Home Tech ⚙ Ini Alasan Kenapa Whatsapp, Facebook, dan Instagram Sering Down

Ini Alasan Kenapa Whatsapp, Facebook, dan Instagram Sering Down

Minggu (19/01) lalu, di media sosial ramai dengan tagar #WhatsappDown. Perkara ini sepertinya sering terjadi dalam kurun waktu 2019. Tak jarang hal ini menghambat pekerjaan sejumlah orang. Tagar tersebut juga terjadi tidak hanya di Indonesia melainkan di Malaysia, sebagian wilayah India, Brasil, Inggris, dan Jerman.

Selain Whatsapp, Instagram dan Facebook juga seringkali mengalami down. Lalu, apa yang menyebabkan ketiga aplikasi tersebut sering down? Berikut penjelasannya!

Dilansir dari idntimes.com, pada bulan Oktober 2019 lalu situs The Verge memuat bocoran audio pemaparan Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook di tengah-tengah sharing session bersama para karyawannya. Isinya yaitu:

Facebook Melakukan Tes untuk Memahami Batas dan Kekuatan Sistem

Santosh Janardhan selaku Wakil Presiden Engineering Facebook mengatakan salah satu alasan platform Facebook dan aplikasi lainnya mengalami down karena mereka sedang melakukan banyak tes untuk menguji seberapa baik daya tahan sistem yang mereka miliki.

“Salah satu risiko ketika melakukan uji coba ini yaitu kita memaksakan sistem kita sedikit berlebihan sehingga akhirnya tidak berfungsi dan tidak kita antisipasi sebelumnya.” kata Janardhan dikutip dari The Verge. Janardhan juga menyadari bahwa dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk memulihkan sistem yang tidak berfungsi tersebut.

Baca Juga :  Yuk, Belajar Investasi lewat Aplikasi Investasi Ini!

Pengintegrasian 3 Platform Komunikasi ke Dalam Satu Aplikasi

Harian The New York Times pada Januari 2019 menerangkan bahwa Mark Zuckerberg memiliki ambisi yang besar untuk mengintegrasikan tiga platform komunikasi (Whatsapp, Facebook, dan Instagram) ke dalam satu platform. Rencana pengintegrasian tersebut diperkirakan rampung di awal tahun ini.

Sayangnya ambisi tersebut menimbulkan tanda tanya besar dari para pengguna yang diprediksi mencapai milyaran orang itu mengenai keamanan dan privasinya. Untuk itu kamu perlu mengamankan data privasi menggunakan fitur-fitur yang tersedia.

Gak heran kalau kamu buka ketiga aplikasi tersebut yang sudah diperbarui akan muncul logo facebook. Semoga saja tagar #WhatsappDown kemarin jadi yang terakhir ya!

Subscribe to Our Newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...

5 Lapisan Mitigasi Risiko Ini Ada di Amartha

Sebelum memulai pendanaan di dunia fintech, Anda harus mengetahui risiko dan keamanan yang dilakukan perusahaan tersebut. Hal ini...