Ikan Koi, Peluang Bisnis di Masa Pandemi Yang Menjanjikan

    0
    35
    Sumber Foto: Unsplash

    Ide bisnis yang bisa kamu pertimbangkan di masa pandemi ini adalah Ikan Koi. Memelihara Ikan Koi kini menjadi tren di kalangan masyarakat di saat pandemi.

    Ikan yang memiliki corak unik asal Jepang ini dipercaya sebagai simbol persahabatan, cinta, dan keberuntungan. Semakin unik dan cantik corak yang dimilikinya, semakin tinggi juga harga ikan tersebut. Meskipun mahal, ada banyak peminat Ikan Koi di Indonesia lho.

    Asal Mula Ikan Koi dan Budidaya di Indonesia

    Ikan Koi pertama kali dibawa ke Jepang oleh pedagang Cina sebagai santapan nikmat pada abad ke-17. Lambat laun hingga tahun 1980-an petani Jepang membawa ikan Koi sebagai hiasan di rumah. Dari sinilah Ikan Koi mulai dibudidayakan.

    Ikan Koi hadir di Indonesia dibawa oleh Presiden Soekarno pada tahun 1960 sebagai hadiah dari Pemerintah Cina. Presiden kemudian memberikan ikan tersebut kepada petani di Batu, Jawa Timur untuk dikembangbiakkan dan dibudidayakan. Meskipun awalnya ada di Batu, namun sentral Ikan Koi terbaik di Indonesia ada di Blitar.

    Kelebihan dari budidaya Ikan Koi adalah sifat ikan yang dapat bertahan di daerah manapun. Umumnya Ikan Koi hidup dan berkembang di suhu 8-30 derajat Celcius dengan habitat air tawar beriklim sedang.

    Melansir CNBC, Koi mudah dikawinkan di Indonesia karena iklimnya yang tropis. Perkawinan Koi jantan dilakukan pada usia dua tahun sementara Koi betina pada usia tiga tahun dengan masa kawin setahun sekali yaitu pada bulan April sampai Juni.

    Ikan Koi adalah hewan karnivora sehingga untuk kamu yang berniat melakukan budidaya Ikan Koi atau sekadar memeliharanya sebagai hobi kamu bisa memberi pakan berupa udang renik dan serangga air dengan catatan Ikan Koi sudah dewasa.

    Baca Juga: Peluang Dan Untung Menggiurkan Dari Bisnis Lobster Air Tawar

    Jenis dan Harga Ikan Koi

    Sumber Foto: Freepik

    Semakin unik dan cantik corak yang dimiliki Ikan Koi maka semakin tinggi pula harga jualnya. Mengetahui jenis dan corak Ikan Koi untuk kamu yang ingin membudidayakan atau sekadar memeliharanya di rumah adalah hal yang penting.

    Berikut ini Money+ rangkum jenis dan perkiraan harga Ikan Koi yang di jual di Indonesia:

    1. Kohaku Koi

    Jenis Kohaku Koi sering diikutsertakan dalam perlombaan. Ikan ini sering ditemukan di pasar ikan hias karena warnanya yang menarik. Ikan Kohaku Koi memiliki warna dasar pitih dan merah cerah dengan harga mulai dari Rp40.000 – Rp400.000.

    2. Koi Showa Sanshoku

    Ikan Koi Showa Sanshoku adalah jenis ikan koi dari perkawinan Koi Kohaku dengan Koi Shiro Utsuri. Secara detail Ikan Koi Showa Sanshoku memiliki pola yang berbeda dari jenis ikan koi lainnya dengan warna ikan di seluruh tubuhnya. Harga ikan Koi Showa Sanshoku mulai dari Rp1 juta – Rp1,2 juta.

    3. Koi Sanke Taisho

    Ikan Koi Sanke Taisho memiliki warna dasar putih cerah di tubuhnya dengan kombinasi warna merah dan bercak hitam di punggungnya. Ikan Koi Sanke Taisho adalah hasil perkawinan dari beberapa jenis ikan koi lainnya dengan harga jual Rp500.000-an.

    4. Koi Ki Bekko

    Ikan Koi Ki Bekko memiliki warna dasar kuning sehingga dikenal dengan nama Ikan Koi Kuning. Bila diperhatikan secara teliti, Ikan Koi Ki Bekko memiliki corak yang seimbang dan memiliki tepian yang tajam. Ikan ini mudah dicari karena tersedia di pasaran dengan harga Rp450.000 – Rp600.000.

    5. Koi Shiro Utsuri

    Ikan Koi Shiro Utsuri memiliki dua warna ditubuhnya, yaitu warna dasar hitam dengan corak putih. Harga Ikan Koi Shiro Utsuri yaitu Rp600.000 – Rp800.000.

    6. Koi Aka Bekko

    Ikan Koi Aka Bekko memiliki warna dasar merah dan orange dengan warna pola hitam yang ada di punggung ikan. Perpaduan warna yang kontras membuat Ikan Koi Aka Bekko nampak cantik. Banyak para pembudidaya ikan koi memilih ikan jenis ini untuk dipelihara. Harga Ikan Koi Aka Bekko mulai dari Rp500.000-an.

    7. Koi Ki Utsuri

    Ikan Koi Ki Utsuri memiliki dua warna yaitu perpaduan antara warna hitam dan kuning. Warna dasar ikan ini adalah warna hitam dengan corak kuning. Harga Ikan Koi Ki Utsuri Rp850.000 – Rp900.000.

    8. Koi Hi Utsuri

    Ikan Koi Hi Utsuri memiliki warna dasar hitam dan corak merah di tubuhnya. Saat memasuki usia dewasa, ikan ini akan mengalami perubahan warna. Harga Ikan Koi Hi Utsuri Rp125.000 – Rp300.000.

    9. Koi Tancho Kohaku

    Ikan Koi Tancho Kohaku memiliki warna dasar putih dan memiliki pola bulatan berwarna orange cerah dibagian kepalanya. Harga Ikan Koi Tancho Kohaku mulai dari Rp500.000 – Rp2 juta.

    10. Koi Tancho Goromo

    Ikan Koi Tancho Goromo memliki warna dasar putih dan bergradasi biru dan orange di bagian sirip dan kepala. Ikan Koi Tancho Goromo memiliki harga yang cukup tinggi karena banyak diminati masyarakat. Harga Ikan Koi Tancho mulai dari Rp400.000 – Rp600.000.

    Itulah beberapa informasi mengenai ikan koi yang dikembangkan di Indonesia. Kamu bisa sekadar memeliharanya atau menjadikannya sebagai usaha baru terlebih peminatnya sangat banyak.

    Atau kamu juga bisa mendanai para perempuan tangguh peternak ikan koi di Amartha lho. Kamu bisa mendapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun.

    Sebagai informasi, Amartha adalah platform investasi P2P Lending yang menghubungkan pendana hanya kepada perempuan tangguh pengusaha mikro di pedesaan melalui pendampingan dan pelatihan keuangan dan usaha.

    Kamu gak perlu khawatir karena Amartha adalah perusahaan investasi yang aman dan tepercaya karena sudah memiliki lisensi dari OJK sehingga tidak hanya terdaftar dan diawasi. Yuk daftar sekarang!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here