang menawarkan jasa titip barang.

7. Pendanaan di Peer To Peer Lending

Dengan pendanaan di P2P lending Anda mendapatkan keuntungan. Di Amartha, Anda dapat melakukan pendanaan mulai dari Rp 3 Juta. Anda dapat lakukan pendanaan sambil memberikan dampak sosial bagi ekonomi di pedesaan. Ini karena, Amartha menyasar pengusaha mikro perempuan di pedesaan. Anda juga mendapat keuntungan sekitar 15 persen. Untuk informasih lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi Amartha.com.

Artikel ini merupakan hasil kerjasama Amartha dengan Halofina.

 

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
LINKEDIN
%d bloggers like this: