Jual Susu Sapi Perah, Mitra Amartha Berhasil Kuliahkan Anak

0
378

Perempuan Tangguh Amartha kali ini berasal dari Pulau Jawa, yakni mitra usaha yang mendapatkan penghargaan sebagai Best Womanpreneur dalam acara Perempuan Tangguh Award 2021 dan akrab dipanggil Ibu Yayuk.

Beliau merupakan seorang peternak sapi perah yang sudah menekuni usahanya selama 10 tahun. Beliau memulai petualangan bisnisnya dengan bergabung menjadi mitra Amartha pada tahun 2020.

Awal mula bergabung Ibu Yayuk hanya memiliki dua ekor sapi perah. Dari dua sapi tersebut, Ibu Yayuk bisa mendapatkan pendapatan sebesar Rp168.000 per hari. Pendapatan tersebut bisa dikatakan kurang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, terlebih lagi merawat sapi membutuhkan biaya yang cukup besar seperti biaya pakan dan vitamin atau suplemen.

Baca Juga: Perkiraan Modal Bisnis Hewan Ternak Sapi dan Kambing

Menurut observasi Ibu Yayuk, susu yang dihasilkan sapinya bisa lebih banyak lagi apabila kebutuhan vitamin dan suplemen bagi sapi miliknya terfasilitasi. Setelah mendapatkan tawaran dari tim Business Partner Amartha, Ibu Yayuk memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas sapi dan susu perah yang dihasilkan. Beliau berharap dengan adanya vitamin tersebut, susu sapi hasil perahan Beliau bisa lebih melimpah ketimbang yang biasanya. 

Beberapa bulan setelah mendapatkan pendanaan dan rutin memberi pakan dan vitamin ke sapi-sapi miliknya, Ibu Yayuk mendapatkan susu sapi yang melimpah sehingga pendapatannya meningkat sampai-sampai ia bisa membeli sapi lagi.

Belum genap setahun bergabung dengan Amartha, Ibu Yayuk sudah bisa membeli dua ekor sapi tambahan. Saat ini, ia punya total empat ekor sapi. 

Sehari-hari, Ibu Yayuk hanya dibantu oleh suami. Awalnya sang suami bekerja sebagai kuli bangunan. Namun, melihat Ibu Yayuk yang kewalahan untuk memeras susu dari empat ekor sapi, sang suami kemudian memutuskan untuk membantu istri tercinta dalam memerah susu sapi.

Adapun pemerahan susu sapi dilakukan dua kali sehari yaitu setiap jam 6 pagi dan 3 sore. Setelah diperah, susu sapi diolah dan dijual di depan rumahnya. 


Testimoni Ibu Yayuk, bergabung menjadi mitra Amartha betul-betul membawakan manfaat yang nyata. Setelah pencairan pinjaman yang dimanfaatkan untuk membeli vitamin, ia bisa mendapatkan pendapatan yang berlebih hingga membeli sapi yang baru.

Dalam sehari, Ibu Yayuk menjual 25 hingga 30 liter susu yang dibanderol dengan harga Rp5.750 per liter. Tidak hanya itu, Ibu Yayuk juga tidak menyangka bahwa dirinya dapat menyekolahkan anaknya ke jenjang perguruan tinggi pada tahun lalu. Saat diwawancarai, sang anak ingin mengambil jurusan peternakan supaya bisa mengembangkan usaha Ibunya. 

Kegigihan Ibu Yayuk membuatnya terpilih menjadi salah satu pemenang dari Perempuan Tangguh Awards 2021 dan mendapatkan hadiah berupa tambahan modal usaha senilai Rp3.500.000.

“Terima kasih banyak Amartha untuk pinjaman dan hadiah ini. Hadiah ini mau saya manfaatkan untuk mengembangkan usaha saya supaya bisa lebih maju lagi.” jelasnya.

Ibu Yayuk turut memberikan tips kepada para ibu mitra lainnya supaya tetap semangat dan pantang menyerah saat pandemi melanda. Selain itu, ia berpesan untuk selalu sisihkan pendapatan dan menabung tiap bulan. 

Ibu yayuk menceritakan bahwa cita-citanya adalah supaya sapi ternaknya bisa semakin banyak sehingga usahanya bisa berkembang. Harapannya untuk Amartha adalah supaya bisa membantu dan terus memperluas sayapnya sehingga dapat memberikan tambahan modal di untuk ibu-ibu lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here