Ide Peluang Bisnis di Medan yang Menguntungkan

0
1615
Ilustrasi berbisnis ala orang Medan
Ilustrasi berbisnis ala orang Medan

Medan merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Utara dan menjadi salah satu kota besar yang ramai penduduk di Indonesia. Ramainya kota Medan menjadikan kota tersebut punya banyak peluang usaha yang bisa dilakukan.

Nah, jika kamu tinggal di kota Medan dan ingin menjadi pengusaha dengan membuka sebuah bisnis, kamu bisa coba dengan beberapa pilihan ide bisnis berikut ini.

1. Bisnis Usaha Kue Khas Medan

Bisnis kue khas Medan yang bisa dijadikan oleh-oleh tentu sangat diminati oleh para wisatawan. Usaha berbasis rumahan ini adalah jenis bisnis yang bisa kamu lakukan di rumah atau tempat tinggal sendiri. Waktu dan ruang kerja yang fleksibel merupakan kelebihan dari menjalankan bisnis ini.

Untuk itu, kamu bisa mencoba peluang usaha ini, terutama jika kamu memiliki hobi kuliner atau memasak. Selain mendapatkan keuntungan, kamu juga membuka peluang lapangan pekerjaan bagi orang lain karena bisnis sejenis ini membutuhkan cukup banyak orang.

Selanjutnya, jangan lupa untuk mempromosikan barang jualan kamu dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Facebook, dan lainnya. Selain datang ke tempatnya langsung, orang-orang juga banyak yang melakukan penitipan untuk membeli kue khas Medan. Jadi akan sangat tepat jika kamu dapat mempromosikan produk jualanmu agar lebih mudah dicari dan diingat calon pembeli. Kemudian, jika kamu berencana membuka bisnis offline maka Anda dapat mencari lokasi yang strategis.

2. Bisnis Kekinian

Anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa saat ini mulai tertarik dengan perkembangan bisnis yang sedang terjadi. Oleh karena itu, sangat wajar jika saat ini banyak bermunculan tren bisnis yang unik dan menarik terutama produk yang disukai para generasi muda atau milenial.

Tak terkecuali di kota besar seperti di Medan, jika kamu ingin membuka bisnis yang sedang tren dan kekinian, kamu bisa melihat tren pasar mengikuti permintaan pelanggan yang saat ini sedang banyak dilirik di kota Medan itu sendiri. Misalnya kamu bisa mencoba berbisnis fotografi, bisnis coffee shop, bisnis wedding organizer atau bisnis franchise makanan populer.

Tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan modal dan minat yang kamu miliki, agar semakin semangat dalam mengembangkan usaha yang dilakukan.

Baca Juga: Mau Resesi, Simak Alasan Kenapa Kita Harus Mulai Menggunakan Produk Lokal!

3. Bisnis Properti di Medan

Medan tergolong wilayah dengan pertumbuhan penduduk yang cukup pesat. Per 2020, populasi Medan telah mencapai lebih dari 2,3 juta jiwa (terdiri dari warga lokal dan pendatang). Selain itu, hasil sensus penduduk tahun 2020 menyebutkan juga jika 29,5% dari 14,8 juta jiwa penduduk Sumatera Utara (Sumut) tinggal di Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang.

Inilah mengapa bisnis properti atau estate bisa menjadi peluang bisnis lainnya di kota Medan. Selain rumah pribadi, para developer juga banyak mendapat permintaan untuk membangun tipe akomodasi lain seperti apartemen, penginapan, hotel, resort, villa, ruko dan lain sebagainya.

Perlu diingat, sebelum kamu memutuskan untuk membuka peluang bisnis ini, lakukan riset lokasi, harga dan lahan yang mendukung, pola perilaku masyarakat disekitar, serta target pasar yang ingin dibidik. Misalnya ingin membuka properti yang dikhususkan untuk wisatawan lokal, turis mancanegara, business traveler, wisatawan low-budget, backpacker, dan lain sebagainya.

4. Ekspor Hasil Perkebunan

Pulau Sumatera cukup terkenal akan hasil perkebunannya yang berlimpah. Oleh karena itu, Medan bisa menjadi pilihan tepat buat kamu yang ingin memulai usaha di bidang ekspor hasil perkebunan. Diantaranya hasil perkebunan yang terkenal adalah kakao dan kelapa sawit, sedangkan hasil perkebunan yang bisa diperoleh dengan mudah di Medan adalah tembakau, cengkeh, teh hijau, hingga tanaman hidroponik lain yang memiliki harga jual yang fantastis. 

Meski terdengar cukup sulit untuk dilakukan jika tidak memiliki pengetahuan dan kesabaran yang tinggi, namun produk-produk hasil pertanian ini akan selalu dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Satu hal yang perlu diperhatikan saat ingin menjalankan bisnis ini adalah melakukan penelitian pasar, mengenai komoditi mana saja yang paling dibutuhkan oleh industri saat ini.

Setelah tahu apa saja peluang bisnis yang bisa dilakukan di kota Medan, kira-kira kamu tertarik membuka peluang usaha apa nih?

Apapun pilihanmu, merintis bisnis di kota Medan tentu membutuhkan persiapan yang matang.

Nah jika kamu masih belum bisa membuka peluang bisnis di kota Medan, kamu tetap bisa membantu pebisnis UMKM Medan untuk mengembangkan usahanya dengan cara melakukan pendanaan di Amartha. Selain membantu perempuan tangguh di microfinance marketplace Amartha, kamu juga bisa mendapatkan imbal hasil sampai dengan 15% flat per tahun, lho!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here