Home Syariah ☪ Ingin Nabung dengan Sistem Syariah? Begini Caranya!

Ingin Nabung dengan Sistem Syariah? Begini Caranya!

Sebagai seorang muslim, sudah sepatutnya kita menjalankan berbagai aspek kehidupan di dunia sesuai dengan syariat Islam agar kehidupan yang dijalani penuh berkah. Tak terkecuali dalam hal mengatur keuangan. Berikut ini beberapa tips mengatur keuangan yang sesuai dengan syariat Islam.

  • Selalu usahakan menghindar dari hutang sekecil apapun

Hutang memang selalu menjadi jalan termudah untuk menyelesaikan himpitan ekonomi. Namun sayangnya, dalam Islam sangat tidak dianjurkan untuk berhutang jika tidak dalam kondisi terpaksa.

Dalam HR. At Tirmidzi No. 1079, disebutkan bahwa “Jiwa seorang mukmin tergantung karena hutangnya, sampai hutang itu dilunaskannya.”

Solusinya adalah dengan membeli sesuatu seusai dengan standar hidup diri sendiri bukan standar hidup orang lain. Selain itu selalu usahakan untuk membayar sesuatu dengan cara tunai bukan mencicil. Jika terpaksa harus melakukannya, wajib banget hukumnya untuk melunasi sesegera mungkin.

  • Sisihkan penghasilan untuk modal masa depan

Nabi Muhammad mengajarkan umatnya untuk berdagang dalam mencari nafkah. Namun seiring dengan terjadinya revolusi Industri yang membuka banyak peluang kerja, membuat banyak umat Islam menjalani berbagai profesi. Mulai dari dokter, arsitek, programmer, content writer dan lain sebagainya

Apapun profesi yang kita jalani ada baiknya kita mengamalkan ajaran Islam yang satu ini.  Tentu modal yang dimaksud di sini bukan hanya modal untuk berdagang loh, namun dalam artian yang lebih luas yakni modal untuk simpanan masa depan. Misalnya modal untuk menikah, modal untuk biaya pendidikan anak atau modal untuk naik haji.

Maka dari itu, selalu usahakan untuk menyisihkan setidaknya 10% dari pendapatan untuk dimasukkan ke dalam perencanaan modal masa depan ya.

  • Agar rezeki lancar jangan lupa bersedekah

Jangan hanya fokus nabung untuk keperluan duniawi. Dalam Islam, bersedekah sama dengan menyucikan harta serta tabungan di akhirat. Oleh karenanya Islam menganjurkan untuk menyisihkan setidaknya 2,5% dari penghasilan yang diterima untuk disedekahkan ke orang yang membutuhkan.

Mulai sekarang, yuk salurkan 2,5% penghasilan kita ke yang membutuhkan. Saat ini sudah banyak badan penyalur sedekah online loh, jadi gak ada alasan untuk gak sedakah.

  • Investasi sesuai ajaran Islam

Kamu pasti sering mendengar hadits riwayat di bawah ini.

“Simpanlah sebagian dari harta kamu untuk kebaikan masa depan kamu, karena itu jauh lebih baik bagimu.” (H.R Bukhari)

Yups, dalam Islam menabung atau investasi memang sangat dianjurkan untuk membuat diri kita jauh lebih baik di masa depan. Sayangnya, ada banyak halangan yang sering kali muncul saat ingin berinvestasi. Salah satunya adalah sulitnya menemukan instrumen Investasi yang menerapkan sistem Syariah.

Namun jangan khawatir, saat ini sudah ada Amartha.com yang dapat membantu kamu untuk berinvestasi secara Syariah. Selain mendapatkan keuntungan secara financial, nasabah juga dapat membantu pemerataan menciptakan kesejahteraan merata di Indonesia. Dana yang kita Investasikan di Amartha akan disalurkan kepada pengusaha kecil dan mikro di pelosok pedesaan. Wah untung maksimal dunia akhirat nih 😊

Subscribe to Our Newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...