Ini 7 Cara Agar Bisnis Bisa Ekspor. Yuk Tiru!

0
536
cara agar bisnis bisa ekspor
Photos by Ketut Subiyanto (Pexels)

Cara Agar Bisnis Bisa Ekspor Untuk Pemula

Di zaman modern seperti sekarang, cara agar bisnis bisa ekspor bukan lagi suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Karena, kini berbagai informasi dapat kamu temukan dengan mudah melalui internet, termasuk cara bisnis ekspor ini.

Jika diperhatikan saat ini sudah banyak pelaku bisnis lokal yang produknya sudah merambah hingga ke manca negara. Pemerintah juga kini sudah memberikan kemudahan agar bisnis lokal bisa ekspor dengan lancar.

Saat ini, banyak sekali perusahaan yang telah menyediakan jasa untuk pemasaran produk ekspor ke negara lain dengan kuantiti yang minim. Itu sebabnya, banyak pebisnis yang memiliki modal minim tertarik untuk menambah jangkauan bisnisnya hingga ke luar negeri.

Baca Juga: 5 Produk yang Prospek untuk Bisnis Ekspor

Lalu, jika kamu ingin seperti itu juga, bagaimana caranya? Jangan khawatir, karena di bawah ini kami bongkar 7 cara untuk bisa ekspor barang bagi pemula.

7 Cara Agar Bisnis Bisa Ekspor Barang Bagi Pemula 

Sumber Foto: Pexels

Tidak usah merasa pesimis karena kamu seorang pemula, dengan cara-cara berikut ini kamu juga bisa membawa bisnis kamu terbang ke luar negeri. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Pilih Produk Ekspor

Sebelum memutuskan untuk ekspor barang ke luar negeri, sebaiknya kamu memilih produk dengan kualitas terbaik. Pelajari dengan detail produk tersebut dari mulai bahan baku, packaging, hingga cara penggunaannya.

Pilihlah produk dengan masa kadaluwarsa yang panjang dan bisa digunakan oleh banyak orang. Meskipun ekspor, kamu juga tetap bisa memilih produk dengan metode penjualan pre-order untuk costumer.

2. Tetapkan Negara Tujuan Ekspor

Untuk bisa menetapkan negara tujuan dengan benar, kamu bisa menganalisa budaya masyarakat di negara tersebut. Apakah di negara tersebut merupakan pangsa pasar yang cocok dengan produk yang kamu jual atau tidak.

3. Daftarkan Website Bisnis ke Portal Bisnis Internasional

Saat ini, hampir semua orang mencari tahu barang yang mereka butuhkan di internet. Sehingga sudah seharusnya kamu mendaftarkan website bisnis kamu ke portal bisnis internasional agar mudah ditemukan oleh calon importir atau pelanggan.

4. Lengkapi Dokumen Ekspor

Hal penting yang tidak boleh sampai dilupakan adalah melengkapi dokumen ekspor, termasuk izin ekspor. Dokumen yang lengkap ini akan membantu kamu dalam proses administrasi ketika barang sudah sampai di negara tujuan.

5. Manfaatkan Fasilitas Dari Pemerintah

Saat ini pemerintah Indonesia telah menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung kemajuan bisnis lokal, termasuk ekspor barang ke luar negeri. Dalam situs resminya, sudah terdaftar banyak data perwakilan perdagangan nasional yang ada di lima benua.

6. Manfaatkan Media Sosial Marketing

Cara agar bisnis bisa ekspor yang paling mudah ialah dengan memanfaatkan media sosial untuk mempublikasikan produk yang kamu jual. Karena, seperti yang kita tahu media sosial bisa menjangkau banyak orang dari berbagai negara.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial ini untuk memperkenalkan produk kepada calon pelanggan dari negara lain. Strategi marketing menggunakan media sosial ini sangat efektif, karena dengan yang minim, bisa menjangkau calon pelanggan dari mana saja.

7. Mengikuti Pameran Produk Ekspor

Selain menggunakan media sosial, cara ekspor barang juga bisa dilakukan dengan cara mengikuti pameran produk ekspor. Di sana, kamu bisa mengenalkan produk yang kamu jual kepada calon pembeli yang datang dari negara lain.

Selain itu, ketika kamu mengikuti pameran seperti ini, brand awareness produk kamu akan meningkat. Kamu juga akan mendapatkan wawasan lebih, memperbanyak jaringan bisnis, dan mendapatkan informasi yang lebih valid mengenai ekspor barang. 

Jika nanti  cara agar bisnis bisa ekspor sudah berhasil kamu ikuti, jangan lupa untuk menginvestasikan penghasilan kamu di situs investasi Amartha agar uang kamu bisa terus berkembang. Keuntungannya mencapai 15% flat per tahun lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here