Ingin Memulai Jualan Hijab? Ini Cara Berbisnis untuk Pemula

0
44
cara berbisnis untuk pemula - hijab
Photos by Mentatdgt (Pexels)

Cara Berbisnis untuk Pemula Minim Modal yang Anti Gagal

Memulai bisnis berjualan hijab bagi sebagian orang tidaklah mudah. Namun, bukan berarti kamu harus patah semangat. Ada banyak cara berbisnis untuk pemula yang bisa kamu pelajari baik secara mandiri maupun dengan bertanya kepada ahlinya. 

Memang, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dengan matang sebelum memulai bisnis, salah satunya adalah modal. Nah, Agar bisnis yang kamu jalani tidak berhenti di tengah jalan karena modal yang terbatas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya adalah: 

1. Riset Pasar

Langkah awal untuk memulai bisnis hijab adalah dengan terlebih dahulu melakukan riset pasar. Misalnya, hijab apa yang sedang trend saat ini, bahan yang digunakan, harga hijab, hingga cara promosi yang mendatangkan calon konsumen. 

2. Tentukan Target Pasar

Setelah mengetahui tren hijab yang paling laris saat ini, cara berikutnya untuk memulai bisnis hijab adalah dengan menentukan target pasar. Dengan demikian, kamu bisa lebih fokus dalam menentukan strategi pemasaran yang digunakan. 

Target pasar untuk bisnis hijab secara umum adalah wanita muslim. Nantinya, kamu bisa menentukan hal-hal yang lebih spesifik lagi. Misalnya, berdasarkan rentang usia, status sosial, pendapatan, dan lain-lain. 

3. Jadi Dropshipper

Memulai suatu bisnis hijab baik itu skala besar maupun skala kecil pasti membutuhkan modal. Jika kamu masih baru dalam dunia ini, ada cara berbisnis untuk pemula yang tidak perlu mengeluarkan modal terlalu besar.

Caranya adalah bekerjasama dengan produsen hijab dengan menjadi dropshipper. Tugas yang harus dilakukan cukup mudah yaitu menawarkan hijab milik produsen ke konsumen. Nantinya, kamu akan mendapat fee dari produsen sesuai dengan perjanjian di awal. 

Keuntungan jadi dropshipper ini, kamu tidak perlu stok hijab atau bersusah payah packing. Sebab, semua itu dilakukan oleh pihak produsen. Intinya, ini merupakan salah satu bisnis kecil untung besar yang patut kamu coba.  

Baca Juga: 5 Cara Memulai Usaha Baju Online Yang Menguntungkan 

4. Siapkan Modal

Setelah memutuskan jadi dropshipper, cara berikutnya adalah menyiapkan modal. Tidak perlu cemas harus mengeluarkan uang jutaan rupiah. Sebab, modal untuk berjualan hijab dengan cara dropship ini hanya hp android dan kuota internet. Tentu saja, jika kamu memiliki laptop atau komputer, hal itu akan membuat kinerjamu jadi lebih siap lagi.  

5. Cari Produsen 

Cara berikutnya agar bisnis hijabmu berjalan lancar adalah dengan mencari produsen hijab yang amanah dan bekerja secara profesional. Pasalnya, kamu harus bisa menjalin komunikasi dengan baik agar tidak ada kendala di kemudian hari. Misalnya, menanyakan stok hijab, resi pengiriman, dan lain sebagainya.  

Untuk itu, carilah produsen dengan kriteria berikut ini: 

  1. Bersikap ramah dan fast response apabila di chat
  2. Stok barang selalu update
  3. Informasi produk dijelaskan secara mendetail. Seperti, bahan hijab, ukuran, stok warna yang tersedia, harga, dan lain-lain.  
  4. Proses transaksi cepat. 

6. Aktif di Media Sosial

Di masa pandemi seperti saat ini, berjualan secara offline dirasa kurang maksimal. Cara bisnis online pemula seperti kamu bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis hijab. Contohnya, aktif upload foto produk yang menarik di Facebook, Instagram, Twitter, atau di status WhatsApp

Jangan lupa sertakan juga nomor kontak yang mudah dihubungi pada foto atau konten yang kamu upload tersebut. Hal ini untuk memudahkan calon konsumen yang tertarik dan ingin bertanya atau bahkan langsung ingin melakukan transaksi pembelian. 

Nah, itulah berbagai cara berbisnis untuk pemula yang bisa kamu terapkan jika ingin memulai bisnis hijab dengan modal kecil. Jika bisnis yang kamu jalani sudah mulai stabil dan membuahkan keuntungan, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian penghasilan dengan investasi terbaik di Amartha. Ada imbah hasil hingga 15% flat per tahun yang bisa kamu dapatkan untuk kebutuhan di masa mendatang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here