Home Perempuan Tangguh Ibu Marnah, Usaha Makanan Demi Sekolah Sang Anak

Ibu Marnah, Usaha Makanan Demi Sekolah Sang Anak

|

|

|

Memiliki anak yang berprestasi dan patuh pada orang tua adalah impian setiap ibu. Begitu pula Marnah, anak pertamanya yang kini duduk di bangku sekolah menengah atas, berhasil sekolah di salah satu SMA favorit di Bogor berkat ketekunan dan kerja keras kedua orang tuanya.

Mungkin bagi orang yang memiliki berkah dengan keadaan ekonomi yang lebih, menyekolahkan anak merupakan hal biasa, namun hal ini tidak berlaku untuk Marnah. Dengan segenap daya dan upaya, ia dan suami berusaha bekerja keras demi sang buah hati mengenyam pendidikan terbaiknya. Maka tak heran, Marnah terus semangat dan fokus bekerja, mengumpulkan pundi-pundi Rupiah agar anak-anaknya bisa terus sekolah dan mendapatkan pendidikan terbaik.

Marnah memulai usaha rumahannya sejak tahun 2000. Usaha ini bermula karena hobi memasak Marnah, yang kemudian berujung pada usaha catering dan juga pembuatan rempeyek. “Saya dulu mulai dari rempeyek, dijual ke tetangga-tetangga terus pas ada orang hajatan, ibu bantu masakin, eh ternyata pada suka. Dari situ ibu buka catering kecil-kecilan,” ujar Marnah menceritakan pengalaman usahanya seperti dikutip dari Republika.

Lambat laun, produk rempeyek Marnah laris manis. Banyak orang yang memesan untuk dikonsumsi sendiri atau untuk dijual kembali. Sayangnya, Marnah tidak bisa memenuhi permintaan konsumen yang luar biasa positif. Hal ini karena tersandung masalah modal usaha. Namun masalah itu agaknya bisa teratasi.

Sejak tahun 2012 Marnah bergabung bersama fintech terpercaya Amartha. Setelah lima tahun bergabung, ia telah mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 7 Juta. Uang tersebut kemudian ia putar untuk mengembangkan usaha rempeyek dan katering miliknya. Berkat ketekunan dan kerja keras Marnah, ia mampu menjalankan kedua usahanya tersebut dengan sukses.

“Sekarang usaha katering ibu makin dikenal banyak orang, sebulan bisa sampai 2 kali yang pakai jasa ibu. Rata-rata untuk 500 sampai 1000 orang. Dan usaha rempeyeknya juga masih jalan,” kata Marnah bahagia.

Tak hanya meningkatkan kesejahteraan keluarga, ternyata Marnah juga berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi para ibu rumah tangga lain di sekitar tempat tinggalnya. Ada 4 orang pekerja, yang membantu Marnah dalam usaha katering dan rempeyek.

Berkat dorongan dari pendana urban yang telah bergabung di Amartha, Marnah mampu menjadi sosok perempuan tangguh yang mandiri dan berdaya, berkontribusi pada pendapatan keluarga dan turut menebar semangat ekonomi inklusif dengan membuka lapangan pekerjaan bagi tetangganya.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...