Ini Cara Mengatasi Inflasi Untuk Bertahan Hidup!

0
187

Terjadinya kenaikan harga barang dan jasa di suatu negara dalam jangka panjang merupakan indikasi terjadinya inflasi. Kondisi seperti ini tidak terjadi begitu saja, melainkan ada faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi hingga inflasi terus meningkat. Untuk bisa survive, kamu harus mengetahui bagaimana cara mengatasi inflasi. Berikut faktor penyebab dan cara mengatasi adanya inflasi. 

Penyebab Terjadinya Inflasi

Ada beberapa hal yang menyebabkan suatu negara mengalami inflasi, diantaranya adalah: 

1. Meningkatnya Permintaan

Pertama, daya tarik masyarakat yang tinggi terhadap suatu barang atau jasa tertentu. Saat permintaan meningkat sedangkan stok tidak memadai, hal tersebut mengakibatkan terjadinya kenaikan harga. 

2. Meningkatnya Biaya Produksi

Kedua, inflasi muncul karena adanya peningkatan biaya produksi sehingga menyebabkan adanya kelangkaan distribusi atau kelangkaan produksi. Terjadinya kelangkaan distribusi dan  produksi tersebut bisa disebabkan karena beberapa hal, antara lain: 

  • Kenaikan harga dan kelangkaan bahan baku.
  • Kenaikan upah pegawai.  
  • Bencana alam.

3. Tingginya Peredaran Uang

Ketiga, adanya peningkatan jumlah uang yang beredar di masyarakat sehingga harga barang ikut mengalami kenaikan. 

Cara Mengatasi Terjadinya Inflasi 

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan baik oleh masyarakat maupun pemerintah untuk mengatasi inflasi, diantaranya adalah: 

Upaya Pemerintah untuk Mengatasi Inflasi

  • Kebijakan Fiskal

Caranya adalah dengan meningkatkan tarif pajak, melakukan pinjaman, dan mengurangi pengeluaran dari pemerintah. 

  • Kebijakan Moneter

Cara mengatasi inflasi moneter adalah dengan menjaga kestabilan moneter agar kesejahteraan masyarakat kian meningkat. Salah satunya dengan mengendalikan (menambah atau mengurangi) jumlah uang yang beredar di masyarakat. 

  • Kebijakan Non-fiskal dan Non-moneter

Untuk kebijakan yang satu ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

  • Menambah Hasil Produksi

Mengatasi inflasi yang berkaitan dengan non-fiskal dan non-moneter adalah dengan meningkatkan jumlah barang yang beredar di masyarakat. Dengan harapan, perputaran uang akan semakin banyak dan cepat sehingga peredaran uang kembali seimbang. 

  • Mempermudah Perizinan Barang Impor

Cara berikutnya untuk mengatasi inflasi adalah dengan mempermudah masuknya barang-barang impor dan menurunkan pajak. 

  • Menstabilkan Pendapatan Masyarakat

Cara menekan laju pertumbuhan inflasi yang berikutnya adalah dengan menjaga agar pendapatan masyarakat tidak naik. 

  • Menetapkan Harga Maksimum

Cara lain untuk mengatasi inflasi di Indonesia adalah dengan menetapkan harga maksimum dengan harapan agar daya beli masyarakat semakin membaik.  

  • Pengawasan Distribusi Barang

Cara berikutnya untuk mengatasi inflasi adalah dengan mengawasi proses pendistribusian barang agar cepat dialokasikan kepada masyarakat. 

Upaya Masyarakat untuk Mengatasi Inflasi

Pada saat terjadi inflasi, hampir semua kalangan masyarakat akan merasakan dampaknya, terutama dari segi daya beli masyarakat. Untuk bisa bertahan hidup, setidaknya ada 3 cara mengatasi inflasi bagi masyarakat, yakni:

  • Membeli Produk dalam Negeri

Indonesia memiliki berbagai macam produk UMKM dengan beragam kategori yang berkualitas. Dengan membeli produk dalam negeri sama artinya dengan ikut berperan dalam menciptakan permintaan barang sehingga UMKM tersebut tetap bisa berjalan. Dengan demikian, karyawan di dalam UMKM tersebut tetap memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhannya.  

  • Mengelola Pengeluaran dengan Bijak 

Upaya berikutnya adalah dengan mengatur pengeluaran sebaik mungkin karena adanya inflasi belum tentu bersamaan dengan kenaikan pendapatan. 

  • Berinvestasi

Cara berikutnya agar bisa bertahan di tengah inflasi yang kian meningkat adalah dengan melakukan investasi di instrumen atau aset investasi yang kamu percayai. Salah satunya dengan melakukan investasi di microfinance marketplace, Amartha. Bisa modalin mulai dari Rp100.000, kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun dan membuat keuanganmu tetap aman.

Itulah berbagai penyebab dan cara mengatasi inflasi agar tidak terus mengalami kenaikan. So, tunggu apalagi? yuk langsung download dan mulai investasi di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here