Ini Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan. Dijamin Berhasil!

0
267
Ilustrasi menabung. sumber: www.istockphoto.com

Cara menabung 10 juta dalam 3 bulan sebenarnya bukan menjadi hal yang sulit. Asalkan kamu mengetahui tahapan dalam menabung yang baik dan benar. Menabung pada dasarnya adalah kegiatan menyimpan dana agar dapat mencapai tujuan finansial serta mempersiapkan masa depan.  

Setiap orang tentu mempunyai tujuan finansial yang berbeda-beda. Ada orang yang ingin membeli motor, mobil, menikah dan lainnya. untuk mencapai tujuan finansial, menabung juga dibutuhkan untuk persiapan masa depan. Dengan menentukan nominal yang pasti, yaitu Rp10 juta, tentu akan lebih mudah bagimu untuk menyusun rencana. 

Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan 

1. Buat Rencana yang Strategis

Menabung dengan angka Rp10 juta mungkin menjadi jumlah yang banyak dan seperti tidak mungkin. Untuk mengatasinya, kamu bisa membaginya menjadi bagian yang lebih kecil. Bila target menabung Rp10 juta dalam 3 bulan, berarti 1 bulan kamu harus menyimpan dana Rp3.4 juta.

Kemudian dalam seharinya Rp115 ribu per hari. Tips menabung harian yang bisa kamu lakukan adalah mengalokasikan pendapatan sehari sebesar Rp115 ribu. Kamu dapat membandingkannya dengan penghasilanmu atau keluarga. 

Kamu juga bisa membuat hitungan dengan persentase, sehingga bila take home pay bulanan yang kamu miliki adalah Rp8 juta, berarti kamu memerlukan 42% untuk tabunganmu. 

2. Cari Pendapatan Lain

Cara menabung dengan cepat lainnya adalah mencari penghasilan sampingan. Dengan penghasilan Rp8 juta serta harus menyisihkan 42% untuk tabungan, angka ini tentu sangat besar. Bila kamu memiliki pendapatan lain dari pekerjaan sampingan, tentu akan lebih ringan. 

Bila kamu berhasil menemukan pekerjaan sampingan dengan penghasilan sampingan Rp7 juta, kamu hanya perlu menyisihkan 25% dari take home pay. 

3. Sisihkan Uang Setiap Hari

Kamu juga bisa mencoba cara menabung kekinian dengan menggunakan celengan tanggal. Sehingga, setiap hari kamu memasukkan sejumlah uang yang sudah ditentukan ke dalam celengan tersebut. 

Setelah memasukkan uang ke dalam celengan, kamu bisa mencentang tanggalnya. Lakukan terus menerus setiap hari. 

4. Catat Pengeluaran

Cara menabung 10 juta dalam 3 bulan yang lainnya adalah mencatat pengeluaran. Catat seluruh pengeluaran mulai dari jajanan yang kamu beli, barang rumah tangga, dan sejumlah pengeluaran yang lain. 

Sekarang ini cukup banyak aplikasi pencatatan keuangan harian yang dapat dilakukan. Setelah kamu memiliki data yang jelas, atur sesuai dengan kategori. Contohnya seperti untuk belanja bahan makanan, untuk membeli paket data, atau untuk sekedar hangout

Karena memiliki target menabung selama 3 bulan. Sebisa mungkin hindari mengeluarkan uang untuk hal yang tidak perlu seperti membeli baju baru, sekedar nongkrong bersama teman dan lainnya. 

5. Tetapkan Tujuan

Ketika ingin menabung dalam jumlah tertentu, jangan lupa untuk menetapkan tujuan dan target. Kamu bisa mulai dengan memikirkan apa tujuanmu menabung. Contohnya, kamu menabung dalam jangka pendek ini untuk memodifikasi mobil, renovasi rumah atau yang lainnya. 

Dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu akan lebih bersemangat. Contohnya, ketika ingin nongkrong di café, kamu ingat dengan tujuanmu dan memilih untuk langsung pulang. Ketika malas mengerjakan pekerjaan sampingan, kamu ingat dengan tujuanmu, dan melanjutkan bekerja. Cara menabung 10 juta dalam 3 bulan di atas, sangat mudah, bukan?

Selain menabung, kamu juga bisa mencoba investasi di microfinance marketplace Amartha, agar dapat mencapai tujuanmu. Modalin mulai dari Rp100.000, kamu bukan hanya memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun, tetapi kamu juga bisa membantu pendanaan UMKM di pedesaan Indonesia.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here