Ide Bisnis untuk Pelajar, Modal Kecil dan Mudah Dilakukan!

0
37
Ilustrasi bisnis untuk pelajar. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi bisnis untuk pelajar. sumber: www.istockphoto.com

Memulai serta menjalankan bisnis di usia belia mungkin menjadi hal yang tidak mudah. Lebih-lebih jika sekarang ini statusmu masih seorang pelajar. Kewajiban utama bagi pelajar adalah menuntut ilmu untuk masa depan nanti. Tetapi, jika kamu tertarik mencoba berbisnis, kamu bisa melirik ide bisnis untuk pelajar. 

Bisa jadi, keinginan untuk membuka usaha disebabkan karena kamu mempunyai jiwa pebisnis. Selagi masih muda, sepertinya tidak ada salahnya belajar berbisnis dengan mandiri, sehingga kamu dapat memiliki pengalaman jauh lebih banyak saat harus terjun ke dalam dunia bisnis yang serius. 

Ide Bisnis Untuk Pelajar

Bila keinginan untuk memulai bisnismu semakin tidak terbendung, berikut beberapa ide bisnis yang bisa kamu coba, antara lain:

1. Menjadi Reseller

Salah satu ide bisnis untuk pelajar SMA yang dapat dicoba adalah reseller.Maksud dari konsep Reseller  ini adalah konsep menjual produk yang diperoleh ke tangan pertama pada konsumen. Kelebihan dari konsep ini adalah, kamu tidak harus repot memikirkan proses produksi. 

Sebelum memutuskan menjadi seorang reseller, pastikan menentukan produk apa yang ingin dijual. Kamu bisa memilih produk dengan harga terjangkau, umum serta sering digunakan oleh pelajar.

2. Dropshipper

Bila kamu masih berada di bangku SMP, ide bisnis untuk pelajar SMP yang bisa dicoba adalah menjadi dropshipper. Bila menjadi reseller, kamu membutuhkan modal, tetapi ketika menjadi dropshipper, kamu tidak membutuhkan modal tersebut. 

Konsep ini sekilas tidak berbeda jauh, bedanya kamu tidak perlu membeli maupun menyetok produk dahulu. Selain itu kamu juga hanya perlu fokus dengan teknik pemasaran karena nantinya supplier yang akan mengurus pengiriman dan pengemasan barang. 

3. Bisnis Thrifting

Ide bisnis modal kecil untuk pelajar yang lainnya adalah menjual barang yang tidak digunakan. Kamu bisa mencari mana saja barang yang sudah tidak digunakan di rumah contohnya dari dalam lemari. 

Kemudian, pisahkan mana pakaian yang tidak digunakan, atau sudah kekecilan. Pastikan bila pakaian tersebut masih bagus serta layak digunakan. Bukan hanya pakaian, kamu juga dapat mencari barang yang sudah tidak digunakan seperti action figure yang kamu miliki dahulu.

Baca Juga: Ide Bisnis Wanita Pemula Yang Wajib Dicoba

4. Penerjemah

Ide bisnis untuk pelajar sebenarnya tidak harus dengan jual beli, karena kamu juga dapat membuka jasa. Kamu bisa menjadi penerjemah. Ada begitu banyak platform khusus pekerja freelance dan memiliki kemampuan bahasa asing. 

Bila kamu mahir dalam bahasa tertentu contohnya seperti bahasa Mandarin, Korea dan Inggris, kamu dapat mencoba menekuni bisnis ini. 

5. Menjadi Blogger

Apakah kamu hobi menulis serta berbagai informasi? Kamu bisa mencoba menjadi seorang blogger. Salah satu blogger yang sukses adalah Raditya Dika. Hobi blogging yang dimilikinya berhasil menarik minat pembaca. 

Tentu saja banyak pengiklan yang tertarik menjalin kerjasama dengannya. Bahkan, blog keseharian yang ditulisnya dahulu dapat mengantarkannya menjadi penulis besar seperti sekarang. 

6. Vlogger

Jika blogger berbagi cerita dari tulisan, vlogger berbagi cerita di depan kamera. Kamu dapat berbagi sejumlah hal menarik. Bukan hanya keseharian, kamu bisa membagikan hal menarik lain ketika kamu liburan, atau keahlian yang kamu miliki.

Pendapatan vlogger berasal dari advertorial, iklan serta kerjasama. Namun, selain memiliki kemampuan berbicara di depan kamera, kamu juga harus belajar menggunakan tools editing video. Sehingga video yang kamu bagi mempunyai transisi yang halus. 

Jika kamu masih kesulitan untuk membuka usaha dalam skala besar, atau justru ingin menambah penghasilan. Kamu bisa berinvestasi dengan dukung akses permodalan UMKM di Amartha. Cukup dengan melakukan investasi atau pendanaan menjadi lender mulai dari 100 ribu aja!

Di microfinance marketplace Amartha, kamu juga bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Jangan khawatir, Amartha sudah terdaftar di OJK dan tentunya memiliki dampak positif dengan modalin UMKM di Indonesia agar lebih berkembang.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here