Ingin Kerja di Startup? Yuk, Ketahui Dulu Plus Minusnya

0
48
Ilustrasi bekerja di startup. sumber: www.freepik.com
Ilustrasi bekerja di startup. sumber: www.freepik.com

Startup adalah perusahaan yang masih dalam tahap perintisan. Meskipun demikian, saat ini tidak sedikit dari masyarakat yang ingin bekerja di perusahaan startup. Terkenal dengan lingkungan kerja yang menawarkan banyak fasilitas menyenangkan, kerja di startup sering dijadikan sebagai incaran para lulusan baru untuk memulai karir kerjanya.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua perusahaan startup berada dalam satu kondisi yang sama dan menawarkan banyak keuntungan. Oleh karena itu, sebelum mulai terjun untuk bekerja di perusahaan startup, kamu perlu mengulik terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari bekerja di tipe perusahaan tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Kerja di Startup

Tentunya, kelebihan dan kekurangan dari bekerja di sebuah perusahaan startup tidak bisa disama-ratakan sebab masing-masing perusahaan memiliki situasi dan kondisi yang berbeda. Namun artikel ini akan membahas tentang kelebihan dan juga kekurangan dari bekerja di perusahaan startup secara umum.

Kelebihan Kerja di Startup

Meskipun merupakan perusahaan yang masih dalam tahap perintisan, namun perusahaan startup menawarkan para karyawannya beberapa kelebihan yang tentu saja menguntungkan. Beberapa kelebihan bekerja di perusahaan startup antara lain yaitu:

  • Faktor Lingkungan Kerja

Salah satu kelebihan dari bekerja di perusahaan startup yaitu mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Tidak hanya kenyamanan, perusahaan startup juga menawarkan lingkungan kerja yang menyenangkan.

Perusahaan startup biasanya tidak mengharuskan karyawannya untuk selalu bekerja di meja kerja, melainkan bebas bekerja di ruang maupun fasilitas kerja mana saja yang disediakan perusahaan.

  • Faktor Fleksibilitas

Kelebihan lainnya yang ditawarkan ketika kamu kerja di startup yaitu terkait fleksibilitas. Fleksibel yang dimaksud di sini yaitu perihal waktu kerjanya. Pihak perusahaan lebih santai terkait waktu kerja asalkan kamu menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan.

  • Faktor Koneksi

Kemudian, dengan bekerja di perusahaan startup juga memberikan kesempatan kamu untuk memperluas koneksi. Dengan koneksi yang luas, kamu juga bisa mendapatkan banyak pengalaman serta banyak pengetahuan baru.

Baca Juga: 10 Wanita Inspiratif Yang Bangun Bisnis Startup di Indonesia

Kekurangan Kerja di Startup

Oleh karena perusahaan startup terbilang sebagai perusahaan yang masih dalam golongan baru, tentu saja dalam pengoperasiannya, bentuk perusahaan ini masih memiliki kekurangan. Lantas apa saja kekurangan yang mungkin dimiliki oleh sebuah perusahaan startup? Simak pembahasannya pada poin-poin berikut:

  • Faktor Kestabilan Perusahaan

Dilihat dari perusahaan yang masih tergolong baru, maka perusahaan startup bisa dibilang belum memiliki kondisi yang stabil dari segi finansial. Dengan situasi tersebut, kondisi startup yang masih tahap di awal perintisan bisa mengalami kegagalan bahkan dalam kurun tiga tahun pertama.

  • Faktor Beban Kerja 

Kekurangan yang bisa saja merugikan ketika bekerja di perusahaan startup yaitu kamu berkemungkinan diminta untuk mengerjakan pekerjaan di luar dari pekerjaan yang termasuk di bidangmu.

Dengan beban kerja yang berat ini kamu harus pintar-pintar mengatur waktu agar work-life balance juga tetap dapat terpenuhi dengan baik.

  • Faktor Gaji

Kekurangan pertama yang bisa kamu dapatkan dari kerja di perusahaan startup yaitu dari faktor gajinya. Gaji kerja di startup cenderung bervariasi yang mana ketika di masa awal bekerja kamu dimungkinkan untuk memiliki gaji yang lebih kecil.

Beberapa poin di atas telah menjelaskan terkait plus dan minus dari kerja di startup. Namun sebelum memilih perusahaan untuk bekerja, ada baiknya kamu melakukan riset secara mendalam terkait masing-masing perusahaan yang membuatmu tertarik agar tidak salah pilih. 

Ketika kamu bekerja di perusahaan startup dan membutuhkan penghasilan tambahan, kamu bisa mendapatkannya dengan memulai berinvestasi. Kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun dengan mendanai mitra UMKM di microfinance marketplace Amartha. Modalin mulai Rp 100.000, kamu bisa turut serta dalam membantu memberikan dampak positif bagi Indonesia.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here