Ini Cara Menghitung Dana Pensiun yang Tepat!

0
730
Ilustrasi menghitung dana pensiun. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi menghitung dana pensiun. sumber: www.pexels.com

Tahukah kamu, jika mempersiapkan dana pensiun dapat menjadi pilihan yang wajib untuk dilakukan saat ini? Namun, terkadang masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara menghitung dana pensiun yang benar dan tepat.

Masa pensiun seharusnya menjadi waktu beristirahat dan santai. Tentu kamu tidak ingin di usia yang sudah tidak produktif masih harus bekerja dan memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Terdapat berbagai cara untuk menghitung dana pensiun yang dapat kamu gunakan dengan menyimak artikel di bawah ini.

Cara Menghitung Dana Pensiun dengan Tepat

Menghitung dana pensiun memang aktivitas yang agak rumit dan membutuhkan persiapan yang matang. Sebelum mengetahui bagaimana cara menghitung dana untuk pensiun tersebut, berikut ini tips agar dapat mengumpulkan dana pensiun, yaitu:

  • Mengontrol arus pengeluaran uang sehari-hari
  • Mencari penghasilan tambahan
  • Memulai untuk produktif kerja sedini mungkin
  • Pilihan investasi yang tepat dan jelas
  • Fokus untuk menata tujuan jangka panjang

Jika kamu ingin menghitung uang pensiun yang wajib kamu persiapkan ketika hari tua nanti. Tidak ada salahnya untuk menggunakan kalkulator dana pensiun. Kalkulator ini tersedia di internet dengan mudah. Kamu sangat amat dapat mengaksesnya dengan mudah dan cepat.

Di dalam kalkulator persiapan dana pensiun tersebut terdapat aspek-aspek penduduk seperti:

  • Usia saat ini
  • Usia masuk masa pensiun
  • Usia harapan hidup
  • Perkiraan pengeluaran per bulan di masa pensiun
  • Jumlah aset atau tabungan yang dimiliki saat ini
  • Tingkat inflasi di Indonesia

Perhitungannya tabel dana pensiun seperti ini, contohnya kamu adalah seseorang berusia saat ini yaitu 27 tahun dan ingin masuk usia pensiun pada 65 tahun. Usia harapan hidup kamu adalah 80 tahun, dan perkiraan pengeluaran per bulan di masa pensiun adalah Rp3 juta. Kamu memiliki aset saat ini Rp200 juta dan tingkat inflasi di Indonesia sebanyak 6%.

Maka perhitungannya adalah dana pensiun yang kamu perlukan adalah Rp5 miliar dengan perhitungan dana sebesar Rp3 juta untuk disisihkan ke dalam investasi setiap tahunnya. Menyisihkan 3 juta per tahun agar kamu mendapatkan masa tua yang nyaman bukan suatu yang sulit, bukan?

Usia saat ini27 tahun
Usia masuk masa pensiun (yang diinginkan)65 tahun
Usia harapan hidup80 tahun
Perkiraan pengeluaran (per bulan)Rp3.000.000
Jumlah aset yang dimiliki saat iniRp200.000.000
Tingkat inflasi6,0%
Dana yang diperlukan saat pensiunRp5.337.197.739
Dana yang harus disisihkan per tahunRp3.141.243

Berdasarkan perhitungan dana pensiun di atas, setidaknya kamu wajib untuk memiliki aset yang terbaik dan terpercaya. Karena jika hanya mengandalkan tabungan saja, maka tentu uang kamu akan dapat habis terus menerus.

Memilih investasi dengan keuntungan bunga tinggi akan mengamankan dana pensiun kamu di masa tua. Cara menghitung dana pensiun yang paling tepat adalah dengan tidak mengandalkan dana pensiun dari kantor. Alasannya sederhana saja, kantor tidak menjamin kamu untuk tetap bekerja di situ sampai kamu memasuki usia pensiun kamu.

Akhir kata, dana pensiun merupakan aspek terpenting dalam hidup karena dapat menjamin usia tua kamu lebih sejahtera dan damai. Cara menghitung dana pensiun yang sudah dijelaskan di atas juga begitu mudah sekali didapatkan di berbagai internet.

Mulai mengandalkan investasi sebagai kunci utama persiapan dana pensiun adalah jalan terbaik untuk meraih kebebasan finansial dan menjamin kehidupan tua kamu sejahtera.

Salah satu caranya dengan berinvestasi di microfinance marketplace Amartha. Selain berinvestasi dan memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun, kamu juga bisa mendukung UMKM Indonesia untuk memberikan akses permodalan dengan menjadi lender mulai dengan Rp100.000 aja, loh.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here