Ingin Dapat Modal UMKM dari Pemerintah? Begini Caranya!

    0
    4976
    modal umkm
    Ilustrasi uang rupiah untuk modal umkm. Photos by Yazid Nasuha (istockphoto)

    Cara Dapat Bantuan Modal UMKM dari Pemerintah

    Minat masyarakat untuk membangun usaha yang tinggi sayangnya tidak disertai dengan ketersediaan modal. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah memberikan bantuan berupa Modal UMKM melalui program BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro). 

    Ini merupakan salah satu strategi dan upaya pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional, yaitu dengan membantu pelaku usaha mikro untuk bangkit dan bertahan di tengah pandemi Covid-19. Bagaimana cara mendapatkan dana bantuan BPUM ini? berikut ulasannya. 

    1. Penuhi Persyaratannya

    Untuk mendapatkan bantuan modal UMKM dari pemerintah, hal pertama yang harus dilakukan adalah memenuhi semua persyaratannya. Adapun persyaratan yang diminta adalah sebagai berikut: 

    • Pemohon merupakan WNI (Warga Negara Indonesia).
    • Sudah memiliki e-KTP atau Kartu Tanda Penduduk (elektronik).
    • Pelamar memiliki usaha mikro yang bisa dibuktikan dengan adanya surat usulan calon penerima BPUM. Surat tersebut dari pengusul BPUM yang disertai dengan lampiran yang merupakan satu kesatuan. 
    • Pemohon bukan sebagai anggota TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD, atau kelompok ASN (Aparatur Sipil Negara). 
    • Pelamar tidak sedang menerima KUR atau Kredit Usaha Rakyat dari pihak perbankan manapun. 
    • Wajib melampirkan SKU (Surat Keterangan Usaha) apabila lokasi antara KTP pemohon dengan domisili usaha berbeda. 

    2. Siapkan Semua Dokumen yang Dibutuhkan

    Pertanyaan seputar Modal UMKM berapa nominalnya dan kapan bantuan tersebut akan disalurkan merupakan topik yang kerap muncul, terutama di kalangan pengusaha mikro yang baru merintis usahanya. 

    Untuk tahun 2022, besaran BLT UMKM tersebut adalah Rp600 ribu. Hanya saja, belum diketahui kapan penyaluran dana tersebut akan dimulai. Sembari menunggu, tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan terlebih dahulu. Beberapa dokumen yang perlu disiapkan diantaranya adalah: 

    • Fotokopi e-KTP
    • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
    • Fotokopi SKU atau NIB dari pihak kelurahan atau Kepala Desa. 

    3. Serahkan Dokumen

    Tahap berikutnya yang harus dilakukan adalah menyerahkan semua dokumen yang telah disiapkan sebelumnya ke dinas terkait yang membidangi UKM atau koperasi yang ada di kota/kabupaten tempat tinggal pemohon bantuan Modal UMKM. 

    Baca Juga:
    Angel Investor vs Crowdfunding, Mana Yang Kamu Pilih untuk Modal Bangun Bisnis?

    4. Mengisi Formulir

    Apabila semua persyaratan dan dokumen telah lengkap, maka tahap selanjutnya adalah mengisi formulir yang telah disediakan oleh Dinas UMKM dan Koperasi di kabupaten/kota setempat, yaitu: 

    • NIK sesuai KTP
    • Nomor Kartu Keluarga
    • Nama lengkap sesuai e-KTP
    • Tanggal Lahir
    • Jenis Kelamin
    • Alamat lengkap sesuai KTP atau sesuai dengan yang tertera di nomor NIB atau SKU
    • Bidang usaha
    • Nomor telepon

    5. Proses Verifikasi Pengajuan Modal UMKM

    Apabila sudah terdaftar, tahap berikutnya adalah menunggu proses identifikasi dan verifikasi data yang dilakukan oleh lembaga terkait. Ini perlu dilakukan untuk mengecek kecocokan data apakah semua informasi yang diterima dan masuk sebagai calon penerima bantuan Modal UMKM 2022 dari pemerintah itu benar dan tidak ada kecurangan. 

    6. Cek Status 

    Untuk mengecek status calon penerima, kamu bisa melakukannya dengan masuk ke situs https://eform.bri.co.id/bpum. Caranya adalah dengan mengetik NIK secara lengkap beserta kode verifikasinya melalui link situs ini. Kemudian, lanjutkan dengan proses inquiry untuk mengetahui status permohonan, apakah diterima atau ditolak. 

    7. Pencairan Modal UMKM

    Apabila tercatat sebagai penerima bantuan UMKM, kamu bisa menghubungi bank yang telah ditunjuk pemerintah sebagai penyalur Banpres, yaitu BRI, BNI, dan Bank Syariah Mandiri untuk melihat jadwal dan melakukan pencairan.

    Namun sebelumnya, lakukan validasi ke bank terlebih dahulu. Jika tidak memiliki rekening di salah satu bank yang telah ditunjuk tersebut, kamu harus membuatnya dahulu. 

    Ayo Modalin UMKM di Amartha, Ada Sejuta Peluang Keuntungan

    Jika kamu adalah pelaku usaha ultra mikro dan UMKM di pedesaan, kamu bisa ajukan pembiayaan usaha di Amartha. Hubungi kantor cabang terdekat.

    Tak hanya pembiayaan, Amartha juga menawarkan produk investasi di mana kamu bisa menjadi investor untuk modalin usaha mikro mulai dari Rp100.000.

    Ada sejuta peluang keuntungan yang ditawarkan, yaitu imbal hasil hingga 15% flat per tahun untuk setiap mitra yang dimodalin. Selain itu, kamu turut mendorong 1 Juta CEO UMKM baru. Daftar sekarang.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here