Ingin Beli Mobil dengan Gaji UMR? Ini Tipsnya!

0
593
Ilustrasi beli mobil. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi beli mobil. sumber: www.istockphoto.com

Mobil menjadi salah satu kebutuhan penting di zaman sekarang. Apalagi bagi kamu yang punya mobilitas tinggi dan kesibukan padat. Tapi, apa jadinya jika kamu cuma punya gaji UMR dan ingin beli mobil? Tenang saja, selalu ada cara untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan. Yuk, simak tips-tips mudah beli kendaraan impian pakai gaji UMR!

Tips Beli Mobil Pakai Modal Gaji UMR

Semua orang punya kesempatan untuk memiliki mobil impian. Kamu juga begitu meskipun cuma punya modal gaji tak seberapa. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya mobil impian terbeli dengan penghasilan UMR:

1. Tentukan Target Mobil yang Diinginkan

Tips pertama, tentukan dulu jenis mobil apa yang akan dibeli. Seperti kita tahu bahwa sekarang ada banyak sekali jenis mobil yang beredar di pasaran. Kamu harus memilih dulu mana tipe mobil yang ingin dibeli. Kamu juga sebaiknya mulai memutuskan apakah ingin beli mobil baru atau unit mobil yang bekas saja. 

Ingat, pilihlah jenis mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas finansialmu. Boleh saja memilih tipe mobil sesuka hati, tapi tetap harus realistis. Jangan sampai memilih jenis mobil yang jauh dari kapasitasmu sehingga mimpi tersebut malah jadi semakin sulit untuk diwujudkan. 

2. Alokasikan Dana untuk Menabung

Tips beli mobil yang efektif untuk pemilik gaji UMR adalah alokasikan dana khusus agar ditabung dengan tujuan yang jelas. Jadi kamu sebaiknya menyediakan akun tabungan khusus untuk menyimpan dana pembelian mobil. Kamu juga harus menentukan berapa banyak jumlah uang yang harus disisihkan ke akun tabungan tersebut. 

Mengapa perlu menerapkan sistem menabung seperti ini dan tidak menabung saja seperti biasa? Alasannya, jika kamu menabung seperti biasa tanpa tujuan spesifik dan tidak ada nominal yang jelas pasti akan sulit untuk terkumpul. Dana tabungan yang terkumpul juga bisa saja dimanfaatkan untuk kebutuhan lain jadi mobil tidak bisa terbeli. 

3. Lakukan Penghematan dengan Terencana

Bukan hal yang mustahil bagi pemilik gaji UMR beli mobil. Jika kamu fokus dan berusaha maka impian tersebut pasti bisa tercapai. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah menghemat pengeluaran dengan strategi yang terencana. Sebenarnya ini merupakan prinsip mudah jika kamu ingin membeli sesuatu yaitu berhemat. 

Gunakan rencana anggaran bulanan untuk membantu mengontrol pengeluaranmu. Tekan pengeluaran seoptimal mungkin supaya bisa menyisihkan lebih banyak uang. Semakin sedikit kamu mengeluarkan uang, maka akan semakin besar peluang kamu menabung untuk membeli kendaraan impian. 

Baca Juga: 4 Tips Sederhana Beli Rumah Dengan Gaji UMR

4. Cari Pemasukan Tambahan

Bagi pemilik gaji UMR, tak ada salahnya untuk menambah pemasukan lewat berbagai cara. Misalnya dengan melakukan pekerjaan freelance, mengikuti lomba, maupun menjalankan bisnis sampingan. Intinya lakukan hal-hal yang bisa mendatangkan keuntungan tambahan untukmu, selama aman dan tidak mengganggu pekerjaan utama. 

5. Lakukan Investasi

Salah satu strategi beli mobil baru yang bisa diterapkan oleh pemilik gaji UMR adalah investasi. Kamu sebaiknya mulai berinvestasi sejak dini dengan memilih aset yang menguntungkan. Selain menabung, kamu juga harus menyisihkan dana khusus untuk investasi sehingga kamu bisa menerima keuntungan yang jauh lebih besar. Wujudkan impian untuk beli mobil dengan menyusun strategi yang tepat. Kamu bisa berinvestasi di platform microfinance marketplace Amartha untuk mempermudah impian tersebut tercapai.

Mulai dari Rp100.000, kamu sudah bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Cukup menguntungkan dan bisa jadi modal untuk mendapatkan mobil sesuai keinginan. Dengan melakukan pendanaan, kamu juga turut membantu para pengusaha mikro (UMKM) untuk mengembangkan bisnisnya. So, gabung di Amartha sekarang, yuk!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here