Home Finance Ingin Menjadi #PerempuanTangguh dalam Bisnis Seperti Khadijah, Istri Rasul? Berikut Ini Tipsnya!

Ingin Menjadi #PerempuanTangguh dalam Bisnis Seperti Khadijah, Istri Rasul? Berikut Ini Tipsnya!

|

|

|

Khadijah binti Khuwailid Istri Nabi SAW bukanlah wanita biasa. Beliau berhasil menunjukkan bahwa wanita dapat mandiri dan sukses seperti kaum pria dari zaman dahulu. Meski menjanda, Khadijah berhasil membangun bisnis yang besar dan sukses sehingga menjadi wanita kaya raya dan dapat memberikan manfaat yang luas untuk masyarakat Quraisy pada masanya. 

Dikutip dari buku “Rahasia Sukses Bisnis Khadijah Istri Nabi SAW” yang ditulis oleh Khoirul Amru Harahap, setidaknya terdapat dua strategi yang menjadikan Khadijah sukses dalam berbisnis.

Sistem Penggajian

Pertama, Khadijah menerapkan sistem upah untuk menggaji karyawannya. Dalam sistem upah ini, Khadijah membelanjakan modalnya untuk membeli barang-barang dagangan, lalu ia merekrut beberapa orang karyawan yang dapat dipercaya untuk menjual dan memasarkannya ke luar kota Makkah, terutama ke Yaman dan Syam. Hasil laba penjualan akan diberikan dalam bentuk upah yang adil kepada setiap karyawannya.

Sistem Bagi-Hasil

Strategi kedua adalah sistem bagi hasil. Dalam sistem ini, Khadijah  tidak merekrut seseorang untuk karyawan melainkan mencari pengusaha kecil untuk menjadi mitra kerjanya. Khadijah kerap berinvestasi ke beberapa pengusaha kecil berharap usahanya tersebut semakin besar dikemudian hari. Berbeda dengan sistem upah, disistem ini Khadijah tidak menggaji mitra kerjanya tersebut melainkan berbagi hasil dari laba keuntungan mitra kerjanya.

Selain strategi yang bagus dalam mengelola bisnis, ada beberapa hal unggul lainnya yang patut kita tiru dalam diri Khadijah yaitu pandai mengelola modal, baik materi maupun nonmateri. Walaupun terlahir dari keluarga pedagang yang sukses, dari kecil Khadijah selalu diajarkan untuk tidak menimbun harta ataupun menghabiskan harta untuk kepentingan konsumtif. Beliau lebih suka menginvestasikan hartanya untuk ke pengusaha kecil yang butuh modal untuk ekspansi bisnis. Hal ini dilakukan Khadijah agar senantiasa roda bisnis di masyarakat Arab pada saat itu berjalan lancar sehingga dapat menyejahterakan masyarakat yang lebih luas.

Selain itu, kunci kesuksesan Khadijah dalam menjalankan usaha bisnis juga berkat didikan Ayahnya, Khuwailid bin Asad yang merupakan pedagang kaya yang disegani di kalangan Quraisy. Beliau berhasil membentuk pola pikir dan karakter Khadijah menjadi pengusaha yang handal dan tahan banting.

Semoga kita semua dapat meneladani sifat dari Khadijah dalam membangun bisnis ya sahabat.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...